Senin, 19 Februari 2018 | 21.04 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Medan Rp75 M, Pengamat: Apa Manfaat Bagi Warga?

Anggaran Perjalanan Dinas DPRD Medan Rp75 M, Pengamat: Apa Manfaat Bagi Warga?

Reporter : Nur Fatimah | Selasa, 7 November 2017 - 14:06 WIB

IMG-7251

Ilustrasi

Medan, kini.co.id – Perjalanan dinas DPRD Medan menjadi sorotan. Hal ini karena jumlah anggaran yang sangat fantastis untuk menyokong kegiatan rutin anggota legislatif tersebut.

DPRD Medan menganggarkan Rp75 miliar untuk perjalanan dinas dewan yang diambil dari APBD Kota Medan 2017.

Jumlah anggaran ini bahkan membuat legislator dari luar daerah kaget saat berkunjung ke Gedung DPRD Medan Jalan Kapten Maulana Lubis Medan itu beberapa waktu lalu.

Hal ini juga mengundang kritik dari berbagai pihak terkait manfaat perjalanan dinas itu untuk warga. Terlebih selama ini, anggota dewan yang berangkat tidak menghasilkan inovasi baru dalam kinerjanya.

“Anggaran perjalanan dinas itu perlu dievaluasi. Sebab, dari sisi anggaran ada aturan anggaran berbasis kinerja, harus efesien dan efektif, transparan serta akuntabel.  Artinya, dari anggaran harus dapat diukur manfaatnya (kinerja) bagi masyarakat, efesien dan efektif artinya secara anggaran harus mengedepankan penghematan dan tidak boros,” jelas Pengamat Kebijakan Anggaran Medan, Elfenda Ananda, Selasa (7/11/2017).

Ia memberi contoh selama ini anggota DPRD Medan ketika ingin menanyakan sesuatu ke Depdagri di Jakarta akan berangkat ramai-ramai, bisa dihemat menjadi 5 atau 3 orang saja.

Ia pun menjelaskan, dalam kunjungan kerja atau perjalanan dinas, anggota dewan kebanyakan pasif, tidak bertanya terkait substansi bahkan hanya memperkenalkan diri. Sehingga tidak ada manfaatnya selain hanya jalan-jalan ke luar kota.

Elfenda juga berpendapat bahwa perjalanan dinas yang dianggap tidak penting dan tidak memiliki kontribusi yang signifikan harus dikurangi.

Dari penghematan perjalanan dinas ini, tentu bisa dialokasikan ke dalam bentuk kegiatan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Banyak anggaran yang dihemat dari perjalanan dinas ini dan bisa dialokasikan untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Medan, Abd Azis mengkonfirmasi jumlah anggaran untuk perjalanan dinas lebih kurang Rp75 miliar.

Angka itu telah masuk ke dalam anggaran belanja dan pendapatan daerah (APBD) per tahunnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan
Sumatera Utara - Senin, 19 Februari 2018 - 21:00 WIB

Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan

Walikota Medan Dzulmi Eldin mengajak pelaku usaha di Kota Medan agar ikut berkontribusi dalam pembangunan Kota dengan turut menghias taman ...
Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:08 WIB

Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi

Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu) akan mengintensifkan kampanye di kota dan kabupaten ...
Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:07 WIB

Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi R. Ruddy Gandakusumah, berkujung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi di Jalan ...
Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:00 WIB

Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin

Pengendara motor dan mobil di Jalan Cemerlang, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi nyaris tertimpa reklame ambruk, Senin (19/2/2018). Beruntung ...
Kampanye Diminta Kedepankan Visi Misi dan Program
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 17:56 WIB

Kampanye Diminta Kedepankan Visi Misi dan Program

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi telah melaksanakan tahapan deklarasi kampanye damai di lantai satu REVO Town Mall, Jalan Ahmad ...
Wabup Labura apresiasi baksos PK IMM Faperta UMSU di Kuala Beringin
Sumatera Utara - Senin, 19 Februari 2018 - 17:33 WIB

Wabup Labura apresiasi baksos PK IMM Faperta UMSU di Kuala Beringin

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), Dwi Prantara, membuka baksos yang digelar pimpin komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMAM) Fakultas Pertanian ...