Minggu, 19 November 2017 | 11.49 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Operasi Zebra Lodaya 2017, Polda Jabar Kerahkan Belasan Ribu Petugas

Operasi Zebra Lodaya 2017, Polda Jabar Kerahkan Belasan Ribu Petugas

Reporter : Zainal Bakri | Rabu, 1 November 2017 - 14:30 WIB

IMG-7188

Apel kesiapan Operasi Zebra Lodaya 2017 di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (1/11). (Ist)

Bandung, kini.co.id – Seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar operasi besar-besaran yang berlangsung selama dua pekan.

Di Wilayah Jawa Barat, Polda Jabar juga menggelar Operasi Zebra Lodaya 2017, operasi lalu lintas ini merupakan upaya menekan pelanggaran aturan dan kecelakaan dijalan raya.

Dalam operasi kali ini, petugas Kepolisian akan melakukan penindakan tilang kepada pemgendara motor dan mobil yang melanggar.

Wakapolda Jabar Brigadir Jenderal Supratman mengatakan, sebanyak 14.000 personel polisi lalu lintas dan instansi terkait, TNI dan dinas perhubungan, dilibatkan dalam Operasi Zebra Lodaya 2017.

Dikatakannya, pihaknya fokus menindak para pelanggar aturan lalu lintas yang dilakukan penggguna kendaraan roda dua dan empat, seperti melawan arus dan tak mematuhi rambu-rambu.

“Kita juga akan menindak pengguna rotator yang tak sesuai peruntukkan,” tegas Supratman kepada wartawan seusai memimpin apel kesiapan Operasi Zebra Lodaya 2017 di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (1/11).

Sementara itu Dirlantas Polda Jabar Komisaris Besar Prahoro menegaskan bahwa electronik tilang (e-tilang) berbasis CCTV akan mulai diterapkan di seluruh wilayah Jabar.

Hal ini dilakukan dalam upaya menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Namun untuk percontohan, penerapan e-tilang CCTV baru dilaksanakan di Kota Bandung mengingat sarana dan prasarana sudah memadai.

“Untuk e-tilang CCTV, saat ini sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Kami berupaya kota-kota lain di Jabar juga punya e-tilang CCTV. Tetapi ini masalahnya sarana prasarana. Kalau CCTV diadakan oleh dishub atau pemkot, kami lebih enak bersinergi, tetapi kami masih menunggu pusat,” tandasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Rukun Jurnalis Bekasi Adakan Diskusi, Ini yang Dibahas
Jawa Barat - Sabtu, 18 November 2017 - 21:32 WIB

Rukun Jurnalis Bekasi Adakan Diskusi, Ini yang Dibahas

Pembangunan Kota Bekasi yang sangat pesat dalam 20 tahun terakhir, khususnya dari sisi pembangunan fisik harus ditunjang dengan pembangunan sumber ...
Edy Rahmayadi diusung Gerindra jadi Cagub di Sumut
- Sabtu, 18 November 2017 - 19:56 WIB

Edy Rahmayadi diusung Gerindra jadi Cagub di Sumut

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) resmi mengusung Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi sebagai calon gubernur Sumatera Utara dalam ...
Hingga tiga bulan kedepan, Pemprov DKI siaga bencana
DKI Jakarta - Sabtu, 18 November 2017 - 19:38 WIB

Hingga tiga bulan kedepan, Pemprov DKI siaga bencana

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana di Ibu Kota Jakarta, khususnya bencana banjir pada musim penghujan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ...
Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 15:03 WIB

Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik

Mendukung upaya pemerintah dalam menggalakan kajian terhadap bahasa-bahasa lokal yang ada di Indonesia, Program Studi (Prodi) Magister Linguistik (PMSL) Fakultas ...
Tahun Depan, Pembangunan Persulukan Sibio-bio Dilanjutkan
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 14:37 WIB

Tahun Depan, Pembangunan Persulukan Sibio-bio Dilanjutkan

Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddin Syah, SE bersama Camat Aek Natas Drs. Adlin Sinaga, M.Si mengunjungi jamaah persulukan di ...
Ketika Jokowi minta peserta Munas KAHMI beri  applause untuk Anies Baswedan
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 11:50 WIB

Ketika Jokowi minta peserta Munas KAHMI beri applause untuk Anies Baswedan

Presiden Jokowi meminta Alumni Himpunan Mahasiswa Islam memberikan applause untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menghadiri Musyawarah Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa ...