Kamis, 22 Februari 2018 | 00.02 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Kota Bandung Kukuhkan Komda Lansia

Kota Bandung Kukuhkan Komda Lansia

Reporter : Yudi | Selasa, 31 Oktober 2017 - 20:14 WIB

IMG-7176

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial bersama jajarannya pada acara Rapat Koordinasi dan pengukuhkan Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kota Bandung tahun 2017 di Balai Kota Bandung, Selasa (31/10). KiniNews/Humas Kota Bandung.

Bandung, kini.co.id – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Lansia merupakan kelompok warga yang berada di kota Bandung khususnya yang harus dimuliakan, karena dalam syariat agama memuliakan orang tua merupakan ridho dari Allah SWT.

Emil, sapaan Ridwan Kamil juga menegaskan hanya di Kota Bandung satu satunya kota yang memiliki kantor bidang lansia.

“Setelah ada bidang khusus, lansia di kota Bandung ini terakomodir dan diurus secara baik,” ujar Ridwan pada acara Rapat Koordinasi dan pengukuhkan Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kota Bandung tahun 2017 di Balai Kota Bandung, Selasa (31/10).

Menurutnya lansia di Bandung harus diperhatikan lebih baik dalam hal kesehatan, tata ruang maupun kehidupan sehari hari.

“Dengan perhatian yang baik, maka lansia di kota Bandung akan lebih bahagia,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi karena dari 27 kabupaten/kota, baru Kota Bandung saja yang melaksanakan rakor dan pengukuhan.

“Alhamdulillah kota Bandung kota pertama yang melaksanakan rakor dan pengukuhan. Saya harap dengan telah dikukuhkannya anggota maupun bisa ketua, Lansia di Bandung menjadi lebih bahagia dan nyaman tinggal di Bandung,” ujarnya.

Dia berpesan, jika ingin menjadi Kota Ramah Lansia maka ada beberapa indikator yang harus dibenahi, diantaranya ruang terbuka untuk lansia, transportasi nyaman, perumahan, partisipasi sosial, inklusi keterlibatan sosial, partisipasi sipil dan pekerjaan, komunitas dan informasi serta dukungan masyarakat layanan kesehatan.

“Agar hal tersebut bisa hadir, maka koordinasi setiap SKPD maupun masyarakat harus baik. Insyaallah jika itu terjadi maka kota Bandung mendapatkan predikat Kota Ramah Lansia,” tegasnya.

Sementara itu menurut Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, pengukuhan sekaligus rakor ini merupakan kegiatan yang luar biasa khususnya untuk para pengurus yang akan di lantik mendapatkan amanah mengurus kaum lansia di kota Bandung.

“Hal ini luar biasa, karena dalam Al Qur’an dan tafsir menjelaskan, satu satunya pesan yang Allah sampaikan kepada umat manusia dalam Al Qur’an adalah agar seluruh umat manusia bersikap memuliakan orang tua. Hal itu disampaikan bahwa kita sebagai manusia memiliki orang tua yang harus diperhatikan sebaik mungkin. Karena di waktu yang akan datang, kita pun akan menjadi orang tua,” tuturnya.

Ditambahkan Oded, sebagai anak anak harus berbuat baik kepada orang tua kita.

“Hari ini respon positif agar kita dapat sebuah perhatian upaya harus berlakukan memuliakan orang-tua. Semua orang yang umurnya di atas kita itu merupakan orang tua. Maka hormati dan sayangi selalu,” tegas Oded.

Sementara itu juga menurut kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung Dedi Supandi menyampaikan, Komisi Daerah Lansia di bentuk untuk menyatukan seluruh kekuatan dinas SKPD untuk memberikan ruang perhatian dalam artian aspek kegiatan mengacu kepada perhatian terhadap lansia.

Lanjutnya, Komda tersebut berfungsi untuk memberikan arahan kepada masyarakat khususnya lansia agar keinginan hidup dan harapan hidupnya lebih tinggi.

“Angka harapan hidup tinggi tapi keinginan hidup rendah, nah ini yang dikhawatirkan. Ketika sudah mendekati di atas 60 tahun, berarti harus diperbaiki pola hidup agar keduanya seimbang,” pungkasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Personil TNI-Polri bersihkan material menutup lahar dingin Sinabung
Sumatera Utara - Rabu, 21 Februari 2018 - 21:37 WIB

Personil TNI-Polri bersihkan material menutup lahar dingin Sinabung

Ratusan personil gabungan TNI-Polri melaksanakan gotong royong membersihkan material berupa batu dan kayu yang menutup arus aliran lahar dingin gunung ...
Calon kepala daerah dilarang kampanye di pesantren
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 21:01 WIB

Calon kepala daerah dilarang kampanye di pesantren

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat mengingatkan pasangan calon kepala daerah agar tidak berkampanye di pesantren. Larangan itu sesuai ...
Waspada! 3 Pabrik di Bekasi Belum Kantongi IPLC
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 20:11 WIB

Waspada! 3 Pabrik di Bekasi Belum Kantongi IPLC

Sedikitnya, ada tiga dari 14 pabrik yang berdiri di sepanjang bantaran Kali Bekasi belum mengantongi Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC).Bahkan, ...
Satpam Sekolah Jadi Pengedar Sabu, Berakhir Dipenjara
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 19:50 WIB

Satpam Sekolah Jadi Pengedar Sabu, Berakhir Dipenjara

Seorang Satpam sekolah berinisial AS (33) rupanya merangkap kariernya sebagai pengedar sabu. Selain pengedar, AS juga sebagai pemakai yang mana ...
75 Persen SMP Swasta Bekasi Ditargetkan Laksanakan UNBK
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 18:59 WIB

75 Persen SMP Swasta Bekasi Ditargetkan Laksanakan UNBK

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menargetkan pada tahun 2018 ini, minimal 75 persen SMP Swasta di dan 100 persen SMP Negeri ...
5 SMP Negeri di Bekasi Tak Dapat Lakukan UNBK
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 18:40 WIB

5 SMP Negeri di Bekasi Tak Dapat Lakukan UNBK

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menunda pengadaan komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi 5 SMP Negeri Kota Bekasi.Soalnya, ...