Kamis, 23 November 2017 | 12.37 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Kota Bandung Kukuhkan Komda Lansia

Kota Bandung Kukuhkan Komda Lansia

Reporter : Yudi | Selasa, 31 Oktober 2017 - 20:14 WIB

IMG-7176

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial bersama jajarannya pada acara Rapat Koordinasi dan pengukuhkan Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kota Bandung tahun 2017 di Balai Kota Bandung, Selasa (31/10). KiniNews/Humas Kota Bandung.

Bandung, kini.co.id – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Lansia merupakan kelompok warga yang berada di kota Bandung khususnya yang harus dimuliakan, karena dalam syariat agama memuliakan orang tua merupakan ridho dari Allah SWT.

Emil, sapaan Ridwan Kamil juga menegaskan hanya di Kota Bandung satu satunya kota yang memiliki kantor bidang lansia.

“Setelah ada bidang khusus, lansia di kota Bandung ini terakomodir dan diurus secara baik,” ujar Ridwan pada acara Rapat Koordinasi dan pengukuhkan Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kota Bandung tahun 2017 di Balai Kota Bandung, Selasa (31/10).

Menurutnya lansia di Bandung harus diperhatikan lebih baik dalam hal kesehatan, tata ruang maupun kehidupan sehari hari.

“Dengan perhatian yang baik, maka lansia di kota Bandung akan lebih bahagia,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi karena dari 27 kabupaten/kota, baru Kota Bandung saja yang melaksanakan rakor dan pengukuhan.

“Alhamdulillah kota Bandung kota pertama yang melaksanakan rakor dan pengukuhan. Saya harap dengan telah dikukuhkannya anggota maupun bisa ketua, Lansia di Bandung menjadi lebih bahagia dan nyaman tinggal di Bandung,” ujarnya.

Dia berpesan, jika ingin menjadi Kota Ramah Lansia maka ada beberapa indikator yang harus dibenahi, diantaranya ruang terbuka untuk lansia, transportasi nyaman, perumahan, partisipasi sosial, inklusi keterlibatan sosial, partisipasi sipil dan pekerjaan, komunitas dan informasi serta dukungan masyarakat layanan kesehatan.

“Agar hal tersebut bisa hadir, maka koordinasi setiap SKPD maupun masyarakat harus baik. Insyaallah jika itu terjadi maka kota Bandung mendapatkan predikat Kota Ramah Lansia,” tegasnya.

Sementara itu menurut Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, pengukuhan sekaligus rakor ini merupakan kegiatan yang luar biasa khususnya untuk para pengurus yang akan di lantik mendapatkan amanah mengurus kaum lansia di kota Bandung.

“Hal ini luar biasa, karena dalam Al Qur’an dan tafsir menjelaskan, satu satunya pesan yang Allah sampaikan kepada umat manusia dalam Al Qur’an adalah agar seluruh umat manusia bersikap memuliakan orang tua. Hal itu disampaikan bahwa kita sebagai manusia memiliki orang tua yang harus diperhatikan sebaik mungkin. Karena di waktu yang akan datang, kita pun akan menjadi orang tua,” tuturnya.

Ditambahkan Oded, sebagai anak anak harus berbuat baik kepada orang tua kita.

“Hari ini respon positif agar kita dapat sebuah perhatian upaya harus berlakukan memuliakan orang-tua. Semua orang yang umurnya di atas kita itu merupakan orang tua. Maka hormati dan sayangi selalu,” tegas Oded.

Sementara itu juga menurut kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung Dedi Supandi menyampaikan, Komisi Daerah Lansia di bentuk untuk menyatukan seluruh kekuatan dinas SKPD untuk memberikan ruang perhatian dalam artian aspek kegiatan mengacu kepada perhatian terhadap lansia.

Lanjutnya, Komda tersebut berfungsi untuk memberikan arahan kepada masyarakat khususnya lansia agar keinginan hidup dan harapan hidupnya lebih tinggi.

“Angka harapan hidup tinggi tapi keinginan hidup rendah, nah ini yang dikhawatirkan. Ketika sudah mendekati di atas 60 tahun, berarti harus diperbaiki pola hidup agar keduanya seimbang,” pungkasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Aset Bank Syariah di Sumut Capai Rp13,01 Triliun
Sumatera Utara - Kamis, 23 November 2017 - 09:14 WIB

Aset Bank Syariah di Sumut Capai Rp13,01 Triliun

Perkembangan bank syariah di Sumatera Utara cukup menggembirakan. Dengan banyaknya sosialisasi yang dilakukan, masyarakat pun mulai menerapkan perekonomian syariah dalam ...
PLTSa Kota Bekasi Target 2500 Ton Sampah hasilkan Listrik 34 Megawatt
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:15 WIB

PLTSa Kota Bekasi Target 2500 Ton Sampah hasilkan Listrik 34 Megawatt

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong percepatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) milik Pemkot Bekasi. Selain mengurai sampah, ...
Pemkot Diminta Gaungkan Kembali Sejarah dan Budaya Bekasi
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:12 WIB

Pemkot Diminta Gaungkan Kembali Sejarah dan Budaya Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi diminta menggaungkan kembali sejarah dan budaya Bekasi ke tengah-tengah masyarakat. Aparatur pemerintah harus lebih peduli dengan keberadaan ...
PLTSa Diproyeksikan Beroperasi Akhir Tahun 2017
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:09 WIB

PLTSa Diproyeksikan Beroperasi Akhir Tahun 2017

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa Sumur Batu di Kecamatan Bantargebang ditergetkan rampung dan mulai dioperasikan pada akhir tahun ...
140 Pengaduan Masuk ke OJK Sumbagut, Perbankan Mendominasi
Sumatera Utara - Rabu, 22 November 2017 - 17:16 WIB

140 Pengaduan Masuk ke OJK Sumbagut, Perbankan Mendominasi

Direktur Pengawasan Perbankan OJK KR5 Sumbagut Mulyanto mengatakan, hingga November 2017, ada 140 pengaduan yang diterima pihaknya. "Untuk jenis pengaduan ...
Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis
Sumatera Utara - Rabu, 22 November 2017 - 17:11 WIB

Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KR 5 Sumbagut tetap melakukan pengawasan terhadap investasi yang tidak sesuai aturan dan merugikan orang lain.Untuk ...