Thursday, 19 July 2018 | 05.24 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Kota Bandung Kukuhkan Komda Lansia

Kota Bandung Kukuhkan Komda Lansia

Reporter : Yudi | Tuesday, 31 October 2017 - 20:14 WIB

IMG-7176

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial bersama jajarannya pada acara Rapat Koordinasi dan pengukuhkan Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kota Bandung tahun 2017 di Balai Kota Bandung, Selasa (31/10). KiniNews/Humas Kota Bandung.

Bandung, kini.co.id – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Lansia merupakan kelompok warga yang berada di kota Bandung khususnya yang harus dimuliakan, karena dalam syariat agama memuliakan orang tua merupakan ridho dari Allah SWT.

Emil, sapaan Ridwan Kamil juga menegaskan hanya di Kota Bandung satu satunya kota yang memiliki kantor bidang lansia.

“Setelah ada bidang khusus, lansia di kota Bandung ini terakomodir dan diurus secara baik,” ujar Ridwan pada acara Rapat Koordinasi dan pengukuhkan Komisi Daerah Lanjut Usia (KOMDA LANSIA) Kota Bandung tahun 2017 di Balai Kota Bandung, Selasa (31/10).

Menurutnya lansia di Bandung harus diperhatikan lebih baik dalam hal kesehatan, tata ruang maupun kehidupan sehari hari.

“Dengan perhatian yang baik, maka lansia di kota Bandung akan lebih bahagia,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi karena dari 27 kabupaten/kota, baru Kota Bandung saja yang melaksanakan rakor dan pengukuhan.

“Alhamdulillah kota Bandung kota pertama yang melaksanakan rakor dan pengukuhan. Saya harap dengan telah dikukuhkannya anggota maupun bisa ketua, Lansia di Bandung menjadi lebih bahagia dan nyaman tinggal di Bandung,” ujarnya.

Dia berpesan, jika ingin menjadi Kota Ramah Lansia maka ada beberapa indikator yang harus dibenahi, diantaranya ruang terbuka untuk lansia, transportasi nyaman, perumahan, partisipasi sosial, inklusi keterlibatan sosial, partisipasi sipil dan pekerjaan, komunitas dan informasi serta dukungan masyarakat layanan kesehatan.

“Agar hal tersebut bisa hadir, maka koordinasi setiap SKPD maupun masyarakat harus baik. Insyaallah jika itu terjadi maka kota Bandung mendapatkan predikat Kota Ramah Lansia,” tegasnya.

Sementara itu menurut Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Bandung Oded M. Danial menyampaikan, pengukuhan sekaligus rakor ini merupakan kegiatan yang luar biasa khususnya untuk para pengurus yang akan di lantik mendapatkan amanah mengurus kaum lansia di kota Bandung.

“Hal ini luar biasa, karena dalam Al Qur’an dan tafsir menjelaskan, satu satunya pesan yang Allah sampaikan kepada umat manusia dalam Al Qur’an adalah agar seluruh umat manusia bersikap memuliakan orang tua. Hal itu disampaikan bahwa kita sebagai manusia memiliki orang tua yang harus diperhatikan sebaik mungkin. Karena di waktu yang akan datang, kita pun akan menjadi orang tua,” tuturnya.

Ditambahkan Oded, sebagai anak anak harus berbuat baik kepada orang tua kita.

“Hari ini respon positif agar kita dapat sebuah perhatian upaya harus berlakukan memuliakan orang-tua. Semua orang yang umurnya di atas kita itu merupakan orang tua. Maka hormati dan sayangi selalu,” tegas Oded.

Sementara itu juga menurut kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung Dedi Supandi menyampaikan, Komisi Daerah Lansia di bentuk untuk menyatukan seluruh kekuatan dinas SKPD untuk memberikan ruang perhatian dalam artian aspek kegiatan mengacu kepada perhatian terhadap lansia.

Lanjutnya, Komda tersebut berfungsi untuk memberikan arahan kepada masyarakat khususnya lansia agar keinginan hidup dan harapan hidupnya lebih tinggi.

“Angka harapan hidup tinggi tapi keinginan hidup rendah, nah ini yang dikhawatirkan. Ketika sudah mendekati di atas 60 tahun, berarti harus diperbaiki pola hidup agar keduanya seimbang,” pungkasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...