Minggu, 19 November 2017 | 11.53 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Soal Reklamasi, Sandi Tak Mau Berseberangan dengan Pemerintah Pusat

Soal Reklamasi, Sandi Tak Mau Berseberangan dengan Pemerintah Pusat

Reporter : Fadillah | Kamis, 19 Oktober 2017 - 12:55 WIB

IMG-6987

Wakil Gubernur terpilih Sandiaga Uno bergaya bangau terbang pada sesi fitting seragam PDH di sebuah butik di Jl Tirtayasa II, Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (12/10). KiniNews/Ardiansyah.

Jakarta, kini.co.id – Reklamasi Teluk Jakarta menjadi topik yang hangat dibicarakan pasca pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sandiaga mengakui bahwa masyarakat memberikan mandat kepada dirinya dan Gubernur Anies Baswedan untuk menghentikan reklamasi di pantai Utara Jakarta.

“Posisi Pemprov jelas. Kami sudah berikan pengarahan di pertemuan pertama, Hari Selasa kemarin, bahwa kami membawa mandat dari warga Jakarta,” ujar Sandiaga di Jakarta, Kamis, (19/10/2017).

Meski demikian, dia juga ingin selaras dengan pemerintah pusat dalam memutuskan kelanjutan reklamasi.

“Kita tidak pernah mau berseberangan, kita cari tentunya sebuah prosesi yang terbuka dan berkeadilan. Ini yang diinginkan oleh masyarakat,” katanya.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan kembali menegaskan sikap pemerintah pusat untuk melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Luhut menegaskan, Surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Nomor S-78-001/02/Menko/Maritim/X/2017 yang dikeluarkan Kamis, (5/10/2017) lalu secara tegas mencabut kebijakan moratorium (penghentian sementara) proyek tersebut.

Luhut mengatakan, pencabutan moratorium proyek reklamasi merupakan permintaan Gubernur DKI. Namun dia tidak menyebutkan Gubernur DKI yang dimaksud.

Luhut juga tak mau ambil pusing meski banyak pihak mendesak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk menghentikan proyek reklamasi. Sebab itu hanya janji kampanye mereka.

“Inilah ngapain kalian itu bikin tubruk-tubruk gini. Kita lihat saja nanti gimana, tidak ada bertolak belakang,” kata Luhut secara terpisah beberap waktu lalu.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Rukun Jurnalis Bekasi Adakan Diskusi, Ini yang Dibahas
Jawa Barat - Sabtu, 18 November 2017 - 21:32 WIB

Rukun Jurnalis Bekasi Adakan Diskusi, Ini yang Dibahas

Pembangunan Kota Bekasi yang sangat pesat dalam 20 tahun terakhir, khususnya dari sisi pembangunan fisik harus ditunjang dengan pembangunan sumber ...
Edy Rahmayadi diusung Gerindra jadi Cagub di Sumut
- Sabtu, 18 November 2017 - 19:56 WIB

Edy Rahmayadi diusung Gerindra jadi Cagub di Sumut

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) resmi mengusung Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi sebagai calon gubernur Sumatera Utara dalam ...
Hingga tiga bulan kedepan, Pemprov DKI siaga bencana
DKI Jakarta - Sabtu, 18 November 2017 - 19:38 WIB

Hingga tiga bulan kedepan, Pemprov DKI siaga bencana

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana di Ibu Kota Jakarta, khususnya bencana banjir pada musim penghujan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ...
Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 15:03 WIB

Bahasa Lokal Sebagai Perekat Keberagaman Etnik

Mendukung upaya pemerintah dalam menggalakan kajian terhadap bahasa-bahasa lokal yang ada di Indonesia, Program Studi (Prodi) Magister Linguistik (PMSL) Fakultas ...
Tahun Depan, Pembangunan Persulukan Sibio-bio Dilanjutkan
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 14:37 WIB

Tahun Depan, Pembangunan Persulukan Sibio-bio Dilanjutkan

Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddin Syah, SE bersama Camat Aek Natas Drs. Adlin Sinaga, M.Si mengunjungi jamaah persulukan di ...
Ketika Jokowi minta peserta Munas KAHMI beri  applause untuk Anies Baswedan
Sumatera Utara - Sabtu, 18 November 2017 - 11:50 WIB

Ketika Jokowi minta peserta Munas KAHMI beri applause untuk Anies Baswedan

Presiden Jokowi meminta Alumni Himpunan Mahasiswa Islam memberikan applause untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menghadiri Musyawarah Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa ...