Monday, 16 July 2018 | 13.51 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia

Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia

Reporter : Nur Fatimah | Wednesday, 18 October 2017 - 21:54 WIB

IMG-6972

Ketua TP PKK Sumut, Evi Diana Erry Nuradi beserta tim PKK Serdang Bedagai dan Sumut berpose bersama setelah berhasil meraih juara 1 Favorit Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis sumber daya lokal tingkat nasional di Pontianak, Rabu (18/10). KiniNews/HA Nasution

Medan, kini.co.id – Provinsi Sumatera Utara meraih juara 1 Favorit Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis sumber daya lokal tingkat nasional, Rabu (18/10).

Kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA dilaksanakan dalam rangka Hari Pangan Sedunia ke XXXVII thn 2017 yang puncaknya digelar di kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry Nuradi menerima penghargaan yang diserahkan oleh Pakar Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo.

“Alhamdulillah TP PKK Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kabupaten Serdang Bedagai berhasil meraih Juara 1 Favorit Dewan Juri,” ujar Evi Diana.

Dalam lomba kali ini, kata Evi Diana, pihaknya mencoba menggali menu dari berbagai sumberdaya lokal yang ada di Sumatera Utara.

Adapun menu yang disajikan diantaranya sawut Ubi Jagung Bungkus Bulu Damo atau Daun Damo. Menu yang disajikan oleh PKK Kabupaten Sergai sebagai utusan Sumatera Utara ini tenyata berhasil menarik minat dewan juri pada lomba tersebut.

Dijelaskan Evi, Daun Damo memiliki keistimewaan yang merumakan tanaman asli dari Pulau Nias.

“Daun Damo, spesifik Daun dari Kepulauan Nias ini memberi aroma pada makanan dan sekaligus mengawetkan makanan secara alami,” jelas Evi.
Selain itu, disajikan juga lauk berupa olahan Ikan tongkol dengan kelapa gongseng dan Tahu Sawi Teri Medan. Kreasi PKK Sumut lainnya adalah menuman segar yang terbuat dari sari asam cikala yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Asam Cikala sering dikenal dengan sebutan asam karo adalah bumbu yang kerap digunakan pada kuliner khas Sumatera Utara.

Asam cikala biasanya digunakan sebagai bumbu yang selain memberi rasa asam pada masakan, juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan atau daging. Namun uniknya, tim lomba utusan Sumut dengan kreativitas nya membuat olahan minuan segar yang ternyata disukai oleh dewan juri.

Dalam lomba yang merupakan kerjasama Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI dan Tim Penggerak PKK Pusat ini diikuti oleh 34 TP PKK se Indonesia.

Evi Diana mengharapkan prestasi yang diraih ini menjadi penyemangat dan pemacu bagi TP PKK se Sumut untuk lebih meningkatkan prestasi dan kreasi pada masa mendatang.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...