Selasa, 23 Oktober 2018 | 01.26 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia

Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia

Reporter : Nur Fatimah | Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:54 WIB

IMG-6972

Ketua TP PKK Sumut, Evi Diana Erry Nuradi beserta tim PKK Serdang Bedagai dan Sumut berpose bersama setelah berhasil meraih juara 1 Favorit Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis sumber daya lokal tingkat nasional di Pontianak, Rabu (18/10). KiniNews/HA Nasution

Medan, kini.co.id – Provinsi Sumatera Utara meraih juara 1 Favorit Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis sumber daya lokal tingkat nasional, Rabu (18/10).

Kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA dilaksanakan dalam rangka Hari Pangan Sedunia ke XXXVII thn 2017 yang puncaknya digelar di kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry Nuradi menerima penghargaan yang diserahkan oleh Pakar Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo.

“Alhamdulillah TP PKK Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kabupaten Serdang Bedagai berhasil meraih Juara 1 Favorit Dewan Juri,” ujar Evi Diana.

Dalam lomba kali ini, kata Evi Diana, pihaknya mencoba menggali menu dari berbagai sumberdaya lokal yang ada di Sumatera Utara.

Adapun menu yang disajikan diantaranya sawut Ubi Jagung Bungkus Bulu Damo atau Daun Damo. Menu yang disajikan oleh PKK Kabupaten Sergai sebagai utusan Sumatera Utara ini tenyata berhasil menarik minat dewan juri pada lomba tersebut.

Dijelaskan Evi, Daun Damo memiliki keistimewaan yang merumakan tanaman asli dari Pulau Nias.

“Daun Damo, spesifik Daun dari Kepulauan Nias ini memberi aroma pada makanan dan sekaligus mengawetkan makanan secara alami,” jelas Evi.
Selain itu, disajikan juga lauk berupa olahan Ikan tongkol dengan kelapa gongseng dan Tahu Sawi Teri Medan. Kreasi PKK Sumut lainnya adalah menuman segar yang terbuat dari sari asam cikala yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Asam Cikala sering dikenal dengan sebutan asam karo adalah bumbu yang kerap digunakan pada kuliner khas Sumatera Utara.

Asam cikala biasanya digunakan sebagai bumbu yang selain memberi rasa asam pada masakan, juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan atau daging. Namun uniknya, tim lomba utusan Sumut dengan kreativitas nya membuat olahan minuan segar yang ternyata disukai oleh dewan juri.

Dalam lomba yang merupakan kerjasama Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI dan Tim Penggerak PKK Pusat ini diikuti oleh 34 TP PKK se Indonesia.

Evi Diana mengharapkan prestasi yang diraih ini menjadi penyemangat dan pemacu bagi TP PKK se Sumut untuk lebih meningkatkan prestasi dan kreasi pada masa mendatang.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:40 WIB

Hal-hal yang Paling Dirindukan Alumni Pesantren Ketika Tak Lagi Mondok

Menjadi santri di pondok pesantren merupakan kebanggaan tersendiri bagi alumni-alumni ponpes yang tersebar di seluruh Sumatera Utara.Bagaimana tidak, meski belajar ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 15:33 WIB

Dahsyatnya Medsos Pengaruhi Pola Pikir Anak Muda Tentang Politik

Politik kini mendapat tempat sedikit lebih banyak di hati para kawula muda.Yang dulunya samasekali 'emang gua pikirin', kini banyak anak ...
Sumatera Utara - Senin, 22 Oktober 2018 - 11:57 WIB

Hari Santri, RMI NU Sumut: Segera Sahkan UU Pondok Pesantren

Bangsa Indonesia sedang memperingati Hari Santri Nasional 2018 pada hari ini Senin (22/10/2018).Hari Santri Nasional sendiri, disahkan oleh Presiden RI, ...
Lampung - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 15:08 WIB

Anak Krakatau Erupsi, Terdeteksi Ada 63 Guncangan Gempa

Gunung anak Krakatau masih terus beraktivitas. Aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung ini mengakibatkan ...
Sumatera Utara - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:38 WIB

Kapolda Sumut: Teroris Tanjung Balai Incar Vihara dan Markas Polisi

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyebut 2 teroris yang ditembak mati di Tanjung Balai adalah anggota jaringan teroris Syaiful, salahseorang ...
Kalimantan - Rabu, 17 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Remas Payudara Lalu Kabur, Modus Pelecehan Seksual yang Resahkan Warga

Wanita rentan mengalami pelecehan seksual, apalagi yang harus pulang malam karena pekerjaannya.Modus pelecehan seksual pun semakin beragam.Baru-baru ini, di Pangkalan ...