Rabu, 25 April 2018 | 01.00 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Kota Bekasi Minta Dijadikan Skala Prioritas DKI

Kota Bekasi Minta Dijadikan Skala Prioritas DKI

Reporter : Ardiansyah | Rabu, 18 Oktober 2017 - 12:46 WIB

IMG-6959

Ilustrasi

Bekasi, kini.co.id – Pemerintah Kota Bekasi meminta pada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno agar memandang Kota Bekasi sebagai skala prioritas dalam memberikan perhatian.

Sebab berbagai persoalan DKI Jakarta seperti transportasi, tata ruang hingga pengelolaan sampah, menyangkut wilayah Kota Bekasi.

“Dua wilayah ini dekat bukan hanya dilihat secara geografis, tapi interaksi kemitraan yang saling terikat, misalnya persoalan transportasi, tata ruang dan sampah,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Rabu (18/10/2017).

Rahmat mengatakan, tiga persoalan itu membuat dua wilayah tersebut menjadi begitu dekat. Dia mencontohkan mengenai transportasi dan sampah. Sejumlah armada Transjakarta yang awalnya hanya beroperasi di Ibu Kota, pada 2014 lalu sudah mulai masuk hingga Kota Bekasi di Kawasan Harapan Indah.

Bahkan sampai 2017 ini, sudah banyak rute Transjakarta di Kota Bekasi, yakni Bekasi Timur-Grogol, Bekasi Barat-Tanjungpriok, Bekasi Barat-Bundaran HI dan sebagainya.

Sementara untuk persoalan sampah, DKI Jakarta memiliki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Bantargebang, Kota Bekasi dengan luas 110,8 hektar.

Sudah puluhan tahun, DKI membuang sampahnya hingga ribuan ton ke wilayah setempat. Atas kompensasinya, DKI menyuntikan dana hibah untuk pemberdayaan masyarakat (community development/CD).

“Bantuan DKI itu kita gunakan untuk membangun dua flyover di Rawapanjang dan Bojongrawalumbu dengan menghabiskan anggaran Rp 200 miliar lebih,” ujar Rahmat.

Menurut dia, dana hibah itu rutin diterima Kota Bekasi dari DKI Jakarta. Pada triwulan ketiga di tahun 2017, Kota Bekasi mendapat kucuran dana hibah sekitar Rp 316 miliar dari DKI. Hampir 80 persen, dana itu dialihkan untuk infrastruktur seperti penanggulangan banjir dan jalan serta sarana pendidikan.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat
Jawa Barat - Kamis, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  
Sumatera Utara - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
Banjir kembali kepung Jakarta, Anies:  Saya bertanggungjawab
DKI Jakarta - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...