Kamis, 23 November 2017 | 12.38 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemprov Sumut – Kodam I Bukit Barisan teken MoU

Pemprov Sumut – Kodam I Bukit Barisan teken MoU

Reporter : Nur Fatimah | Selasa, 17 Oktober 2017 - 18:42 WIB

IMG-6944

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) I/ Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri, pada acara Coffe Morning Forkopimda dengan Tokoh Masyarakat di Wilayah Sumut yang digelar di Markas Kodam I/BB, Selasa (17/10).KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan menjalin kerjasama karya bhakti untuk membuka jalan penghubung kabupaten Padang Lawas dengan kabupaten Mandailing Natal.

Kerjasama tersebut tertuang dalam MoU yang diteken oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) I/ Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri, pada acara Coffe Morning Forkopimda dengan Tokoh Masyarakat di Wilayah Sumut yang digelar di Markas Kodam I/BB, Selasa (17/10).

Selain itu, keduanya juga menandatangani kesepakatan bersama untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni di Sumut.
Sebelumnya turut digelar apel bersama yang dipimpin oleh Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw. Turut hadir dalam kesempatan itu, Pangdam I/BB, Mayjend TNI, Cucu Sumantri, Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw, Kajatisu, Danlantamal, Ketua PN Medan, Kasdam I BB, Pangkosek Hanudnas, Kepala BNNP Sumut, Walikota Medan, tokoh masyarakat juga alim ulama.

Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan bahwa kesepakatan tersebut merupakan langkah awal yang dilakukan Pemprovsu dengan TNI untuk membangun kesejahteraan masyarakat di Sumut.

Sebelumnya, kata Erry, Presiden Jokowi di bulan Maret 2017 telah menginstruksikan kepada Menteri PU PR, Gubsu juga Pangdam I/BB untuk membuka jalan penghubung dari kabupaten Padang Lawas ke kabupaten Mandailing Natal.

Oleh karena itulah jajaran Kementerian PUPR, Pemprovsu, Kodam I/BB dan kedua kabupaten menyepakati kalau pembukaan jalan ini dilakukan dengan karya bakti oleh TNI.

“Ruas jalan yang akan dibuka ini nantinya akan menghubungkan antara kabupaten Padang Lawas dan kabupaten Madina, dan tahap selanjutnya diharapkan mampu menghubungkan ke perbatasan Sumbar di kabupaten Pasaman,” kata Erry.

Selain itu, masyarakat Sumut juga masih banyak yang tinggal di rumah tidak layak huni, sehingga Pemprovsu juga melakukan kerjasama dengan Kodam I/BB melalui pelaksanaan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Sumut.

Sementara itu, terkait kerjasama yang sudah diteken dengan Pemprovsu, Pangdam mengatakan MoU tersebut merupakan kerjasama untuk membuka jalan di Palas dan Madina. Jalan penghubung yang akan dibuka sepanjang 45 Km.

Namun, untuk tahap awal kerjasama yang dilakukan dengan Pemprovsu sepanjang 8-15 Km, selebihnya Kodam I/BB akan bekerjasama dengan Kementerian PUPR. Sementara untuk pembangunan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Sumut akan dibangun sebanyak 300-an rumah.

“Kita mengapresiasi pertemuan seperti ini karena ini menunjukkan bahwa Forkopimda di Sumut kompak. Bisa kita lihat di sini hadir tokoh masyarakat, forum-forum strategis hingga alim ulama. Kita harapkan Forkopimda Sumut tetap kompak,” jelas Erry.

Lebih lanjut dikatakan Erry, dalam kesempatan itu turut dibicarakan isu-isu strategis mulai dari peredaran narkoba, begal hingga proyek pembangunan strategis nasional. Terutama dalam hal pembebasan lahan.

Oleh karena itu, kata Erry diharapkan Kajatisu dan Pengadilan Tinggi dapat memberikan advise, agar persoalan kepemilikan tanah tidak tumpang tindih.

“Hal ini perlu kita koordinasikan mengingat perhatian pemerintah pusat sudah sangat tinggi ke Sumut, tentu hal ini perlu kita jaga. Ini bisa kita jalankan kalau kita bersatu,” tegasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Aset Bank Syariah di Sumut Capai Rp13,01 Triliun
Sumatera Utara - Kamis, 23 November 2017 - 09:14 WIB

Aset Bank Syariah di Sumut Capai Rp13,01 Triliun

Perkembangan bank syariah di Sumatera Utara cukup menggembirakan. Dengan banyaknya sosialisasi yang dilakukan, masyarakat pun mulai menerapkan perekonomian syariah dalam ...
PLTSa Kota Bekasi Target 2500 Ton Sampah hasilkan Listrik 34 Megawatt
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:15 WIB

PLTSa Kota Bekasi Target 2500 Ton Sampah hasilkan Listrik 34 Megawatt

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong percepatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) milik Pemkot Bekasi. Selain mengurai sampah, ...
Pemkot Diminta Gaungkan Kembali Sejarah dan Budaya Bekasi
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:12 WIB

Pemkot Diminta Gaungkan Kembali Sejarah dan Budaya Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi diminta menggaungkan kembali sejarah dan budaya Bekasi ke tengah-tengah masyarakat. Aparatur pemerintah harus lebih peduli dengan keberadaan ...
PLTSa Diproyeksikan Beroperasi Akhir Tahun 2017
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:09 WIB

PLTSa Diproyeksikan Beroperasi Akhir Tahun 2017

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa Sumur Batu di Kecamatan Bantargebang ditergetkan rampung dan mulai dioperasikan pada akhir tahun ...
140 Pengaduan Masuk ke OJK Sumbagut, Perbankan Mendominasi
Sumatera Utara - Rabu, 22 November 2017 - 17:16 WIB

140 Pengaduan Masuk ke OJK Sumbagut, Perbankan Mendominasi

Direktur Pengawasan Perbankan OJK KR5 Sumbagut Mulyanto mengatakan, hingga November 2017, ada 140 pengaduan yang diterima pihaknya. "Untuk jenis pengaduan ...
Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis
Sumatera Utara - Rabu, 22 November 2017 - 17:11 WIB

Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KR 5 Sumbagut tetap melakukan pengawasan terhadap investasi yang tidak sesuai aturan dan merugikan orang lain.Untuk ...