Kamis, 22 Februari 2018 | 00.05 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemprov Sumut – Kodam I Bukit Barisan teken MoU

Pemprov Sumut – Kodam I Bukit Barisan teken MoU

Reporter : Nur Fatimah | Selasa, 17 Oktober 2017 - 18:42 WIB

IMG-6944

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) I/ Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri, pada acara Coffe Morning Forkopimda dengan Tokoh Masyarakat di Wilayah Sumut yang digelar di Markas Kodam I/BB, Selasa (17/10).KiniNews/HA Nasution.

Medan, kini.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan menjalin kerjasama karya bhakti untuk membuka jalan penghubung kabupaten Padang Lawas dengan kabupaten Mandailing Natal.

Kerjasama tersebut tertuang dalam MoU yang diteken oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) I/ Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Sumantri, pada acara Coffe Morning Forkopimda dengan Tokoh Masyarakat di Wilayah Sumut yang digelar di Markas Kodam I/BB, Selasa (17/10).

Selain itu, keduanya juga menandatangani kesepakatan bersama untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni di Sumut.
Sebelumnya turut digelar apel bersama yang dipimpin oleh Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw. Turut hadir dalam kesempatan itu, Pangdam I/BB, Mayjend TNI, Cucu Sumantri, Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw, Kajatisu, Danlantamal, Ketua PN Medan, Kasdam I BB, Pangkosek Hanudnas, Kepala BNNP Sumut, Walikota Medan, tokoh masyarakat juga alim ulama.

Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan bahwa kesepakatan tersebut merupakan langkah awal yang dilakukan Pemprovsu dengan TNI untuk membangun kesejahteraan masyarakat di Sumut.

Sebelumnya, kata Erry, Presiden Jokowi di bulan Maret 2017 telah menginstruksikan kepada Menteri PU PR, Gubsu juga Pangdam I/BB untuk membuka jalan penghubung dari kabupaten Padang Lawas ke kabupaten Mandailing Natal.

Oleh karena itulah jajaran Kementerian PUPR, Pemprovsu, Kodam I/BB dan kedua kabupaten menyepakati kalau pembukaan jalan ini dilakukan dengan karya bakti oleh TNI.

“Ruas jalan yang akan dibuka ini nantinya akan menghubungkan antara kabupaten Padang Lawas dan kabupaten Madina, dan tahap selanjutnya diharapkan mampu menghubungkan ke perbatasan Sumbar di kabupaten Pasaman,” kata Erry.

Selain itu, masyarakat Sumut juga masih banyak yang tinggal di rumah tidak layak huni, sehingga Pemprovsu juga melakukan kerjasama dengan Kodam I/BB melalui pelaksanaan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Sumut.

Sementara itu, terkait kerjasama yang sudah diteken dengan Pemprovsu, Pangdam mengatakan MoU tersebut merupakan kerjasama untuk membuka jalan di Palas dan Madina. Jalan penghubung yang akan dibuka sepanjang 45 Km.

Namun, untuk tahap awal kerjasama yang dilakukan dengan Pemprovsu sepanjang 8-15 Km, selebihnya Kodam I/BB akan bekerjasama dengan Kementerian PUPR. Sementara untuk pembangunan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Sumut akan dibangun sebanyak 300-an rumah.

“Kita mengapresiasi pertemuan seperti ini karena ini menunjukkan bahwa Forkopimda di Sumut kompak. Bisa kita lihat di sini hadir tokoh masyarakat, forum-forum strategis hingga alim ulama. Kita harapkan Forkopimda Sumut tetap kompak,” jelas Erry.

Lebih lanjut dikatakan Erry, dalam kesempatan itu turut dibicarakan isu-isu strategis mulai dari peredaran narkoba, begal hingga proyek pembangunan strategis nasional. Terutama dalam hal pembebasan lahan.

Oleh karena itu, kata Erry diharapkan Kajatisu dan Pengadilan Tinggi dapat memberikan advise, agar persoalan kepemilikan tanah tidak tumpang tindih.

“Hal ini perlu kita koordinasikan mengingat perhatian pemerintah pusat sudah sangat tinggi ke Sumut, tentu hal ini perlu kita jaga. Ini bisa kita jalankan kalau kita bersatu,” tegasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Personil TNI-Polri bersihkan material menutup lahar dingin Sinabung
Sumatera Utara - Rabu, 21 Februari 2018 - 21:37 WIB

Personil TNI-Polri bersihkan material menutup lahar dingin Sinabung

Ratusan personil gabungan TNI-Polri melaksanakan gotong royong membersihkan material berupa batu dan kayu yang menutup arus aliran lahar dingin gunung ...
Calon kepala daerah dilarang kampanye di pesantren
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 21:01 WIB

Calon kepala daerah dilarang kampanye di pesantren

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat mengingatkan pasangan calon kepala daerah agar tidak berkampanye di pesantren. Larangan itu sesuai ...
Waspada! 3 Pabrik di Bekasi Belum Kantongi IPLC
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 20:11 WIB

Waspada! 3 Pabrik di Bekasi Belum Kantongi IPLC

Sedikitnya, ada tiga dari 14 pabrik yang berdiri di sepanjang bantaran Kali Bekasi belum mengantongi Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC).Bahkan, ...
Satpam Sekolah Jadi Pengedar Sabu, Berakhir Dipenjara
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 19:50 WIB

Satpam Sekolah Jadi Pengedar Sabu, Berakhir Dipenjara

Seorang Satpam sekolah berinisial AS (33) rupanya merangkap kariernya sebagai pengedar sabu. Selain pengedar, AS juga sebagai pemakai yang mana ...
75 Persen SMP Swasta Bekasi Ditargetkan Laksanakan UNBK
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 18:59 WIB

75 Persen SMP Swasta Bekasi Ditargetkan Laksanakan UNBK

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menargetkan pada tahun 2018 ini, minimal 75 persen SMP Swasta di dan 100 persen SMP Negeri ...
5 SMP Negeri di Bekasi Tak Dapat Lakukan UNBK
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 18:40 WIB

5 SMP Negeri di Bekasi Tak Dapat Lakukan UNBK

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menunda pengadaan komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi 5 SMP Negeri Kota Bekasi.Soalnya, ...