Sabtu, 21 Oktober 2017 | 02.38 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Erry akan fokus kembangkan kopi tiga daerah di 2018

Erry akan fokus kembangkan kopi tiga daerah di 2018

Reporter : Nur Fatimah | Selasa, 3 Oktober 2017 - 18:33 WIB

IMG-6732

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Trngku Erry Nuradi memperhatikan produk kopi pada salah satu stand Festival Kopi di Medan beberapa waktu lalu. KiniNews/Rakisa.

Medan, kini.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2018 mendatang mengaku akan mengembangkan perbenihan 1 juta kopi dengan nama varietas Sigararutang.
Pengembangan 1 juta benih ini akan dilakukan di Madina, Tobasa, Simalungun dan Taput.

“Daerah lainnya yang memerlukan bibit nanti tinggal mengambil dari daerah mana yang terdekat,” ucap Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi di Medan, Selasa (3/10).

Selain itu, Pemprovsu kata Erry juga akan terus mendorong para petani kopi yang belum memiliki sertifikat IG untuk segera memilikinya. Dan untuk menuju ke sana diharapkan pemerintah kabupaten/kota juga turut mendukungnya.

Pemprovsu kata dia akan tetap mendorong para petani di Sumut untuk terus meningkatkan produksi kopinya. Apalagi untuk kopi-kopi yang sudah memiliki sertifikat indikasi geografi (IG/Paten). Saat ini petani kopi yang telah memiliki sertifikat IG tersebut sudah kesusahan melayanani permintaan yang terus meningkat.

“Permintaan dari negara-negara luar terus datang. Stok mereka terbatas. Makanya kita mendorong peningkatan produksinya,” ucapnya.

Sementara untuk pemasaran kopi Sumut sendiri disebutkannya realisasi ekspor untuk kopi Arabika berdasarkan data Penerbitan SPEK dan Form ICO tahun 2016 yakni 317.093.993 USD. Sedangkan untuk kopi Robusta senilai 901.169 USD dengan negara tujuan ke Amerika, Arab, Jepang, Jerman, Australia, Canada, Korea, Singapura, Vietnam dan Malaysia.

“Pada umumnya kopi kita yang keluar banyak ke negara Amerika. Dan itu sudah dalam bentuk biji kopi (green been). Ke depan untuk meningkatkan daya saing lagi, kita akan terus membina petani kopi kita,” ucapnya.
Sebelumnya Tengku Erry Nuradi bersama kepala daerah lainnya mendapat penghargaan atas komitmen dan dukungannya dalam meningkatkan produksi dan daya saing kopi nasional tahun 2017.

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Pertanian yang diterima Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir. HerawatI N,M.MA bertepatan dengan Hari Kopi Internasional di Provinsi Lampung, Ahad (1/10).

Ada beberapa provinsi di Indonesia yang meraih penghargaan yang sama diantaranya Lampung, Sumatera Selatan, Jabar, Jateng, Sulbar dan Sulteng.

Untuk Sumatera Utara sendiri meraih penghargaan untuk peningkatan jenis kopi Arabika. Seperti diketahui, jenis kopi Arabika merupakan premium kopi spelsialty Sumut dengan berbagai variasi keunggulan.

Tekstur kopinya halus, mempunyai citra rasa berat dan spesifik serta mempunyai citra rasa floral dan kekentalan yang baik maupun keasaman yang seimbang. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 01:09 WIB

Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar rekonstruksi aksi teror penyerangan Pos Jaga Pintu 3 Mapolda, Jumat (20/10).Reka ulang yang ...
Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 23:17 WIB

Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati

Sungguh ironis nasib yang dialami Warga Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Firiani. Ia bersama anaknya yang baru saja lahir tidak ...
Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 22:31 WIB

Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis

Setelah sempat terkenal brutal mengeroyok wartawan, kini oknum Satpam USU diduga kembali terlibat dalam tindak kekerasan.Seorang mahasiswa bernama Imanuel Silaban ...
Kapolda bersama Gubsu komitmen awasi penggunaan dana desa
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 19:59 WIB

Kapolda bersama Gubsu komitmen awasi penggunaan dana desa

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw bersama Gubsu Tengku Erry Nuradi menyatakan komitmennya bersama untuk mengawasi penggunaan dana desa yang ...
Hindari Konflik, Polisi dan TNI Senam Bareng
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 18:42 WIB

Hindari Konflik, Polisi dan TNI Senam Bareng

Anggota Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota dan Kodim 0507 BKS Bekasi, Jumat (20/10/2017), menggelar olah raga bersama. Kegiatan dilaksanakan di ...
Sah! APBD Perubahan Kota Bekasi Rp 5,7 Triliun
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 17:21 WIB

Sah! APBD Perubahan Kota Bekasi Rp 5,7 Triliun

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 Kota Bekasi resmi diketuk dalam rapat paripurna.Dalam rapat tersebut DPRD Kota ...