Rabu, 13 Desember 2017 | 18.18 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Erry akan fokus kembangkan kopi tiga daerah di 2018

Erry akan fokus kembangkan kopi tiga daerah di 2018

Reporter : Nur Fatimah | Selasa, 3 Oktober 2017 - 18:33 WIB

IMG-6732

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Trngku Erry Nuradi memperhatikan produk kopi pada salah satu stand Festival Kopi di Medan beberapa waktu lalu. KiniNews/Rakisa.

Medan, kini.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2018 mendatang mengaku akan mengembangkan perbenihan 1 juta kopi dengan nama varietas Sigararutang.
Pengembangan 1 juta benih ini akan dilakukan di Madina, Tobasa, Simalungun dan Taput.

“Daerah lainnya yang memerlukan bibit nanti tinggal mengambil dari daerah mana yang terdekat,” ucap Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi di Medan, Selasa (3/10).

Selain itu, Pemprovsu kata Erry juga akan terus mendorong para petani kopi yang belum memiliki sertifikat IG untuk segera memilikinya. Dan untuk menuju ke sana diharapkan pemerintah kabupaten/kota juga turut mendukungnya.

Pemprovsu kata dia akan tetap mendorong para petani di Sumut untuk terus meningkatkan produksi kopinya. Apalagi untuk kopi-kopi yang sudah memiliki sertifikat indikasi geografi (IG/Paten). Saat ini petani kopi yang telah memiliki sertifikat IG tersebut sudah kesusahan melayanani permintaan yang terus meningkat.

“Permintaan dari negara-negara luar terus datang. Stok mereka terbatas. Makanya kita mendorong peningkatan produksinya,” ucapnya.

Sementara untuk pemasaran kopi Sumut sendiri disebutkannya realisasi ekspor untuk kopi Arabika berdasarkan data Penerbitan SPEK dan Form ICO tahun 2016 yakni 317.093.993 USD. Sedangkan untuk kopi Robusta senilai 901.169 USD dengan negara tujuan ke Amerika, Arab, Jepang, Jerman, Australia, Canada, Korea, Singapura, Vietnam dan Malaysia.

“Pada umumnya kopi kita yang keluar banyak ke negara Amerika. Dan itu sudah dalam bentuk biji kopi (green been). Ke depan untuk meningkatkan daya saing lagi, kita akan terus membina petani kopi kita,” ucapnya.
Sebelumnya Tengku Erry Nuradi bersama kepala daerah lainnya mendapat penghargaan atas komitmen dan dukungannya dalam meningkatkan produksi dan daya saing kopi nasional tahun 2017.

Penghargaan diberikan oleh Kementerian Pertanian yang diterima Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir. HerawatI N,M.MA bertepatan dengan Hari Kopi Internasional di Provinsi Lampung, Ahad (1/10).

Ada beberapa provinsi di Indonesia yang meraih penghargaan yang sama diantaranya Lampung, Sumatera Selatan, Jabar, Jateng, Sulbar dan Sulteng.

Untuk Sumatera Utara sendiri meraih penghargaan untuk peningkatan jenis kopi Arabika. Seperti diketahui, jenis kopi Arabika merupakan premium kopi spelsialty Sumut dengan berbagai variasi keunggulan.

Tekstur kopinya halus, mempunyai citra rasa berat dan spesifik serta mempunyai citra rasa floral dan kekentalan yang baik maupun keasaman yang seimbang. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Angkot dan Taksi Online di Medan Disarankan Berlomba Tingkatkan Pelayanan
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 15:56 WIB

Angkot dan Taksi Online di Medan Disarankan Berlomba Tingkatkan Pelayanan

Ratusan angkot di Medan menggelar aksi mogok massal hari ini, Rabu (13/12/2017).Aksi mogok tersebut dilakukan sebagai protes maraknya keberadaan angkutan ...
OJK Nilai BPR di Sumut Masih Agresif Penuhi Kebutuhan UMKM
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 15:21 WIB

OJK Nilai BPR di Sumut Masih Agresif Penuhi Kebutuhan UMKM

Penyaluran dana di sektor usaha mikro dan kecil saat ini tengah menghadapi persaingan ketat. Terlebih pemerintah menganjurkan bank untuk jor-joran ...
OJK KR 5 Optimis Tembus Target Penyaluran KUR di Akhir 2017
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 09:26 WIB

OJK KR 5 Optimis Tembus Target Penyaluran KUR di Akhir 2017

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui bank-bank di Sumut terlihat cukup baik.Pasalnya, saat ini realisasi penyaluran KUR di Sumut mencapai ...
Angkot di Medan Mogok Narik, Anak Sekolah Terlantar
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 09:00 WIB

Angkot di Medan Mogok Narik, Anak Sekolah Terlantar

Dalam rangka protes terhadap angkutan online, angkot di Medan ramai-ramai melakukan aksi mogok narik.Mereka menolak mengangkut penumpang pada Rabu (13/12/2017).Akibatnya, ...
PMI Labura Sabet Berbagai Penghargaan di TKR Sumut
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 08:41 WIB
Labura

PMI Labura Sabet Berbagai Penghargaan di TKR Sumut

Kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam ajang Temu Karya Relawan yang di ...
Anies instruksikan aparaturnya lebih responsif
DKI Jakarta - Selasa, 12 Desember 2017 - 22:34 WIB

Anies instruksikan aparaturnya lebih responsif

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menginstruksikan kepada seluruh aparatur Pemprov responsif terhadap segala bentuk potensi bencana, salah satunya ...