Monday, 23 July 2018 | 03.19 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Ini alasan pemecatan puluhan guru honorer SMKN 11 Bekasi

Ini alasan pemecatan puluhan guru honorer SMKN 11 Bekasi

Reporter : Ardiansyah | Saturday, 30 September 2017 - 22:25 WIB

IMG-6717

SMKN 11 Kota Bekasi. KiniNews/Ardiansyah

Bekasi, kini.co.id

Puluhan guru honorer di SMKN 11 Kota Bekasi yang bakal dipecat tidak hormat oleh pihak sekolah lantaran dinilai kerap ‘membangkang’ oleh pihak sekolah.

“Ya mereka kerap melawan alias ‘membangkang’ dan tidak bekerja sesuai prosedur di sekolah,” kata Kepala SMKN 11 Kota Bekasi, Elvi Desilia Fajarina, Sabtu (30/9).

Kasus yang bergulir sejak Januari 2017 lalu di internal sekolah ini tak kunjung selesai.

Padahal, beberapa kali proses mediasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun selalu tidak di indahkan oleh ara guru honorer itu.

Teranyar, Kepala Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan wilayah 1 Karawang, Otin Martini, pun sudah berupaya memdiasi.

Hanya saja, Elvi menyebut jika mediasi tersebut tak kunjug ada poin-poin yang diselesaikan. Pasalnya pihak Balai hanya mengintervensi agar para guru honorer tersebut dapat kembali ditampung.

“Saya welcome, dan saya itu belum pernah mengeluarkan surat pemecatan, namaun mereka itu menganggap jika menolkan jampelajaran adalah memecat mereka, padahal itu hanya untuk mereka introspksi diri,” kata Elvi.

Saat mediasi, Kamis (28/9) lalu, di SMKN 11 Kota Bekasi, sebenarnya Elvi sudah mengamini permintaan pihak Balai agar dapat kembali menampung 23 guru tersebut.

Namun Elvi juga memberikan catatan khusus bagi mereka, seperti membersihkan nama baiknya dan SMKN 11 Kota Bekasi dengan meminta permohonan maaf kepada media massa.

Selain itu, para guru honorer juga diminta untuk melakukan klarifikasi atas berita dan laporan-laporan ke berbagai lembaga dan instansi pemerintah, menyabut surat kuasa mereka terhadap pengacaranya dengan surat resmi sesuai aturan.

“Saya juga meminta mereka memnuhi aturan kontrak kerja yang berlaku. Baru tindakan selanjutnya adalah membicarakannya kembali jika syarat itu dipenuhi,” bebernya.

Namun bukan syarat yang dipenuhi oleh para guru honorer tersebut. Malahan, kata Elvi, pada Jumat (29/9/2017) kemarin. Elvi mendapat kabar kurang sedap.

“Saya malah di fitnah oleh mereka jika tidak diperkenankan mengajar di SMKN 11 Kota Bekasi, mereka ngadu ke Balai kalau saya melarang dan mengintruksikan security untuk menghalau mereka masuk, padahal, sama sekali mereka tidak datang,” kata dia.

Hal itulah yang membuat Elvi naik pitam. Atas dasar itu juga Elvi berniat melakukan pemecatan 23 guru honorer yang dianggapnya ‘membangkang’.

“Sudah tidak adalagi tolerir yang saya berikan, ini adalah keputusan final yang wajib dilakukan, karena perbuatan mereka sudah melebihi batas,” tandasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...