Senin, 19 Februari 2018 | 22.40 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Sopir angkutan keluhkan rencana berperasinya KRL Bekasi – Cikarang

Sopir angkutan keluhkan rencana berperasinya KRL Bekasi – Cikarang

Reporter : Trias Agustian | Kamis, 28 September 2017 - 18:24 WIB

IMG-6701

Bekasi, kini.co.id – Rencana beroperasinya Kereta Rel Listrik (KRL) Bekasi- Cikarang dikeluhkan para supir angkutan Elf K-01A jurusan Cikarang-Bekasi.

Pasalnya, saat ini mereka hanya mengandalkan penumpang dari muntahan KRL-CL di Stasiun Besar Bekasi menuju Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Tentunya, dengan beroprasi KRL-CL Bekasi-Cikarang berdampak pada pendapatan supir Elf yang sehari-harinya mengais rezeki dengan mengandalkan penumpang.

“Sangat berdampak sekali pada pendapatan kami ya kalau adanya kereta itu (KRL-CL), saya kira ini merupakan ancaman tersendiri bagi kami,” kata salah seorang supir, Hendra (32), Kamis (28/9).

Hendra menilai, kebijakan pembanguan dan pengoperasian KRL-CL Bekasi-Cikarang sangat menyengsarakan para supir khusunya Elf K-01A.

“Jelas ini sangat menyengsarakan kami, kehadiran ojek atau taksi online saja itu sudah menjadi beban buat kami para supir, ditambah dengan pengoperasian KRL-CL yang lintasnya sama dengan kami,” ujarnya.

Sardi (41) supir lainnya, mengaku jika dirinya sudah ancang-ancang untuk mencari pekerjaan lainnya. Karena kata dia, jika pemerjaannya saat ini masih dipaksakan sama saja kerja bakti.

“Saya rencanya mau cari pekerjaan lain untuk menghidupi istri dan anak saya. Karena kalau dipaksakan sama saja saya kerja bakti, tidak ada untuk pendapatan saya, uangnya hanya untuk setoran mobil,” kata Sardi.

Alasannya sederhana, menerut dia, dengan dioperasionalkannya KRL-CL tentu akan mematikan profesinya sebagai supir.

“Ya kalau ada KRL-CL otomatis penumpang pindah semua pengoperasian kendaraannya, karena satu lebih cepat, kami yang berprofesi sebagai supir tidak bisa berbuat banyak,” tandasnya.

Abi Alfiandi (24) seorang warga asal Bekasi Utara mengakui KRL-CL lebih layak iya tumpangi ketimbang menggunakan angkutan umum jenis Elf.

“Ya iyalah, lebih bagus ada KRL, kalau kita naik angkutan itu harus menghitung jarak tempuh. Karena belum ketemu macet dan angkot sering ngetem, kalau kereta kan bablas,” katanya saat ditemui di Bulan-bulan Bekasj, Jalan Ir H Juanda.

Ia sendiri tidak sabar dengan kehadiran KRL-CL jurusan Bekasi-Cikarang. Malahan, Abi merasa kecewa karena pengoperasiannta tertunda dengan jangka waktu satu bulan.

“Kebetulan saya bulak-balik ke daerah Tambun, selama ini saya masih menggunakan angkutan umum. Kemarin saya dengar kerta sudah bisa dioperasikan, rupanya tidak jadi, sempat kecewa ya,” tandasnya.

Seperti diketahui, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian menunda beroperasinya KRL-CL yang rencananya dimulai 17 September 2017.

Ini karena belum semua stasiun siap untuk melayani penumpang. Penundaan itu karena tim prasarana sedang merampungkan sejumlah fasilitas penunjang agar stasiun bisa segera digunakan.

Fasilitas itu antara lain alat pengeras suara, kamera CCTV, garis keselamatan, papan informasi, serta pengaturan dan pemisahan jalur keluar-masuk penumpang.

1Masalah sterilisasi stasiun juga menjadi salah satu pertimbangan pengoperasian KRL Bekasi–Cikarang ditunda.

Jika semua fasilitas penunjang itu sudah dipenuhi, KRL Bekasi–Cikarang dipastikan dapat dioperasikan. Diperkirakan pengoperasian sudah dimulai awal Oktober 2017.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Demiz targetkan raih 61 persen suara di Pilgub
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 21:07 WIB

Demiz targetkan raih 61 persen suara di Pilgub

Deddy Mizwar sesumbar mampu memenangkan Pilgub Jabar 2018. Calon Gubernur Jawa Barat, yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi, tersebut menargetkan mampu ...
Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan
Sumatera Utara - Senin, 19 Februari 2018 - 21:00 WIB

Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan

Walikota Medan Dzulmi Eldin mengajak pelaku usaha di Kota Medan agar ikut berkontribusi dalam pembangunan Kota dengan turut menghias taman ...
Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:08 WIB

Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi

Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu) akan mengintensifkan kampanye di kota dan kabupaten ...
Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:07 WIB

Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi R. Ruddy Gandakusumah, berkujung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi di Jalan ...
Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:00 WIB

Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin

Pengendara motor dan mobil di Jalan Cemerlang, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi nyaris tertimpa reklame ambruk, Senin (19/2/2018). Beruntung ...
Kampanye Diminta Kedepankan Visi Misi dan Program
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 17:56 WIB

Kampanye Diminta Kedepankan Visi Misi dan Program

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi telah melaksanakan tahapan deklarasi kampanye damai di lantai satu REVO Town Mall, Jalan Ahmad ...