Senin, 19 Februari 2018 | 12.48 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Terkumpul Rp1,2 Miliar untuk Rohingya dari Warga Jabar

Terkumpul Rp1,2 Miliar untuk Rohingya dari Warga Jabar

Reporter : Yudi | Jumat, 8 September 2017 - 19:22 WIB

IMG-6550

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (kiri), bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Barat, Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi (kedua kanan), menggelar aksi solidaritas dan kepedulian masyarakat Jawa Barat terhadap krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya, Jumat (8/9). KiniNews/Djanuar.

BANDUNG, kini.co.id – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan memimpin langsung aksi solidaritas bagi umat muslim Rohingya dengan melakukan aksi long march yang dimulai dari Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar sampai Gedung Sate.

Dalam aksi ini juga dilakukan pengumpulan dana bantuan bagi kaum muslim Rohingya. Hingga pukul 13.45 WIB jumlah donasi yang sudah terkumpul sebesar Rp. 1.201.570.500.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menjelaskan pengumpulan donasi tersebut merupakan inisiatif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan menilai sebuah kewajaran jika masyarakat Jabar membantu sebanyak mungkin bagi umat muslim Rohingya.

Menurut kang Aher, sejak seminggu sebelumnya, Pemprov Jabar berusaha menggalang dana bantuan kemanusiaan bagi umat muslim Rohingya.

Penggalangan dana tersebut dilakukan melalui beberapa masjid yang ada di Perangkat Daerah (PD) kemudian di masjid yang berada di lingkungan masyarakat termasuk Pusdai dan Masjid Raya Jawa Barat juga infaq dan sedekahnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Yang jelas donasi bagi bantuan umat muslim Rohingya sudah dikumpulkan sejak seminggu yang lalu sementara terkumpul 1,2 miliar, mudah-mudahan donasi itu terus bertambah,” katanya kepada wartawan di depan halaman Gedung Sate Bandung, Jumat (8/9/2017).

Ditanya apakah ada hubungannya dengan bantuan donasi yang dilakukan di tingkat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Aher menegaskan bantuan donasi ini berbeda dengan pengumpulan donasi sebelumnya.

Bahkan tidak tertutup kemungkinan bantuan penggalangan dana ini ditambah dari beberapa daerah di wilayah Jabar yang melakukan aksi serupa seperti Kabupaten Kuningan, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cianjur dan Kota Bogor.

“Kita akan kalkulasi bantuan donasi ini yang diinisiasi oleh pemerintah juga masyarakat umum. Nah, hari ini adalah yang diinisiasi oleh Pemprov Jawa Barat, kemarin oleh Pemerintah Kota Bandung nanti keduanya akan digabungkan sehingga diketahui berapa total donasi yang sudah dikumpulkan,” paparnya.

Adapun penyaluran donasi tersebut, Pemprov Jabar akan mendistribusikan bantuan itu ke berbagai pihak yang resmi yaitu lembaga-lembaga donasi seperti Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, PKPU, Lazis NU dan Lazis Muhammadiyah dan organisasi tergabung sebagaimana dikoordinasikan oleh ormas-ormas pusat.

“Kita akan salurkan kepada masyarakat Rohingya lewat lembaga-lembaga resmi itu,” ujar Aher.

Sebelumnya aksinya, Aher memimpin shalat Jumat di Masjid Pusdai, Bandung. Kemudian dilanjutkan dengan aksi jalan kaki menuju Gedung Sate, Jalan Diponegoro yang jarak tempuhnya diperkirakan 500 meter.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...
Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax
Jawa Barat - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:32 WIB

Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax

Aparat Kepolisian Resort (Polres) Majalengka, Jawa Barat memastikan jika kabar seorang muadzin di wilayahnya dibunuh oleh orang gila yang viral ...
Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah
Sumatera Utara - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:00 WIB

Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah

Drum band corps Swatami SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu berencana mengikuti kejuaraan Marching Band Competition yang di selenggarakan oleh pesantren ...