Kamis, 23 November 2017 | 14.19 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Terkumpul Rp1,2 Miliar untuk Rohingya dari Warga Jabar

Terkumpul Rp1,2 Miliar untuk Rohingya dari Warga Jabar

Reporter : Yudi | Jumat, 8 September 2017 - 19:22 WIB

IMG-6550

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (kiri), bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Barat, Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi (kedua kanan), menggelar aksi solidaritas dan kepedulian masyarakat Jawa Barat terhadap krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya, Jumat (8/9). KiniNews/Djanuar.

BANDUNG, kini.co.id – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan memimpin langsung aksi solidaritas bagi umat muslim Rohingya dengan melakukan aksi long march yang dimulai dari Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar sampai Gedung Sate.

Dalam aksi ini juga dilakukan pengumpulan dana bantuan bagi kaum muslim Rohingya. Hingga pukul 13.45 WIB jumlah donasi yang sudah terkumpul sebesar Rp. 1.201.570.500.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menjelaskan pengumpulan donasi tersebut merupakan inisiatif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan menilai sebuah kewajaran jika masyarakat Jabar membantu sebanyak mungkin bagi umat muslim Rohingya.

Menurut kang Aher, sejak seminggu sebelumnya, Pemprov Jabar berusaha menggalang dana bantuan kemanusiaan bagi umat muslim Rohingya.

Penggalangan dana tersebut dilakukan melalui beberapa masjid yang ada di Perangkat Daerah (PD) kemudian di masjid yang berada di lingkungan masyarakat termasuk Pusdai dan Masjid Raya Jawa Barat juga infaq dan sedekahnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Yang jelas donasi bagi bantuan umat muslim Rohingya sudah dikumpulkan sejak seminggu yang lalu sementara terkumpul 1,2 miliar, mudah-mudahan donasi itu terus bertambah,” katanya kepada wartawan di depan halaman Gedung Sate Bandung, Jumat (8/9/2017).

Ditanya apakah ada hubungannya dengan bantuan donasi yang dilakukan di tingkat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Aher menegaskan bantuan donasi ini berbeda dengan pengumpulan donasi sebelumnya.

Bahkan tidak tertutup kemungkinan bantuan penggalangan dana ini ditambah dari beberapa daerah di wilayah Jabar yang melakukan aksi serupa seperti Kabupaten Kuningan, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cianjur dan Kota Bogor.

“Kita akan kalkulasi bantuan donasi ini yang diinisiasi oleh pemerintah juga masyarakat umum. Nah, hari ini adalah yang diinisiasi oleh Pemprov Jawa Barat, kemarin oleh Pemerintah Kota Bandung nanti keduanya akan digabungkan sehingga diketahui berapa total donasi yang sudah dikumpulkan,” paparnya.

Adapun penyaluran donasi tersebut, Pemprov Jabar akan mendistribusikan bantuan itu ke berbagai pihak yang resmi yaitu lembaga-lembaga donasi seperti Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, PKPU, Lazis NU dan Lazis Muhammadiyah dan organisasi tergabung sebagaimana dikoordinasikan oleh ormas-ormas pusat.

“Kita akan salurkan kepada masyarakat Rohingya lewat lembaga-lembaga resmi itu,” ujar Aher.

Sebelumnya aksinya, Aher memimpin shalat Jumat di Masjid Pusdai, Bandung. Kemudian dilanjutkan dengan aksi jalan kaki menuju Gedung Sate, Jalan Diponegoro yang jarak tempuhnya diperkirakan 500 meter.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Aset Bank Syariah di Sumut Capai Rp13,01 Triliun
Sumatera Utara - Kamis, 23 November 2017 - 09:14 WIB

Aset Bank Syariah di Sumut Capai Rp13,01 Triliun

Perkembangan bank syariah di Sumatera Utara cukup menggembirakan. Dengan banyaknya sosialisasi yang dilakukan, masyarakat pun mulai menerapkan perekonomian syariah dalam ...
PLTSa Kota Bekasi Target 2500 Ton Sampah hasilkan Listrik 34 Megawatt
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:15 WIB

PLTSa Kota Bekasi Target 2500 Ton Sampah hasilkan Listrik 34 Megawatt

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong percepatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) milik Pemkot Bekasi. Selain mengurai sampah, ...
Pemkot Diminta Gaungkan Kembali Sejarah dan Budaya Bekasi
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:12 WIB

Pemkot Diminta Gaungkan Kembali Sejarah dan Budaya Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi diminta menggaungkan kembali sejarah dan budaya Bekasi ke tengah-tengah masyarakat. Aparatur pemerintah harus lebih peduli dengan keberadaan ...
PLTSa Diproyeksikan Beroperasi Akhir Tahun 2017
Jawa Barat - Rabu, 22 November 2017 - 22:09 WIB

PLTSa Diproyeksikan Beroperasi Akhir Tahun 2017

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa Sumur Batu di Kecamatan Bantargebang ditergetkan rampung dan mulai dioperasikan pada akhir tahun ...
140 Pengaduan Masuk ke OJK Sumbagut, Perbankan Mendominasi
Sumatera Utara - Rabu, 22 November 2017 - 17:16 WIB

140 Pengaduan Masuk ke OJK Sumbagut, Perbankan Mendominasi

Direktur Pengawasan Perbankan OJK KR5 Sumbagut Mulyanto mengatakan, hingga November 2017, ada 140 pengaduan yang diterima pihaknya. "Untuk jenis pengaduan ...
Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis
Sumatera Utara - Rabu, 22 November 2017 - 17:11 WIB

Banyak Penipuan, OJK: Investasi Harus Legal dan Logis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KR 5 Sumbagut tetap melakukan pengawasan terhadap investasi yang tidak sesuai aturan dan merugikan orang lain.Untuk ...