Senin, 19 Februari 2018 | 12.26 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Kapolda Sumut: Pers dan Polisi Saling Membutuhkan

Kapolda Sumut: Pers dan Polisi Saling Membutuhkan

Jumat, 8 September 2017 - 18:02 WIB

IMG-6548

Kapolda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw olahrga bersama wartawan dan jajarannya, Jumat (8/9). KiniNews/HA Nasution.

MEDAN, kini.co.id – Kapolda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw, mengatakan, polisi dan insan pers memiliki hubungan saling berkaitan dalam mendukung kesuksesan tugas masing-masing.

Waterpaum menegaskan, pers memerlukan polisi sebagai sumber informasi yang akan disampaikannya kepada masyarakat.

Dan begitu sebaliknya, polisi juga memerlukan peran pers agar berbagai program dan keberhasilan dapat diketahui masyarakat dan memberikan edukasi kepada masyarakat serta mendukung terciptanya kamtibmas.

“Kalau pers bersatu dengan kepolisian, tentu negara ini aman,” kata Waterpauw Usai olahraga bersama di Markas Polda Sumatera Utara, di Medan, Jumat (8/9).

Mantan kepala Polda Papua itu mengakui, selain menjadi saluran informasi, pers juga sering dijadikan sebagai sumber informasi mengenai perkembangan situasi atau indikasi terhadap kondisi tertentu.

Dia mencertitakan saat menjadi Kapolsek Metro Menteng, Polres Metro Jakarta Pusat silam, ia mengaku sering mendapatkan informasi dari wartawan guna mengetahui perkembangan situasi.

Pada masa-masa itu, banyak sekali demonstrasi terjadi, di antaranya di kawasan Jalan Cendana, kawasan Menteng. Dia sering berbaur dan bertukar cerita dengan wartawan sehingga dia dikenal sekali oleh pers saat itu.

“Kalau media sudah datang ke lokasi, lengkap dengan peralatannya, berarti A-1,” katanya, menyinggung titik-titik lokasi yang ditenggarai akan menjadi lokasi demonstrasi.

Bahkan, sebagai unsur pimpinan wilayah, dia sering memperhatikan peralatan yang dibawa awak media ketika turun ke lapangan untuk meliput demonstrasi. “Kalau peralatannya lengkap ini itu, bakal panjanglah ini, jantung pun deg-degan,” ujar Waterpauw.

Selain menggelar olahraga bersama dalam kesempatan tersebut Kapolda Sumut beserta jajaranya juga menggelar coffe morning bersama awak media serta mengumumkan pemenang lomba foto dalam rangka peringatan HUT RI ke-72 dengan tema’Polisiku Bekerja Dengan Hati’. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...
Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax
Jawa Barat - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:32 WIB

Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax

Aparat Kepolisian Resort (Polres) Majalengka, Jawa Barat memastikan jika kabar seorang muadzin di wilayahnya dibunuh oleh orang gila yang viral ...
Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah
Sumatera Utara - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:00 WIB

Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah

Drum band corps Swatami SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu berencana mengikuti kejuaraan Marching Band Competition yang di selenggarakan oleh pesantren ...