Rabu, 13 Desember 2017 | 18.17 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Mau Tinggal di Bandung, Kerja atau Kuliah Wajib Isi e-Punten

Mau Tinggal di Bandung, Kerja atau Kuliah Wajib Isi e-Punten

Reporter : Yudi | Kamis, 7 September 2017 - 21:07 WIB

IMG-6541

Wali Kota Bandung saat meluncurkan aplikasi e-Punten.KiniNews/Yayan A Brillyana.

BANDUNG, kini.co.id – Pemerintah Kota Bandung meluncurkan e-Punten atau Aplikasi Pendaftaran Penduduk Tidak Permanen sebagai solusi untuk melakukan pendataan penduduk.

Pendataan tersebut untuk mengetahui mana saja yang warga asli Bandung dan warga bukan asli Bandung tetapi tinggal di kota Bandung. Baik itu alasannya untuk bekerja ataupun sekolah.

“Mulai hari ini siapa saja yang datang ke Bandung dan mau menetap lebih dari enam bulan, serta tujuannya ingin menjadi mahasiswa ataupun pekerja yang dimana KTP aslinya masih berdomisili dengan KTP kota yang lama, tolong segera untuk memberi tahu indentitas anda agar bisa terdata dengan baik,” kata Walikota Bandung, Ridwan Kamil dalam peluncuran e-Punten di Hotel Harris, Bandung, Kamis (7/9).

Ridwan Kamil menambahkan, untuk mengisi data kependudukan tersebut caranya mudah, cukup dengan download e – PunTEN di play store, setelah itu diisi data datanya.

“Dengan melakukan seperti itu, bisa diketahui jumlah masyarakat yang tinggal di Bandung yang bukan KTP Bandung,”tutur kang Emil.

Menurutnya hal tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan jika terjadi masalah.

“Ini merupakan bagian upaya keamanan, misalkan berada di wilayah radikan atau terorisme bisa kita deteksi juga. Sehingga dengan mudah bisa merazia atau cek. Jadi jika orang mana saja yang tidak terdaftar berarti itu yang haru kita waspadai,”jelasnya.

Kang Emil berharap, dengan teknologi seperti ini bisa memberikan identitas data yang cepat dan jelas.

“Mudah-mudahan dengan teknologi ini bisa memudahkan urusan urusan kependudukan,”pungkasnya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Bandung Popong W. Nuraeni menyampaikan, penduduk luar kota Bandung yang ingin tinggal di Bandung dan tidak ingin merubah identitas bersangkutan maka e – PunTEN ini salah satu caranya.

“e – PunTEN merupakan aplikasi dimana Pendaftaran penduduk tidak permanen bisa dilakukan untuk warga luar kota Bandung,”jelasnya.

Ditambahkan Popong, mengakses e – PunTEN cukup mudah, dengan download di Play Store dan melakukan pendaftaran atau bisa lewat web epunten.bandung.go.id yang merupakan aplikasi untuk pendaftaran penduduk tidak permanen.

“Mau tinggal di Bandung lebih dari 6 bulan KTP tidak ingin diganti maka harus gunakan e-PunTEN,” tambahnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Angkot dan Taksi Online di Medan Disarankan Berlomba Tingkatkan Pelayanan
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 15:56 WIB

Angkot dan Taksi Online di Medan Disarankan Berlomba Tingkatkan Pelayanan

Ratusan angkot di Medan menggelar aksi mogok massal hari ini, Rabu (13/12/2017).Aksi mogok tersebut dilakukan sebagai protes maraknya keberadaan angkutan ...
OJK Nilai BPR di Sumut Masih Agresif Penuhi Kebutuhan UMKM
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 15:21 WIB

OJK Nilai BPR di Sumut Masih Agresif Penuhi Kebutuhan UMKM

Penyaluran dana di sektor usaha mikro dan kecil saat ini tengah menghadapi persaingan ketat. Terlebih pemerintah menganjurkan bank untuk jor-joran ...
OJK KR 5 Optimis Tembus Target Penyaluran KUR di Akhir 2017
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 09:26 WIB

OJK KR 5 Optimis Tembus Target Penyaluran KUR di Akhir 2017

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui bank-bank di Sumut terlihat cukup baik.Pasalnya, saat ini realisasi penyaluran KUR di Sumut mencapai ...
Angkot di Medan Mogok Narik, Anak Sekolah Terlantar
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 09:00 WIB

Angkot di Medan Mogok Narik, Anak Sekolah Terlantar

Dalam rangka protes terhadap angkutan online, angkot di Medan ramai-ramai melakukan aksi mogok narik.Mereka menolak mengangkut penumpang pada Rabu (13/12/2017).Akibatnya, ...
PMI Labura Sabet Berbagai Penghargaan di TKR Sumut
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 08:41 WIB
Labura

PMI Labura Sabet Berbagai Penghargaan di TKR Sumut

Kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam ajang Temu Karya Relawan yang di ...
Anies instruksikan aparaturnya lebih responsif
DKI Jakarta - Selasa, 12 Desember 2017 - 22:34 WIB

Anies instruksikan aparaturnya lebih responsif

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menginstruksikan kepada seluruh aparatur Pemprov responsif terhadap segala bentuk potensi bencana, salah satunya ...