Sabtu, 21 Oktober 2017 | 02.44 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Mau Tinggal di Bandung, Kerja atau Kuliah Wajib Isi e-Punten

Mau Tinggal di Bandung, Kerja atau Kuliah Wajib Isi e-Punten

Reporter : Yudi | Kamis, 7 September 2017 - 21:07 WIB

IMG-6541

Wali Kota Bandung saat meluncurkan aplikasi e-Punten.KiniNews/Yayan A Brillyana.

BANDUNG, kini.co.id – Pemerintah Kota Bandung meluncurkan e-Punten atau Aplikasi Pendaftaran Penduduk Tidak Permanen sebagai solusi untuk melakukan pendataan penduduk.

Pendataan tersebut untuk mengetahui mana saja yang warga asli Bandung dan warga bukan asli Bandung tetapi tinggal di kota Bandung. Baik itu alasannya untuk bekerja ataupun sekolah.

“Mulai hari ini siapa saja yang datang ke Bandung dan mau menetap lebih dari enam bulan, serta tujuannya ingin menjadi mahasiswa ataupun pekerja yang dimana KTP aslinya masih berdomisili dengan KTP kota yang lama, tolong segera untuk memberi tahu indentitas anda agar bisa terdata dengan baik,” kata Walikota Bandung, Ridwan Kamil dalam peluncuran e-Punten di Hotel Harris, Bandung, Kamis (7/9).

Ridwan Kamil menambahkan, untuk mengisi data kependudukan tersebut caranya mudah, cukup dengan download e – PunTEN di play store, setelah itu diisi data datanya.

“Dengan melakukan seperti itu, bisa diketahui jumlah masyarakat yang tinggal di Bandung yang bukan KTP Bandung,”tutur kang Emil.

Menurutnya hal tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan jika terjadi masalah.

“Ini merupakan bagian upaya keamanan, misalkan berada di wilayah radikan atau terorisme bisa kita deteksi juga. Sehingga dengan mudah bisa merazia atau cek. Jadi jika orang mana saja yang tidak terdaftar berarti itu yang haru kita waspadai,”jelasnya.

Kang Emil berharap, dengan teknologi seperti ini bisa memberikan identitas data yang cepat dan jelas.

“Mudah-mudahan dengan teknologi ini bisa memudahkan urusan urusan kependudukan,”pungkasnya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Bandung Popong W. Nuraeni menyampaikan, penduduk luar kota Bandung yang ingin tinggal di Bandung dan tidak ingin merubah identitas bersangkutan maka e – PunTEN ini salah satu caranya.

“e – PunTEN merupakan aplikasi dimana Pendaftaran penduduk tidak permanen bisa dilakukan untuk warga luar kota Bandung,”jelasnya.

Ditambahkan Popong, mengakses e – PunTEN cukup mudah, dengan download di Play Store dan melakukan pendaftaran atau bisa lewat web epunten.bandung.go.id yang merupakan aplikasi untuk pendaftaran penduduk tidak permanen.

“Mau tinggal di Bandung lebih dari 6 bulan KTP tidak ingin diganti maka harus gunakan e-PunTEN,” tambahnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 01:09 WIB

Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar rekonstruksi aksi teror penyerangan Pos Jaga Pintu 3 Mapolda, Jumat (20/10).Reka ulang yang ...
Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 23:17 WIB

Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati

Sungguh ironis nasib yang dialami Warga Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Firiani. Ia bersama anaknya yang baru saja lahir tidak ...
Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 22:31 WIB

Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis

Setelah sempat terkenal brutal mengeroyok wartawan, kini oknum Satpam USU diduga kembali terlibat dalam tindak kekerasan.Seorang mahasiswa bernama Imanuel Silaban ...
Kapolda bersama Gubsu komitmen awasi penggunaan dana desa
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 19:59 WIB

Kapolda bersama Gubsu komitmen awasi penggunaan dana desa

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw bersama Gubsu Tengku Erry Nuradi menyatakan komitmennya bersama untuk mengawasi penggunaan dana desa yang ...
Hindari Konflik, Polisi dan TNI Senam Bareng
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 18:42 WIB

Hindari Konflik, Polisi dan TNI Senam Bareng

Anggota Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota dan Kodim 0507 BKS Bekasi, Jumat (20/10/2017), menggelar olah raga bersama. Kegiatan dilaksanakan di ...
Sah! APBD Perubahan Kota Bekasi Rp 5,7 Triliun
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 17:21 WIB

Sah! APBD Perubahan Kota Bekasi Rp 5,7 Triliun

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 Kota Bekasi resmi diketuk dalam rapat paripurna.Dalam rapat tersebut DPRD Kota ...