Monday, 23 July 2018 | 03.36 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Banyak Masalah, Pemprov Sumut Dukung RUU Geologi

Banyak Masalah, Pemprov Sumut Dukung RUU Geologi

Tuesday, 5 September 2017 - 17:40 WIB

IMG-6516

Plt Sekda Sumut, Ibnu Hutomo Membuka seminar uji sahih dalam rangka penyusunan RUU tentang penyelenggaran kegeologian, Selasa (5/9). KiniNews/HA Nasution.

MEDAN, kini.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mendukung disahkannya RUU Penyelenggaraan Kegeologian yang diusulkan Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

RUU ini diharapkan nantinya dapat menjadi aturan yang tegas terhadap masalah kegeologian di Sumut.

Demikian hal ini dikatakan Plt Sekda Provsu, Ibnu Hutomo saat membuka Seminar Uji Sahih dalam rangka penyusunan RUU tentang Penyelenggaraan Kegeologian yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan Institut Teknologi Medan (ITM), di Gedung Bina Graha, Selasa (5/9).

“Pada dasarnya kami mendukung RUU ini, apalagi Sumut banyak masalah soal geologi. Memang dibutuhkan, terlebih Sinabung yang masih terus mengalami erupsi,” kata Ibnu.

Oleh karena itulah, Ibnu berharap dengan adanya seminar uji shahih terkait RUU ini nantinya akan dapat memberikan masukan kepada tim sehingga RUU ini dapat dirincikan dengan baik dan dapat menjadi UU yang bermanfaat bagi Sumut dan Indonesia nantinya.

Rektor Institut Teknologi Medan (ITM) Dr Ir Mahrizal Masri MT menyatakan, UU ini sangat bermanfaat bagi Indonesia. Terlebih banyak daerah yang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut soal geologi tersebut. Termasuk di Sumatera Utara.

“Di Sumut katanya masih ada gunung merapi aktif di bawah Danau Toba. Dan ini perlu penelitian lebih lanjut. Di sinilah pentingnya UU Geologi itu,” sebutnya.

Bukan hanya itu, ia juga menyebutkan, pentingnya UU Geologi ini agar pemerintah mempunyai ekseskusi dan pegangan kuat jika terjadi bencana.

Dijelaskannya, selama ini ketika ada bencana, pemerintah baru sibuk untuk membuat aturan. Padahal, seperti di luar negeri, kawasan wisata yang rentan dengan bencana harusnya dapat dibuat menjadi kawasan yang steril tidak ada masyarakat yang berdomisili di sekitar itu.

“Sehingga ketika ada bencana tidak ada masyarakat yang menjadi korban seperti halnya di luar negeri. Ada aturan yang tegas terhadap hal itu. Inilah kita harapkan dapat diatur dalam UU ini,” jelas Mahrizal.

Sementara itu, Ketua Komite II DPD, Parlindungan Purba yang menginisiasi kegiatan ini menyebutkan jika saat ini ada dua RUU yang diusulkan Komite II DPD RI. Selain RUU Penyelenggaraan Kegeologian, komite II DPD RI juga telah mengusulkan RUU Energi Terbarukan.

“Hasil dari pembahasan ini akan kita sampaikan ke paripurna dan singkronkan ke PPU (panitia pembuat undang-undang),” katanya.

Ditambahkannya, hasil seminar uji shahih ini, tidak hanya disampaikan ke rapat paripurna, melainkan nantinya juga akan disampaikan ke pemerintah dan DPR.

“Nanti kita buat argumennya. Karena hari ini pembahasannya bukan hanya di Medan. Melainkan juga dibahas di Makassar. Kebetulan di Medan kita bekerja samanya dengan ITM,” kata Parlindungan.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...