Senin, 19 Februari 2018 | 12.51 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Kasus Korupsi Disdik Sumut Naik Penyidikan

Kasus Korupsi Disdik Sumut Naik Penyidikan

Minggu, 3 September 2017 - 14:18 WIB

IMG-6494

Kantor Disdik Provinsi Sumatera Utara. Foto Istimewa

MEDAN, kini.co.id – Kasus dugaan korupsi pengelolaan program perluasan akses dan peningkatan mutu Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan TA 2010-2011 melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, bakal memasuki tahap ke penyidikan.

Saat ini, pihak Kejati Sumut yang sudah memeriksa tiga saksi mulai dari mantan Kadisdik dan dua anak buahnya masih menunggu petunjuk Kejaksaan Agung.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sumut Sumanggar Siagian, di Medan, Ahad (3/9), mengatakan hasil pemeriksaan tersebut, telah dikirimkan seluruhnya ke Kejaksaan Agung (Kejagung).

Pihak Kejati Sumut, menurut dia, sampai saat ini masih menunggu instruksi dari Kejagung mengenai kelanjutan kasus dugaan korupsi yang terjadi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumut.

“Karena, kasus tersebut awalnya ditangani oleh Kejagung dan kemudian diserahkan ke Kejati Sumut untuk dilakukan pemeriksaan. Dan setelah selesai diperiksa, maka kemudian dikembalikan lagi ke Kejagung,” ujar Sumanggar.

Penyidik Kejati Sumut kata dia sudah melakukan pemeriksaan saksi mantan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut, MZ, RS, Kasubag Keuangan dan Pejabat Penguji/Penandatangan surat membayar Disdik Sumut, dan ZH, Kabid Pendidikan Non Formal dan In Formal Disdik Sumut.

Ketiga saksi itu, dimintai keterangan penyidik Pidsus Kejati Sumut, pada bulan Mei 2017.

“Selain itu, Kejati Sumut juga telah memeriksa Mantan Kadisdik Sumut, SS, bersama AS, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Disdik Sumut dan BS, Kabid Pendidikan Non Formal dan In Formal Disdik Sumut,” ucapnya.

Sumanggar menjelaskan, kemudian mantan Kadisdik Kabupaten Deliserdang, yakni SM, dan NS. Dan jumlah saksi yang dimintai keterangan sebanyak 21 orang.

Pemeriksaan sejumlah saksi-saksi tersebut, untuk meminta keterangan dan klarifikasi atas kasus dugaan korupsi di Disdik Sumut.

Kasus dugaan korupsi yang terjadi di lingkungan pendidikan di Provinsi Sumut ini masih status tahap penyelidikan atau (lidik).

“Tidak tertutup kemungkinan, dari hasil temuan penyelidikan Kejati Sumut, akan ditingkatkan menjadi penyidikan atau (dik) dan selanjutnya penetapan tersangka,” tandasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...
Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax
Jawa Barat - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:32 WIB

Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax

Aparat Kepolisian Resort (Polres) Majalengka, Jawa Barat memastikan jika kabar seorang muadzin di wilayahnya dibunuh oleh orang gila yang viral ...
Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah
Sumatera Utara - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:00 WIB

Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah

Drum band corps Swatami SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu berencana mengikuti kejuaraan Marching Band Competition yang di selenggarakan oleh pesantren ...