Sabtu, 21 Oktober 2017 | 02.37 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Medan Siap Gelar O2SN 2017 Tingkat Nasional

Medan Siap Gelar O2SN 2017 Tingkat Nasional

Kamis, 31 Agustus 2017 - 20:22 WIB

IMG-6487

Kepala Dinas Pendidikan Provsu Arsyad Lubis didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus memberikan keterangan pers pada konferensi pers di Presroom Kantor Gubsu, Kamis (31/8). KiniNews/HA Nasution.

MEDAN, kini.co.id – Pelaksanaan Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2017 di Medan, Sumatera Utara siap digelar yang akan berlangsung 3-9 September 2017. Segala persiapan saat ini sudah mencapai 90 persen.

Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas inas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Arsyad Lubis dalam keterangan persnya kepada awak media didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Illyas Sitorus pada temu pers di pressroom kantor Gubernur Sumut, Kamis (31/8).

“Persiapan pelaksanaan O2SN 2017 Tingkat Nasional 3-8 September di Kota Medan ini, kita bekerjasama dengan pihak ketiga. Mulai dari transportasi, konsumsi, seremoni dan lainnya. Dan kekurangannya dilengkapi pihak daerah, seperti bidang kesehatan dan penginapan,” kata Arsyad.

Dijelaskannya, O2SN 2017 tingkat Nasional di Kota Medan akan diikuti 34 propinsi dengan jumlah peserta 1904 siswa.

Dengan rincian 408 peserta SD, 340 peserta SMP, 544 peserta SMA dan 306 peserta pendidikan khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKLK). Dari Sumut sendiri, sebanyak 49 atlit akan diturunkan.

“Seluruh peserta lomba dalam O2SN 2017 merupakan pemenang O2SN pada tingkat provinsi yang merupakan siswa siswi sekolah negeri dan swasta. Diperkirakan sedikitnya 4.543 orang akan terlibat dalam event O2SN 2017 yang terdiri dari peserta lomba, official, pendamping, pembina, juri/wasit, panitia pusat dan daerah,’ terangnya.

Disebutkan, perhelatan yang mengangkat tema ‘Membangun Generasi Tangguh Menjunjung Sportivita’ ini akan tersebar di berbagai lokasi yang dipusatkan di GOR Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar.

“Beberapa cabang olahraga yang diperlombakan yaitu, atletik, renang, senam, bulutangkis, pencak silat, karate, catur, bocce, dan balap kursi roda,” ungkapnya.

Arsyad juga menjelaskan, diprediksi sekitar tanggal 2 September, para kontingen peserta lomba akan sudah masuk ke Kota Medan melalui Bandara Kualanamu.

Seluruh peserta akan disambut oleh panitia penyelenggara dan mengarahkan serta mengantar setiap kontingen ke sekretariat masing-masing jenjang pendidikan.

“Seluruh informasi lomba dapat diakses melalui website www.o2snsumutpaten2017.com maupun data centre yang akan dibuka di Hotel Polonia,”ujarnya.

Usai dihelatnya ajang nasional ini, sambung Arsyad, panitia lokal provinsi Sumut akan memperkenalkan potensi pariwisata daerah. Yakni dengan membawa peserta ke sejumlah objek wisata di Kota Medan.

“Istana Maimun, Museum Negeri Medan, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery dan Theme Park,” pungkasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 01:09 WIB

Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar rekonstruksi aksi teror penyerangan Pos Jaga Pintu 3 Mapolda, Jumat (20/10).Reka ulang yang ...
Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 23:17 WIB

Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati

Sungguh ironis nasib yang dialami Warga Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Firiani. Ia bersama anaknya yang baru saja lahir tidak ...
Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 22:31 WIB

Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis

Setelah sempat terkenal brutal mengeroyok wartawan, kini oknum Satpam USU diduga kembali terlibat dalam tindak kekerasan.Seorang mahasiswa bernama Imanuel Silaban ...
Kapolda bersama Gubsu komitmen awasi penggunaan dana desa
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 19:59 WIB

Kapolda bersama Gubsu komitmen awasi penggunaan dana desa

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw bersama Gubsu Tengku Erry Nuradi menyatakan komitmennya bersama untuk mengawasi penggunaan dana desa yang ...
Hindari Konflik, Polisi dan TNI Senam Bareng
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 18:42 WIB

Hindari Konflik, Polisi dan TNI Senam Bareng

Anggota Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota dan Kodim 0507 BKS Bekasi, Jumat (20/10/2017), menggelar olah raga bersama. Kegiatan dilaksanakan di ...
Sah! APBD Perubahan Kota Bekasi Rp 5,7 Triliun
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 17:21 WIB

Sah! APBD Perubahan Kota Bekasi Rp 5,7 Triliun

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 Kota Bekasi resmi diketuk dalam rapat paripurna.Dalam rapat tersebut DPRD Kota ...