Rabu, 20 September 2017 | 00.06 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Dorong Minat Baca, Pemprov Sumut Akan Gelar Buku 2017

Dorong Minat Baca, Pemprov Sumut Akan Gelar Buku 2017

Jumat, 25 Agustus 2017 - 23:20 WIB

IMG-6432

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu Ferlin Nainggolan didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus.dalam konferensi persnya di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (25/8). Menyampaikan Pemprov Sumut akan mengadakan Gelar Buku 2017 pekan depan. KiniNews/AH Nasution.

MEDAN, kini.co.id – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara, Ferlin H Nainggolan mengatakan sebagai daerah yang telah mendeklarasikan sebagai provinsi literasi.

Dinas Perpustakaan dan Arsip, menginisiasi dalam mendongkrak minat baca dengan mengadakan Gelar Buku 2017 selama tiga hari mulai Senin (28/8) hingga Rabu (30/8) mendatang. Kegiatan diadakan di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Jl. Brigjen Katamso Medan.

“Kegiatan ini untuk menyalurkan virus-virus membaca kepada masyarakat. Apalagi Mei lalu kita sudah mendeklarasikan diri sebagai provinsi literasi. Kita provinsi ke empat dan disusul nantinya Makassar yang juga akan mendeklarasikan dirinya sebagai provinsi literasi,” kata Ferlin dalam konferensi pers di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (25/8).

Selain menyalurkan virus membaca, Ferlin menegaskan kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menanamkan budaya membaca masyarakat. Menjadikan membaca buku sebagai kebutuhan pokok masyarakat.

“Budaya baca ini harus dikembangkan. Kita sudah banyak memiliki koleksi-koleksi buku. Apalagi ke depan kita juga mengikuti perpustakaan dalam kompetisi perpustakaan terbaik di Indonesia,” sebutnya.

Untuk di beberapa kabupaten kota, budaya membaca ini sudah mulai banyak dicanangkan oleh masyarakat. Salah satunya masyarakat di Labuhanbatu yang sudah membuat Becak Buku (Bebuk).

“Nanti mereka juga datang di acara Gelar Buku 2017 ini. Karena selain Labuhanbatu, masyarakat dari Tebingtinggi, Sergei, dan kabupaten/kota lainnya kita libatkan dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Ferlin juga menyebutkan kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat Sumatera Utara. Apalagi, saat acara akan dilakukan discount secara besar-besaran hingga 60 persen oleh penerbit.

“Tentunya, masyarakat Sumut bisa memborong buku-buku yang diminati,” pungkasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Diguyur hujan, peserta jalan sehat Haornas Labura tetap antusias
Sumatera Utara - Selasa, 19 September 2017 - 19:00 WIB

Diguyur hujan, peserta jalan sehat Haornas Labura tetap antusias

Antusias peserta dalam mengikuti gerak jalan santai memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) tak bisa terbendung walaupun hujan mengguyur deras mereka ...
Tengku Erry dicoret, PAN usulkan Eddy dan JR Saragih sebagai balongub Sumut
Sumatera Utara - Selasa, 19 September 2017 - 18:41 WIB

Tengku Erry dicoret, PAN usulkan Eddy dan JR Saragih sebagai balongub Sumut

Nama Tengku Erry Nuradi dicoret sebagai bakal calon gubernur pada Pilgub Sumut 2018 mendatang oleh Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera ...
Densus 88 geledah rumah terduga teroris IM di Majalengka
Jawa Barat - Selasa, 19 September 2017 - 18:21 WIB

Densus 88 geledah rumah terduga teroris IM di Majalengka

Tim gabungan Densus 88 Mabes Polri, Tim Specialis Respon Tystim (SRT) Polres Cirebn Kota, tim Polres Majalengka melakukan penggeledahan terhadap ...
Incar polisi, terduga teroris Cirebon satu jaringan dengan pelaku Bom Thamrin
Jawa Barat - Selasa, 19 September 2017 - 17:44 WIB

Incar polisi, terduga teroris Cirebon satu jaringan dengan pelaku Bom Thamrin

Terduga teroris IM (31) yang ditangkap sesaat sebelum kedatangan Presiden Jokowi dalam acara Festival Keraton Nusantara XI 2017 di Kota ...
Densus 88 amankan terduga teroris jaringan Aman Abdurrahman di Cirebon
Jawa Barat - Senin, 18 September 2017 - 20:31 WIB

Densus 88 amankan terduga teroris jaringan Aman Abdurrahman di Cirebon

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap IM (33), warga Blok Juma'ah RT 002/012 Desa Burujul Wetan, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka, ...
Tim saber pungli ciduk PNS kabupaten Bekasi
Jawa Barat - Senin, 18 September 2017 - 19:22 WIB

Tim saber pungli ciduk PNS kabupaten Bekasi

Salah seorang staff pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) ...