Senin, 19 Februari 2018 | 12.27 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Dorong Minat Baca, Pemprov Sumut Akan Gelar Buku 2017

Dorong Minat Baca, Pemprov Sumut Akan Gelar Buku 2017

Jumat, 25 Agustus 2017 - 23:20 WIB

IMG-6432

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu Ferlin Nainggolan didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus.dalam konferensi persnya di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (25/8). Menyampaikan Pemprov Sumut akan mengadakan Gelar Buku 2017 pekan depan. KiniNews/AH Nasution.

MEDAN, kini.co.id – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara, Ferlin H Nainggolan mengatakan sebagai daerah yang telah mendeklarasikan sebagai provinsi literasi.

Dinas Perpustakaan dan Arsip, menginisiasi dalam mendongkrak minat baca dengan mengadakan Gelar Buku 2017 selama tiga hari mulai Senin (28/8) hingga Rabu (30/8) mendatang. Kegiatan diadakan di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Jl. Brigjen Katamso Medan.

“Kegiatan ini untuk menyalurkan virus-virus membaca kepada masyarakat. Apalagi Mei lalu kita sudah mendeklarasikan diri sebagai provinsi literasi. Kita provinsi ke empat dan disusul nantinya Makassar yang juga akan mendeklarasikan dirinya sebagai provinsi literasi,” kata Ferlin dalam konferensi pers di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (25/8).

Selain menyalurkan virus membaca, Ferlin menegaskan kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menanamkan budaya membaca masyarakat. Menjadikan membaca buku sebagai kebutuhan pokok masyarakat.

“Budaya baca ini harus dikembangkan. Kita sudah banyak memiliki koleksi-koleksi buku. Apalagi ke depan kita juga mengikuti perpustakaan dalam kompetisi perpustakaan terbaik di Indonesia,” sebutnya.

Untuk di beberapa kabupaten kota, budaya membaca ini sudah mulai banyak dicanangkan oleh masyarakat. Salah satunya masyarakat di Labuhanbatu yang sudah membuat Becak Buku (Bebuk).

“Nanti mereka juga datang di acara Gelar Buku 2017 ini. Karena selain Labuhanbatu, masyarakat dari Tebingtinggi, Sergei, dan kabupaten/kota lainnya kita libatkan dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Ferlin juga menyebutkan kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat Sumatera Utara. Apalagi, saat acara akan dilakukan discount secara besar-besaran hingga 60 persen oleh penerbit.

“Tentunya, masyarakat Sumut bisa memborong buku-buku yang diminati,” pungkasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...
Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax
Jawa Barat - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:32 WIB

Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax

Aparat Kepolisian Resort (Polres) Majalengka, Jawa Barat memastikan jika kabar seorang muadzin di wilayahnya dibunuh oleh orang gila yang viral ...
Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah
Sumatera Utara - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:00 WIB

Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah

Drum band corps Swatami SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu berencana mengikuti kejuaraan Marching Band Competition yang di selenggarakan oleh pesantren ...