Senin, 19 Februari 2018 | 12.42 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Dihadapan Pengungsi Sinabung, Tito Sebut Karo Miliki Peradaban yang Tinggi

Dihadapan Pengungsi Sinabung, Tito Sebut Karo Miliki Peradaban yang Tinggi

Reporter : Nur Fatimah | Kamis, 24 Agustus 2017 - 16:29 WIB

IMG-6418

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan bantuan kepada pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung, Kamis (23/8). KiniNews/Nur Fatimah.

KARO, kini.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan kesan yang mendalam bagi masyarakat Kabupaten Karo, Sumatera Utara memiliki peradaban yang tinggi.

Salah satu ciri peradaban tinggi itu, kata Tito diawali dengan salam atau greeting dan diakhiri dengan ucapan bujur melala atau terima kasih. Greeting ini tidak dimilki semua daerah.

“Karo, Sumatera Utara ini selalu ada kata didepannya salam, seperti Horas, Mejuah Juah dan belakangnya Bujur Melala. Ini menunjukkan masyarakat dengan peradaban tinggi,” ungkap Tito di Lapangan Samura Kabanjahe, Kab.Karo, Sumut, Kamis (24/8).

Kehadirannya Tito kali ini dalam rangka Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan bagi korban pengungsi dan masyarakat yang terkena dampak dari erupsi Gunung Sinabung.

“Tujuan utama untuk memberi pesan simbolis. Selaku pimpinan polisi saya peduli kepada masyarakat di sini. Kedepankan komunikatif dan persuasif,” kata Tito.

Selain itu Tito menegaskan faktor kedua, masalah penting untuk diselesaikan terkait pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung yang sudah berlangsung 7 tahun dan sampai saat ini belum berahir. Polri prinsipnya hanya membantu pihak pemerintah, melalui dialog untuk mencairkan kebekuan.

‎Kapolri juga menginstruksikan seluruh jajaran kepolisian untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat agar situasi kamtibmas kondusif dan tertib.

Dalam kesempatan tesrebut hadir juga Kapolda Sumut, Irjen Paulus Waterpauw beserta Ketua Daerah Bhayangkari Sumut, Ny. Roma Megawanti Pasaribu Waterpauw, Wakapolda Sumut Brigadir Jendral Agus Andrianto, Ka BNNP Sumut, Kapolrestabes Medan dan Kapolres Dairi.

Kedatangan rombongan itu disambut langsung Bupati Kab. Karo, Terkelin Brahmana, Kapolres Tanah Karo, AKBP Rio Nababan, Dandim Tanah Karo, Letkol Inf. Agustatius Sitepu.

Adapun kegiatan bakti kesehatan, antara lain pengobatan umum, pengobatan gigi, UKGS, pelayanan KB, Khitan, bedah minor, donor darah, laboratorium dan golongan darah, skrening mata.

Selain itu pelayanan kesehatan Spesialis jantung dan pembuluh darah, spesialis penyakit dalam, spesialis paru, spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis bedah, spesialis kulit dan kelamin, spesiali mata, spesialis anak, spesialis THT, spesialis jiwa dan psikologi.

Polri menyediakan peralatan medis berupa rongtgent 5 unit, peralatan USG 2 unit, peralatan EKG 10 unit, peralatan Dental 10 unit, peralatan KB 4 unit, peralatan laboratorium 4 unit dan peralatan bedah minor 7 unit, peralatan khitan 13 set. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...
Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax
Jawa Barat - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:32 WIB

Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax

Aparat Kepolisian Resort (Polres) Majalengka, Jawa Barat memastikan jika kabar seorang muadzin di wilayahnya dibunuh oleh orang gila yang viral ...
Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah
Sumatera Utara - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:00 WIB

Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah

Drum band corps Swatami SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu berencana mengikuti kejuaraan Marching Band Competition yang di selenggarakan oleh pesantren ...