Senin, 19 Februari 2018 | 12.16 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Thailand Lirik Pasar Makanan di Sumut

Thailand Lirik Pasar Makanan di Sumut

Reporter : Fauzan | Rabu, 23 Agustus 2017 - 12:16 WIB

IMG-6403

Durian ucok, sebagai salah satu buah penunjang wisata di Medan. Istimewa

MEDAN, kini.co.id
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Satun, Thailand, menjajaki kerja sama perdagangan makanan olahan, terutama yang berkaitan dengan potensi pasar dan pariwisata.

Wakil Gubernur Satun, Sr Col Arthit Aroomchoot di Medan, Selasa (22/8) mengatakan, pihaknya ingin menjajaki potensi pasar berbagai produk makanan olahan di wilayah Sumut.

“Kami ingin melihat langsung potensi dan bertemu pengusaha produk makanan olahan di sini untuk menjajaki kerja sama,” katanya.

Ia berharap aneka produk makanan olahan provinsi itu bisa dipasarkan di Sumut dan sebaliknya produk Sumut bisa masuk ke Satun.

Arthit menegaskan, pengusaha di daerahnya sebagian besar sudah memproduksi dan memiliki sertifikat halal sehingga tidak ada masalah untuk dipasarkan di Sumut.

“Selain kerja sama dagang, daerah kami, Satun, berharap bisa bekerja sama sektor pariwisata dengan Sumut,” katanya.

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menyambut gembira dan mendukung upaya peningkatan hubungan perdagangan antara daerahnya dengan Provinsi Satun Thailand.

“Potensi daerah kita dan Satun sama-sama cukup besar untuk bisa membina hubungan perdagangan dan pariwsata yang saling menguntungkan,” katanya.

Memurut Erry, jarak yang dekat antara Sumut dan Satun juga memungkinkan untuk membuka jalur pelayaran Ro-Ro atau kapal yang bisa memuat kendaraan antara pelabuhan Belawan-Pelabuhan Tamalang di Satun.

“Konektivitas itu akan memberikan peluang besar bagi daerah kita dan Satun dalam meningkatkan hubungan perdagangan dan pariwisata,” tegas Erry.

Wakil Konsul Indonesia di Songkhla Gamma Arifian Siddik yang turut mendampingi mengatakan penjajakan konektivitas laut Sumut- Satun melalui pelabuhan Belawan- Pelabuhan Tamalang (Satun) dalam rangka menciptakan rute pelayaran dan perdagangan baru.

Seperti Konektivitas Laut Indonesia-Filipina dengan menggunakan Kapal RoRo Rute Bitung-Davao/General Santos yang sudah berjalan, maka untuk Indonesia-Thailand konektivitas Belawan-Tamalang menurutnya cukup berpotensi.

“Jika pada Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East Asean Grouth Areal (BIMP-EAGA) sudah melahirkan konektivitas roro Indonesia-Filifina, maka untuk The Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) layak digagas hal serupa melalui feri roro Bitung -General Santos, kita juga Ingin ada roro Satun -Sumut,”tambahnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 21:38 WIB

Eldin Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menghadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Minggu ( 28/2) di ...
WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate
Sumatera Utara - Minggu, 18 Februari 2018 - 13:51 WIB

WaliKota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Little India Gate

WaliKota Medan, Dzulmi Eldin meletakkan batu pertama pembangunan Little India Gate di persimpangan Jalan Zainul Arifin-T Umar Medan, Minggu (18/2). ...
Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU
Jawa Barat - Minggu, 18 Februari 2018 - 07:22 WIB

Cukur 2500 Kepala, Tukang Cukur Garut Deklarasi Dukung RINDU

Sebanyak 300 orang tukang cukur yang tergabung dalam Persaudaraan Pangkas Rambut Garut (PPRG) mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan ...
Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara
Jawa Tengah - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:40 WIB

Ganjar blusukan datangi warga di pasar Bangsri, Jepara

Calon gubernur Ganjar Pranowo menyapa masyarakat di Jepara, Jawa Tengah. Ganjar mendatangi warga di Pasar Bangsri di hari kedua masa ...
Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax
Jawa Barat - Sabtu, 17 Februari 2018 - 17:32 WIB

Polisi pastikan isu pembunuhan muadzin oleh orang gila di Majalengka adalah hoax

Aparat Kepolisian Resort (Polres) Majalengka, Jawa Barat memastikan jika kabar seorang muadzin di wilayahnya dibunuh oleh orang gila yang viral ...
Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah
Sumatera Utara - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:00 WIB

Drum band SMA Mulankuh siap ikuti kompetisi di Ar Raudiatul Hasanah

Drum band corps Swatami SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu berencana mengikuti kejuaraan Marching Band Competition yang di selenggarakan oleh pesantren ...