Selasa, 19 September 2017 | 23.56 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>PDI-P Kota Bekasi Enggan Berkoalisi dengan Golkar

PDI-P Kota Bekasi Enggan Berkoalisi dengan Golkar

Reporter : Ardiansyah | Jumat, 18 Agustus 2017 - 23:26 WIB

IMG-6368

Ilustrasi bendera PDIP (Ist)

BEKASI, kini.co.id – Meski DPD DI-Perjuangan Jawa Barat menyatakan koalisi dengan Partai Golkar di 12 Kabupaten/Kota untuk menghadapi pilkada serentak.

Namun langkah itu belum sepenuhnya dituruti Kabupaten/Kota, seperti halnya DPC PDIP Kota Bekasi yang enggan berkoalisi dengan Partai Golkar pada Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang.

Wakil Ketua PDIP Kota Bekasi, Ricky Tambunan mengaku yakin jika partai besutan Megawati Soekarno Putri itu mampu memenangkan Pilkada, tanpa harus berkoalisi dengan partai berlambang beringin.

“Kita tidak ingin mengulang kesalahan yang sama dengan berkoalisi bersama Partai Golkar seperti pada Pilkada 2008 lalu,” ujar Ricky, Jumat (18/8).

Ricky menegaskan, PDIP yang memiliki 12 kursi di legislatif, dan itu sudah menjadi modal untuk mengusung calon pada Pilkada Kota Bekasi 2018.

“Buat apa harus mengemis ke Golkar. Justru, Rahmat Effendi yang harus meminta partner koalisi, karena kursi Golkar belum mencukupi untuk mengusung calon,” tegasnya.

Ia meyakini jika Rahmat Effendi sebagai calon petahana masih dapat dikalahkan pada perhelatan pesta demokrasi daerah lima tahunan itu.

“Dia (Rahmat Effendi) tidak kuat-kuat amat. Jelas, petahana pasti memiliki keuntungan, tapi pasti ada celah untuk dikalahakan. Jadi, kami yakin calon dari PDIP nanti akan mengalahkan petahana,” tegas dia.

Wakil sekretaris DPC PDIP Kota Bekasi, Denny Brata Affandi, mengungkapkan hingga kini belum ada intruksi apapun dari tingkat pusat untuk berkoalisi dengan Golkar di Kota Bekasi.

“Belum ada intruksi. Kalaupun di Golkar ada intruksi bisa saja. Tapi di PDIP belum ada sama sekali,” ungkap Brata sapaan akrabnya.

Menurutnya, DPP PDIP hanya mengintruksikan jika partai berlambang banteng itu harus menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya, bukan hanya dengan Golkar.

“Kalau komunikasi dan penjajakan dengan parpol lain itu memang keharusan. Bukan hanya dengan Golkar. Dengan PPP, PAN, Demokrat, Hanura, Gerindra, PKS juga kita komunikasi,” tuturnya.

Brata melanjutkan, PDIP memiliki keuntungan dengan peraihan 12 kursi di DPRD. Jadi meskipun pada akhirnya tanpa koalispun tidak akan ada masalah.

“Tapi kita tetap berharap berkoalisi dengan sejumlah parpol. Tapi jika nanti tidak berkoalisipun kursi kita sudah memenuhi syarat untuk mengusung paslon,” tandasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Diguyur hujan, peserta jalan sehat Haornas Labura tetap antusias
Sumatera Utara - Selasa, 19 September 2017 - 19:00 WIB

Diguyur hujan, peserta jalan sehat Haornas Labura tetap antusias

Antusias peserta dalam mengikuti gerak jalan santai memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) tak bisa terbendung walaupun hujan mengguyur deras mereka ...
Tengku Erry dicoret, PAN usulkan Eddy dan JR Saragih sebagai balongub Sumut
Sumatera Utara - Selasa, 19 September 2017 - 18:41 WIB

Tengku Erry dicoret, PAN usulkan Eddy dan JR Saragih sebagai balongub Sumut

Nama Tengku Erry Nuradi dicoret sebagai bakal calon gubernur pada Pilgub Sumut 2018 mendatang oleh Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera ...
Densus 88 geledah rumah terduga teroris IM di Majalengka
Jawa Barat - Selasa, 19 September 2017 - 18:21 WIB

Densus 88 geledah rumah terduga teroris IM di Majalengka

Tim gabungan Densus 88 Mabes Polri, Tim Specialis Respon Tystim (SRT) Polres Cirebn Kota, tim Polres Majalengka melakukan penggeledahan terhadap ...
Incar polisi, terduga teroris Cirebon satu jaringan dengan pelaku Bom Thamrin
Jawa Barat - Selasa, 19 September 2017 - 17:44 WIB

Incar polisi, terduga teroris Cirebon satu jaringan dengan pelaku Bom Thamrin

Terduga teroris IM (31) yang ditangkap sesaat sebelum kedatangan Presiden Jokowi dalam acara Festival Keraton Nusantara XI 2017 di Kota ...
Densus 88 amankan terduga teroris jaringan Aman Abdurrahman di Cirebon
Jawa Barat - Senin, 18 September 2017 - 20:31 WIB

Densus 88 amankan terduga teroris jaringan Aman Abdurrahman di Cirebon

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap IM (33), warga Blok Juma'ah RT 002/012 Desa Burujul Wetan, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka, ...
Tim saber pungli ciduk PNS kabupaten Bekasi
Jawa Barat - Senin, 18 September 2017 - 19:22 WIB

Tim saber pungli ciduk PNS kabupaten Bekasi

Salah seorang staff pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) ...