Rabu, 20 September 2017 | 00.02 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Nurhajizah: Narkoba Sulit Diberantas Karena Ada Keterlibatan Aparat

Nurhajizah: Narkoba Sulit Diberantas Karena Ada Keterlibatan Aparat

Reporter : Nur Fatimah | Senin, 14 Agustus 2017 - 21:17 WIB

IMG-6330

Wagubsu, Nurhajizah saat menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan Balitbang Kementerian Pertahanan, Laksmana TNI Agus Rustandi, bersama Ketua Tim Peneliti Dr. Ernalem Bangun serta timnya di ruangan kerja Nurhajizah, Medan, Senin (14/8). KiniNews/Rian Nasution.

MEDAN, kini.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung menegaskan, peredaran narkoba di Sumut dan di Indonesia secara umummnya menjadi sulit untuk diberantas karena masih adanya keterlibatan aparat di dalamnya.

Oleh karenanya untuk meminimalisir peredaran tersebut, maka aparat mulai dari angkatan laut, angkatan udara, angkatan darat dan Polri harus bersih.

Demikian hal itu diungkapkan Nurhajizah saat menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan Balitbang Kementerian Pertahanan, Laksmana TNI Agus Rustandi, bersama Ketua Tim Peneliti Dr. Ernalem Bangun serta timnya di ruangan kerja Nurhajizah, Medan, Senin (14/8).

Dikatakannya, peredaran narkoba selama ini tidak akan leluasa beredar kalau tidak ada keterlibatan aparat di dalamnya.

“Makanya aparat kita juga harus bersih. Bohong saja kalau narkoba bisa beredar kemana-mana tanpa adanya keterlibatan aparat. Makanya kalau kita berani, kita harus bersih semuanya, mulai dari AL, AD, AU, hingga Polri, jangan ada lagi keterlibatan dalam peredaran narkoba,” tegansya.

Menurutnya, peredaran narkoba sudah sangat massif karena korbannya sudah menyasar ke berbagai lini dan usia.

“Paling kita khawatirkan saat ini adalah anak-anak sekolah kita. Jangan sampai mereka menjadi korban, karena merekalah generasi penerus kita,” ujarnya.

Oleh karena itulah, Nurhajizah mengatakan Pemprovsu akan mengimbau pihak sekolah dalam hal ini yang menjadi kewenangan Pemprovsu yakni SMA/SMK, agar guru-guru di sekolah tidak boleh sembarangan merokok.

“Cikal bakal mengkonsumsi narkoba itu adalah rokok, makanya di sekolah kita juga imbau agar guru-guru tidak boleh sembarangan merokok,” katanya.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan Balitbang Kementerian Pertahanan, Laksmana TNI Agus Rustandi mengatakan, kunjungan kerja yang mereka lakukan ke Sumut ini dalam rangka meneliti darurat narkoba untuk keselamatan bangsa dan keberadaan ISIS di Sumut.

“Untuk penelitian darurat narkoba ini, kami juga sudah ke Samarinda, Riau, Batam, Yogyakarga dan Jakarta,” ujar Agus.

Hal ini dilakukan pihaknya, lanjut Agus sebab berdasarkan survey BNN dan Puslitkes UI tahun 2015, Sumut merupakan peringkat 2 Provinsi dengan prevalensi penyalahgunaan narkoba tertinggi di Indonesia setelah DKI.

“Kalau dari hasil penelitian itu Sumut prevelansinya nomor dua, karena nomor 1 itu DKI, nomor 3 Samarinda dan nomor 4 itu Riau. Selama ini peredaran narkoba sulit kita hindari, karena produsen narkoba dari luar negeri begitu massif. Selain itu, Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga pintu masuk narkoba itu sangat banyak. Apalagi 3 perbatasan darat kita berbatasan dengan negara lain, dan 10 perbatasan laut berbatasan dengan 10 negara,” terangnya.

Diharapkan Agus, dengan kehadiran pihaknya ke Sumut sekaligus melakukan diskusi bersama instansi terkait di Sumut, Selasa (15/8) besok pihaknya dapat memperoleh data sebagai masukan bagi pembuatan model strategi pencegahan kejahatan narkoba.

Sehingga dengan pencegahan efektif akan dapat dilahirkan generasi penerus yang sehat dan menjiwai nilai-nilai bela bangsa, sehingga akan dapat mewujudkan keselamatan bangsa. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Diguyur hujan, peserta jalan sehat Haornas Labura tetap antusias
Sumatera Utara - Selasa, 19 September 2017 - 19:00 WIB

Diguyur hujan, peserta jalan sehat Haornas Labura tetap antusias

Antusias peserta dalam mengikuti gerak jalan santai memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) tak bisa terbendung walaupun hujan mengguyur deras mereka ...
Tengku Erry dicoret, PAN usulkan Eddy dan JR Saragih sebagai balongub Sumut
Sumatera Utara - Selasa, 19 September 2017 - 18:41 WIB

Tengku Erry dicoret, PAN usulkan Eddy dan JR Saragih sebagai balongub Sumut

Nama Tengku Erry Nuradi dicoret sebagai bakal calon gubernur pada Pilgub Sumut 2018 mendatang oleh Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera ...
Densus 88 geledah rumah terduga teroris IM di Majalengka
Jawa Barat - Selasa, 19 September 2017 - 18:21 WIB

Densus 88 geledah rumah terduga teroris IM di Majalengka

Tim gabungan Densus 88 Mabes Polri, Tim Specialis Respon Tystim (SRT) Polres Cirebn Kota, tim Polres Majalengka melakukan penggeledahan terhadap ...
Incar polisi, terduga teroris Cirebon satu jaringan dengan pelaku Bom Thamrin
Jawa Barat - Selasa, 19 September 2017 - 17:44 WIB

Incar polisi, terduga teroris Cirebon satu jaringan dengan pelaku Bom Thamrin

Terduga teroris IM (31) yang ditangkap sesaat sebelum kedatangan Presiden Jokowi dalam acara Festival Keraton Nusantara XI 2017 di Kota ...
Densus 88 amankan terduga teroris jaringan Aman Abdurrahman di Cirebon
Jawa Barat - Senin, 18 September 2017 - 20:31 WIB

Densus 88 amankan terduga teroris jaringan Aman Abdurrahman di Cirebon

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap IM (33), warga Blok Juma'ah RT 002/012 Desa Burujul Wetan, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka, ...
Tim saber pungli ciduk PNS kabupaten Bekasi
Jawa Barat - Senin, 18 September 2017 - 19:22 WIB

Tim saber pungli ciduk PNS kabupaten Bekasi

Salah seorang staff pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) ...