Rabu, 18 Oktober 2017 | 21.45 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Tiga Peluang Investasi Unggulan Jabar Ini Ditawarkan ke Rusia

Tiga Peluang Investasi Unggulan Jabar Ini Ditawarkan ke Rusia

Reporter : Yudi | Kamis, 3 Agustus 2017 - 23:08 WIB

IMG-6239

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan pertemuan dengan Indonesia-Rusia Business Forum 2017 yang berlangsung di di Moskow, Rusia, Kamis (3/8). Pada kesempatan tersebut Aher menawarkan tiga peluang unggulan investasi diantaranya kawasan Bandara Kertajati, Majalengka. KiniNews/Biro Humas Pemprov Jabar.

BANDUNG, kini.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menawarkan tiga peluang investasi unggulannya dihadapan Indonesia-Rusia Business Forum 2017 yang berlangsung di di Moskow, Rusia, Kamis (3/8).

Ketiga unggulan investasi tersebut adalah fasilitas pendukung Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka beserta kawasan Aerocity, kemudian Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Legok Nangka serta Sistem Suplai Air Bersih di Metropolitan Cirebon Raya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama, Taufik Budi Santoso melalui Biro Humas Jawa Barat mengatakan hal itu merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi Provinsi Jawa Barat karena ini adalah ‘protocol of intent’ pertama yang Gubernur Jabar tanda tangan dengan negara di wilayah Eropa Timur.

“Bidang kerja sama yang menjadi fokus kerja sama adalah pariwisata, perdagangan dan investasi yang diharapkan bisa ditingkatkan dari kedua daerah,” kata Taufik dalam keterangan resminya, Kamis (3/8).

Taufiq menyebutkan, bidang berikutnya yang menjadi fokus kerja sama yakni bidang pendidikan tinggi. Bashkortostan memiliki universitas yang memiliki kekhususan di bidang teknik perminyakan yaitu UfaState Petroleum Technological University, sementara Jawa Barat juga memiliki Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan terbaik di Indonesia dalam bidang yang sama.

“Kerja sama ini akan didorong pada double degree program dan joint lecture.

Sedangkan di bidang kesehatan, menurut Taufiq, akan diusulkan kerja sama transfer teknologi dalam peningkatan pelayanan medis bagi masyarakat Jawa Barat serta tentunya akan sangat terbuka untuk mengeksplorasi bidang-bidang lain yang potensial.

Berdasarkankan keterangan Biro Humas Pemprov Jabar, Gubernur Aher memimpin delegasi dalam lawatan kerja ke Rusia untuk memenuhi undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia yang akan menggelar Festival Indonesia (FI) ke-2 pada 4-6 Agustus 2017 di Moskow, Rusia.

Undangan keikutsertaan ini disampaikan langsung Wakil Kepala Perwakilan untuk Rusia di Moskow, Rusia, Lasro Simbolon kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pada Mei 2017 lalu.

Aher yang lawatan ke Rusia juga menghadiri Festival Indonesia ke-2 yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya mempromosikan Trade, Tourism, dan Investment (TTI), serta sosial budaya Indonesia di Rusia. FI kali ini mengangkat Tema: “Visit Wonderful Indonesia: Enjoy It’s Diversity“.

Festival ini sebagai tindak lanjut dari keberhasilan FI pertama yang dilaksanakan di Hermitage Garden, Moskow pada 20-21 Agustus 2016. FI Pertama berhasil menyedot pengunjung sebanyak 68.297 orang.

Aher bertolak dari Indonesia pada Senin (31/7) malam lalu beserta rombongan dijadwalkan selama tujuh hari yakni sampai 7 Agustus mendatang. Kunjungan kerja selama tujuh hari di Rusia ini juga akan dimanfaatkan untuk pertemuan dengan Chief Mufti of Russia, Mr. Talgat Tadzhuddin, Perusahaan Agrikultur Alekseevsky untuk menjalin kerjasama. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Kantor Jamkrindo Unit Madina Diresmikan
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:41 WIB

Kantor Jamkrindo Unit Madina Diresmikan

Kantor Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) unit pelayanan Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (18/10) resmi dibuka secara simbolis oleh Pelaksana teknis (Plt) ...
Hamdalah, 6.429 KK Warga Bekasi Terima Uang Bau
Jawa Barat - Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:26 WIB

Hamdalah, 6.429 KK Warga Bekasi Terima Uang Bau

Sebanyak 6.429 Kartu Keluarga di Kelurahan Cikiwul menerima dana kompensasi atau 'uang bau' dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk triwulan ...
Pak Kapolri, Warga Bekasi Minta Pembangunan Polsek di Wilayah Ini
Jawa Barat - Rabu, 18 Oktober 2017 - 19:21 WIB

Pak Kapolri, Warga Bekasi Minta Pembangunan Polsek di Wilayah Ini

Warga Bekasi Timur meminta agar Kepolisian Republik Indonesia membangun kantor Kepolisian Sektor Bekasi Timur. Soalnya, warga setempat merasa disulitkan untuk ...
Aher: Pemprov Tak Larang Transportasi Daring
Jawa Barat - Rabu, 18 Oktober 2017 - 16:55 WIB

Aher: Pemprov Tak Larang Transportasi Daring

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tidak pernah melarang transportasi berbasis aplikasi online (daring) untuk ...
Jenderal ‘Naga Bonar’ tak bisa penuhi undangan PDIP
Jawa Barat - Rabu, 18 Oktober 2017 - 14:16 WIB

Jenderal ‘Naga Bonar’ tak bisa penuhi undangan PDIP

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan tidak bisa memenuhi undangan dari PDI Perjuangan yang akan mengundang sembilan tokoh potensial sebagai ...
Kota Bekasi Minta Dijadikan Skala Prioritas DKI
Jawa Barat - Rabu, 18 Oktober 2017 - 12:46 WIB

Kota Bekasi Minta Dijadikan Skala Prioritas DKI

Pemerintah Kota Bekasi meminta pada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno agar memandang ...