Senin, 11 Desember 2017 | 07.22 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Tiga Peluang Investasi Unggulan Jabar Ini Ditawarkan ke Rusia

Tiga Peluang Investasi Unggulan Jabar Ini Ditawarkan ke Rusia

Reporter : Yudi | Kamis, 3 Agustus 2017 - 23:08 WIB

IMG-6239

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan pertemuan dengan Indonesia-Rusia Business Forum 2017 yang berlangsung di di Moskow, Rusia, Kamis (3/8). Pada kesempatan tersebut Aher menawarkan tiga peluang unggulan investasi diantaranya kawasan Bandara Kertajati, Majalengka. KiniNews/Biro Humas Pemprov Jabar.

BANDUNG, kini.co.id – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menawarkan tiga peluang investasi unggulannya dihadapan Indonesia-Rusia Business Forum 2017 yang berlangsung di di Moskow, Rusia, Kamis (3/8).

Ketiga unggulan investasi tersebut adalah fasilitas pendukung Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka beserta kawasan Aerocity, kemudian Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Legok Nangka serta Sistem Suplai Air Bersih di Metropolitan Cirebon Raya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama, Taufik Budi Santoso melalui Biro Humas Jawa Barat mengatakan hal itu merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi Provinsi Jawa Barat karena ini adalah ‘protocol of intent’ pertama yang Gubernur Jabar tanda tangan dengan negara di wilayah Eropa Timur.

“Bidang kerja sama yang menjadi fokus kerja sama adalah pariwisata, perdagangan dan investasi yang diharapkan bisa ditingkatkan dari kedua daerah,” kata Taufik dalam keterangan resminya, Kamis (3/8).

Taufiq menyebutkan, bidang berikutnya yang menjadi fokus kerja sama yakni bidang pendidikan tinggi. Bashkortostan memiliki universitas yang memiliki kekhususan di bidang teknik perminyakan yaitu UfaState Petroleum Technological University, sementara Jawa Barat juga memiliki Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan terbaik di Indonesia dalam bidang yang sama.

“Kerja sama ini akan didorong pada double degree program dan joint lecture.

Sedangkan di bidang kesehatan, menurut Taufiq, akan diusulkan kerja sama transfer teknologi dalam peningkatan pelayanan medis bagi masyarakat Jawa Barat serta tentunya akan sangat terbuka untuk mengeksplorasi bidang-bidang lain yang potensial.

Berdasarkankan keterangan Biro Humas Pemprov Jabar, Gubernur Aher memimpin delegasi dalam lawatan kerja ke Rusia untuk memenuhi undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia yang akan menggelar Festival Indonesia (FI) ke-2 pada 4-6 Agustus 2017 di Moskow, Rusia.

Undangan keikutsertaan ini disampaikan langsung Wakil Kepala Perwakilan untuk Rusia di Moskow, Rusia, Lasro Simbolon kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pada Mei 2017 lalu.

Aher yang lawatan ke Rusia juga menghadiri Festival Indonesia ke-2 yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya mempromosikan Trade, Tourism, dan Investment (TTI), serta sosial budaya Indonesia di Rusia. FI kali ini mengangkat Tema: “Visit Wonderful Indonesia: Enjoy It’s Diversity“.

Festival ini sebagai tindak lanjut dari keberhasilan FI pertama yang dilaksanakan di Hermitage Garden, Moskow pada 20-21 Agustus 2016. FI Pertama berhasil menyedot pengunjung sebanyak 68.297 orang.

Aher bertolak dari Indonesia pada Senin (31/7) malam lalu beserta rombongan dijadwalkan selama tujuh hari yakni sampai 7 Agustus mendatang. Kunjungan kerja selama tujuh hari di Rusia ini juga akan dimanfaatkan untuk pertemuan dengan Chief Mufti of Russia, Mr. Talgat Tadzhuddin, Perusahaan Agrikultur Alekseevsky untuk menjalin kerjasama. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pelanggaran HAM di Sumut masih tinggi
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 06:48 WIB

Pelanggaran HAM di Sumut masih tinggi

Kasus pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) di Sumatera Utara masih sangat tinggi dan memprihatinkan. Berdasarkan catatan Komisi Orang Hilang dan ...
Banyak dikeluhkan, penggagas festival durian Sindangwangi 2017 bungkam
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 00:02 WIB

Banyak dikeluhkan, penggagas festival durian Sindangwangi 2017 bungkam

Pihak penggagas dan panitia festival durian Sindangwangi 2017 masih belum memberikan jawaban terkait banyaknya keluhan pengunjung yang sudah membeli tiket ...
PAN usung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2018
Sumatera Utara - Minggu, 10 Desember 2017 - 20:42 WIB

PAN usung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2018

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mencalonkan mantan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi dalam pemilihan gubernur Sumatera Utara 2018.Dukungan ...
Panitia Festival Durian Sindangwangi 2017 bakal diperkarakan
Jawa Barat - Minggu, 10 Desember 2017 - 20:26 WIB

Panitia Festival Durian Sindangwangi 2017 bakal diperkarakan

Banyaknya keluhan masyarakat terkait kekecewaannya saat mengunjungi Festival Durian Sindangwangi 2017 di Pasar Ikan, Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten ...
KLHK segel limbah medis di TPS  Cirebon
Jawa Barat - Minggu, 10 Desember 2017 - 19:27 WIB

KLHK segel limbah medis di TPS Cirebon

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyegel tempat pembuangan sementara (TPS) yang berisikan limbah medis di Cirebon, Jawa Barat. "Saat ini ...
PKS targetkan 51 kursi di DPRD Jabar
Jawa Barat - Minggu, 10 Desember 2017 - 17:07 WIB

PKS targetkan 51 kursi di DPRD Jabar

Ahmad Heryawan mengatakan target anggota legislatif dari partainya dalam Pemilu 2019 mendatang adalah bisa menguasai 51 kursi di DPRD Jawa ...