Saturday, 21 July 2018 | 16.40 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Kanwil DJP Jabar II Jebloskan Penunggak Pajak ke Lapas Karawang

Kanwil DJP Jabar II Jebloskan Penunggak Pajak ke Lapas Karawang

Reporter : Ardiansyah | Thursday, 3 August 2017 - 21:58 WIB

IMG-6237

Kepala Bidang Humas DJP II, Jawa Barat, Adilega Tanius didampingi Kepala KPP Pratama Karawang Selatan, Freddy Hasiholan Sianipar dan Kepala Lapas Kelas IIA Karawang Zaenal Arifin memberikan keterangan pers soal penyandaraan pengusaha penunggak pajak di Bekasi, Kamis (3/8). KiniNews.

BEKASI, kini.co.id – Bos PT CTM, TND dijeblosan ke Lapas Karawang oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat II, melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karawang Selatan.

Tindakan tersebut dilakukan melaksanakan penyanderaan (gijzeling) terhadap yang bersangkutan karena sebagai Wajib Pajak yang memiliki tunggakan pajak sebesar Rp1,9 miliar.

Sebelum dilakukan penyanderaan, terlebih dahulu dilakukan tindakan penagihan secara persuasif terhadap penunggak pajak. Mulai dari penerbitan Surat Teguran (ST), Surat Paksa (SP), Surat Perintah Melakukan Penyitaan (SPMP), pemblokiran rekening, hingga pencegahan Wajib Pajak untuk bepergian ke luar negeri.

“Ini dilakukan untuk memaksa penunggak pajak melunasi kewajibannya,” terang Kepala KPP Pratama Karawang Selatan, Freddy Hasiholan Sianipar di Bekasi, Kamis (3/8).

“Wajib Pajak yang menunggak pajak saat ini masih memiliki harta yang cukup untuk melunasi hutang pajaknya,” tambahnya.

Freddy menjelaskan, pihaknya telah mengajukan izin pelaksanaan penyanderaan atas dua orang penanggung pajak PT CTM, kepada Menteri Keuang pada tanggal 9 Mei 2017.

Penyanderaan terhadap TND dan SNS yang menjabat sebagai Direktur Utama dan Komisaris PT CTM menurut Freddy telah merujuk sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 1997 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa.

Namun karena keduanya suami istri, maka hanya TND yang dijebloskan ke Lapas Karawang.

PT CTM sendiri beralamat di Cikampek Kabupaten Karawang. Sementara domisili dari kedua penanggung pajak ada di Kota Bogor.

Saat upaya sandera akan dilakukan, Kanwil DJP Jawa Barat II dan KPP Pratama Karawang Selatan sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Kota Bogor, Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Sakit setempat.

“Sebelumnya akan ke Malaysia untuk berobat, tapi tidak bisa berangkat karena sudah dicekal. Penunggak pajak yang disandera akan dibebaskan, jika hutang pajaknya dibayar. Jika tidak dia akan terus kami titipkan di Lapas hingga enam bulan kedepan,” kata Freddy.

Hingga saat ini di Kanwil DJP Jawa Barat II telah ada 16 penanggung pajak yang telah melunasi pajaknya dengan nilai Rp 67,9 miliar.

Sementara jumlah usulan penyanderaan dalam tahun 2017 sebanyak 21 penanggung pajak dengan nilai Rp 97,8 miliar.

Saat ini masih tersisa 5 penanggung pajak yang masih dalam proses pantauan gijzeling yang nilainya Rp 29,9 miliar.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jawa Barat - Thursday, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Sumatera Utara - Tuesday, 27 March 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Sumatera Utara - Tuesday, 12 December 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
DKI Jakarta - Tuesday, 12 December 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...
Place your ads here...