Selasa, 12 Desember 2017 | 05.50 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Kanwil DJP Jabar II Jebloskan Penunggak Pajak ke Lapas Karawang

Kanwil DJP Jabar II Jebloskan Penunggak Pajak ke Lapas Karawang

Reporter : Ardiansyah | Kamis, 3 Agustus 2017 - 21:58 WIB

IMG-6237

Kepala Bidang Humas DJP II, Jawa Barat, Adilega Tanius didampingi Kepala KPP Pratama Karawang Selatan, Freddy Hasiholan Sianipar dan Kepala Lapas Kelas IIA Karawang Zaenal Arifin memberikan keterangan pers soal penyandaraan pengusaha penunggak pajak di Bekasi, Kamis (3/8). KiniNews.

BEKASI, kini.co.id – Bos PT CTM, TND dijeblosan ke Lapas Karawang oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat II, melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karawang Selatan.

Tindakan tersebut dilakukan melaksanakan penyanderaan (gijzeling) terhadap yang bersangkutan karena sebagai Wajib Pajak yang memiliki tunggakan pajak sebesar Rp1,9 miliar.

Sebelum dilakukan penyanderaan, terlebih dahulu dilakukan tindakan penagihan secara persuasif terhadap penunggak pajak. Mulai dari penerbitan Surat Teguran (ST), Surat Paksa (SP), Surat Perintah Melakukan Penyitaan (SPMP), pemblokiran rekening, hingga pencegahan Wajib Pajak untuk bepergian ke luar negeri.

“Ini dilakukan untuk memaksa penunggak pajak melunasi kewajibannya,” terang Kepala KPP Pratama Karawang Selatan, Freddy Hasiholan Sianipar di Bekasi, Kamis (3/8).

“Wajib Pajak yang menunggak pajak saat ini masih memiliki harta yang cukup untuk melunasi hutang pajaknya,” tambahnya.

Freddy menjelaskan, pihaknya telah mengajukan izin pelaksanaan penyanderaan atas dua orang penanggung pajak PT CTM, kepada Menteri Keuang pada tanggal 9 Mei 2017.

Penyanderaan terhadap TND dan SNS yang menjabat sebagai Direktur Utama dan Komisaris PT CTM menurut Freddy telah merujuk sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 1997 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa.

Namun karena keduanya suami istri, maka hanya TND yang dijebloskan ke Lapas Karawang.

PT CTM sendiri beralamat di Cikampek Kabupaten Karawang. Sementara domisili dari kedua penanggung pajak ada di Kota Bogor.

Saat upaya sandera akan dilakukan, Kanwil DJP Jawa Barat II dan KPP Pratama Karawang Selatan sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Kota Bogor, Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Sakit setempat.

“Sebelumnya akan ke Malaysia untuk berobat, tapi tidak bisa berangkat karena sudah dicekal. Penunggak pajak yang disandera akan dibebaskan, jika hutang pajaknya dibayar. Jika tidak dia akan terus kami titipkan di Lapas hingga enam bulan kedepan,” kata Freddy.

Hingga saat ini di Kanwil DJP Jawa Barat II telah ada 16 penanggung pajak yang telah melunasi pajaknya dengan nilai Rp 67,9 miliar.

Sementara jumlah usulan penyanderaan dalam tahun 2017 sebanyak 21 penanggung pajak dengan nilai Rp 97,8 miliar.

Saat ini masih tersisa 5 penanggung pajak yang masih dalam proses pantauan gijzeling yang nilainya Rp 29,9 miliar.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Tanggapi Survei Bekasi Institute, Ini Tantangan Lucky Hakim untuk Petahana
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 21:46 WIB

Tanggapi Survei Bekasi Institute, Ini Tantangan Lucky Hakim untuk Petahana

Hasil survei Lembaga Survei Bekasi Institute menempatkan politisi PAN, Lucky Hakim pada posisi kedua setelah Rahmat Effendi dan diatas politisi ...
Survei Bekasi Institute: Petahana Masih Unggul
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 21:42 WIB

Survei Bekasi Institute: Petahana Masih Unggul

Ada tiga nama yang bakal dipilih masyarakat Kota Bekasi apabila pemilihan kepala daerah dilakukan sekarang. Ketiga nama itu, yakni Rahmat ...
Dongkrak literasi, Pemprov Sumut akan pecahkan tiga rekor Muri
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 20:26 WIB

Dongkrak literasi, Pemprov Sumut akan pecahkan tiga rekor Muri

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dias Perpustakaan dan Arsip bekerjasama dengan Forum Masyarakat Literasi akan menggelar pemecahan rekor Museum Rekor ...
Pemprov Sumut juga raih penghargaan peduli HAM
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 19:35 WIB

Pemprov Sumut juga raih penghargaan peduli HAM

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini, Tengku Erry menerima penghargaan atas upayanya ...
Bupati Labura Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 18:39 WIB
Labura

Bupati Labura Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah

Bupati Labura Kharuddin Syah mengajak masyarakat untuk meneladani Rasulullah SAW.Hal itu dikatakannya saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 ...
Pelaku pembunuhan siswi SMA di Bekasi bukan pacar tapi..
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 17:05 WIB

Pelaku pembunuhan siswi SMA di Bekasi bukan pacar tapi..

Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, memastikan jika kasus pembunuhan yang menimpa siswi SMA bernama Mashita Octavian (18) adalah salah salah ...