Rabu, 13 Desember 2017 | 18.14 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Bilal Mayit, Pekerjaan Mulia yang Jarang Diminati

Bilal Mayit, Pekerjaan Mulia yang Jarang Diminati

Kamis, 8 Juni 2017 - 17:17 WIB

IMG-5681

Bupati Labura, Kharuddin Syah memberikan tali asih kepada Bilal Mayit, kenaziran masjid serta para guru agama di Labura (Humas Pemkab Labura)

Labura, kini.co.id – Keberadaan Bilal Mayit sangat dibutuhkan dalam menjalankan fardu kifayah terhadap jenazah, namun saat ini profesi tersebut semakin jarang diminati masyarakat.

Hal ini dibuktikan di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara. Bisa dibilang tak hanya di Labura, hampir setiap pelosok Kabupaten/Kota keberadaan Bilal Mayit hanya dalam hitungan ratusan sementara kebutuhan dalam mengurus jenazah sesuai dengan tuntutan Islam semakin dibutuhkan.

Bupati Labura, Kharuddin Syah mengatakan profesi Bilal Mayit, kenaziran Masjid dan guru Agama sangat jarang diminati kebanyakan orang.

Padahal, pekerjaan tersebut sangat mulia selain membutuhkan keikhlasan juga memang membutuhkan keahlian khusus terutama memahami tata aturan sesuai dengan agama Islam.

“Pekerjaan bapak ibu ini sangat jarang diminati orang, dan sangat mulia, makanya Pemkab Labura memberikan perhatian lebih terhadap bapak ibu,” kata Bupati Labura, Kharuddin saat memberikan tali asih kepada Bilal Mayit, kenaziran masjid serta para guru agama di Labura, Kamis (8/6).

Pemberian tali asih yang difasilitasi Bagian Kesra Kabupaten Labura ini selanjutnya akan di gelar di setiap Kecamatan diseluruh wilayah Labura.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tohar Bayoangin mengatakan profesi Bilal Mayit, kenziran masjid dan guru agama di Sumatera Utara diakui kurang diminati masyarakat.

Kurangnya minat masyarakat, kata Tohar terhadap profesi tersebut karena tidak ada anggaran khusus untuk memberikan tunjangan bulanan.

Padahal profesi tersebut sangat mulia, sehingga yang bisa dilakukan pihaknya hanya memberikan santunan.

“Bilal mayit itu harus ikhlas karena idak ada imbalan atau gaji dan hanya mengharapkan balasan pahala dari Allah SWT, makanya sangat jarang, sangat mulia tapi harus ikhlas ” kata Tohar saat dihubungi.

Untuk memberikan perhatian kepada bilal mayit dan guru agama pihaknya setiap tahun memberikan pelatihan sebanyak empat kali. Namun karena terbatasnya anggaran dalam satu kali pelatihan hanya mengundang 60 peserta.

Namun demikian ia berharap setiap tahun muncul bilal-bilal mayit baru dan guru agama yang siap mengabdi kepada masyarakat.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Angkot dan Taksi Online di Medan Disarankan Berlomba Tingkatkan Pelayanan
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 15:56 WIB

Angkot dan Taksi Online di Medan Disarankan Berlomba Tingkatkan Pelayanan

Ratusan angkot di Medan menggelar aksi mogok massal hari ini, Rabu (13/12/2017).Aksi mogok tersebut dilakukan sebagai protes maraknya keberadaan angkutan ...
OJK Nilai BPR di Sumut Masih Agresif Penuhi Kebutuhan UMKM
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 15:21 WIB

OJK Nilai BPR di Sumut Masih Agresif Penuhi Kebutuhan UMKM

Penyaluran dana di sektor usaha mikro dan kecil saat ini tengah menghadapi persaingan ketat. Terlebih pemerintah menganjurkan bank untuk jor-joran ...
OJK KR 5 Optimis Tembus Target Penyaluran KUR di Akhir 2017
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 09:26 WIB

OJK KR 5 Optimis Tembus Target Penyaluran KUR di Akhir 2017

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui bank-bank di Sumut terlihat cukup baik.Pasalnya, saat ini realisasi penyaluran KUR di Sumut mencapai ...
Angkot di Medan Mogok Narik, Anak Sekolah Terlantar
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 09:00 WIB

Angkot di Medan Mogok Narik, Anak Sekolah Terlantar

Dalam rangka protes terhadap angkutan online, angkot di Medan ramai-ramai melakukan aksi mogok narik.Mereka menolak mengangkut penumpang pada Rabu (13/12/2017).Akibatnya, ...
PMI Labura Sabet Berbagai Penghargaan di TKR Sumut
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 08:41 WIB
Labura

PMI Labura Sabet Berbagai Penghargaan di TKR Sumut

Kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam ajang Temu Karya Relawan yang di ...
Anies instruksikan aparaturnya lebih responsif
DKI Jakarta - Selasa, 12 Desember 2017 - 22:34 WIB

Anies instruksikan aparaturnya lebih responsif

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menginstruksikan kepada seluruh aparatur Pemprov responsif terhadap segala bentuk potensi bencana, salah satunya ...