Sabtu, 16 Desember 2017 | 06.33 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Paripurna LKPJ, Dewan Minta Kasatpol PP Medan Dicopot

Paripurna LKPJ, Dewan Minta Kasatpol PP Medan Dicopot

Reporter : Nur Fatimah | Rabu, 7 Juni 2017 - 13:33 WIB

IMG-5672

Paripurna Penyampaian Laporan Pansus terhadap LKPJ akhir tahun 2016. (KiniNews/Nur Fatimah)

MEDAN, kini.co.id – Hujan interupsi mewarnai Paripurna Penyampaian Laporan Pansus terhadap LKPJ akhir tahun 2016 dan Penandatanganan DPRD untuk Dijadikan Rekomendasi, Rabu (7/6/2017).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung tersebut para anggota dewan menolak mengesahkan hasil laporan Pansus LKPJ menjadi rekomendasi.

Pasalnya masih ada salahsatu SKPD yang dinilai tidak maksimal kinerjanya yakni Satpol PP.

“Kita mengusulkan agar pengesahan ini ditunda sebab kinerja Satpol PP tidak maksimal. Masih banyak masalah yang tidak selesai seperti masalah pedagang liar yang tidak pernah tuntas,” ucap anggota DPRD Medan dari Fraksi PKS, Jumadi.

Tak hanya itu, anggota DPRD Medan dari Fraksi Hanura, Landen Marbun meminta agar DPRD merekomendasi pencopotan Kasatpol PP, M Sofyan.

Namun di sisi lain, anggota DPRD Medan lainnya tidak setuju dengan pencopotan itu. Sebagian mereka menganggap LKPj ini bukan tentang copot-mencopot kepala SKPD tapi perbaikan kinerja.

“Kita bukan merekomendasi untuk copot mencopot tapi peningkatan kinerja SKPD. Supaya kedepannya mereka memperbaiki kinerja mereka,” cetus anggota DPRD Medan, Hery Zulkarnaen.

Senada, Mulia Asri Rambe dari Fraksi Golkar mengatakan dalam peraturannya tidak ada diatur LKPJ tersebut diterima atau ditolak.

“Yang ada juknis rekomendasin penyempurnaan. Yang ada hanya catatan strategis untuk perbaikan ke depan.
Tujuannya kan sistim pemerintahan yang baik bukan terima atau tidak diterima,” ucapnya.

Terlebih, menurut dia, kinerja Satpol PP masih terhalang banyak regulasi.

“Satpol PP bekerja terhalang regulasi. Beliau sebenarnya mau menertibkan misalnya PKL namun dia kesulitan karena banyak yang menghalangi,” ucapnya.

Terkait hal itu, pimpinan rapat meminta ketua-ketua fraksi dan pansus rapat sehingga sidang diskors selama 15 menit.

Setelah itu pimpinan memutuskan untuk melanjutkan hasil LKPJ tersebut menjadi rekomendasi. Dengan catatan ada bahasa yang diubah dalam laporan tersebut.

Terkait pencopotan Kasatpol PP, Ketua DPRD Medan Henry Jhon mengatakan pihaknya meminta kepala SKPD tersebut dievaluasi. Dan bukan hanya Satpol PP melainkan dinas lainnya yang dinilai kinerjanya belum maksimal seperti Dishub, Dinkes dan Disdik.

“Tetap kita evaluasi dan bukan Satpol PP saja, melainkan dinas lainnya juga. Kan banyak tuh yang masih belum maksimal kinerjanya,” ucapnya ketika diwawancara wartawan.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Warga Tasikmalaya dihimbau mengungsi
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 02:17 WIB

Warga Tasikmalaya dihimbau mengungsi

Warga yang tinggal di pesisir pantai Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengungsi ke dataran tinggi untuk menghindari ancaman bahaya ...
BMKG keluarkan peringatan potensi Tsunami gempa Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 01:14 WIB

BMKG keluarkan peringatan potensi Tsunami gempa Tasikmalaya

Gempa berkekuatan 7,3 skala richter (SR) terjadi di 43 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, pada pukul 23.47 WIB, Jumat. ...
Warga Majalengka rasakan gempa Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 01:12 WIB

Warga Majalengka rasakan gempa Tasikmalaya

Sejumlah warga di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dibuat panik dengan gempa bumi yang terjadi pada Jumat malam sekitar pukul 23.48 ...
Gempa berkekuatan 7,3 SR juga goncang Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 00:57 WIB

Gempa berkekuatan 7,3 SR juga goncang Tasikmalaya

Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter di Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya terasa hingga ke Bandung, Jawa Barat pada Jumat pukul ...
Gempa berkekuatan 6,7 SR guncang Sukabumi
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 00:51 WIB

Gempa berkekuatan 6,7 SR guncang Sukabumi

Gempa berkekuatan 6,7 skala richter (SR) mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya yang menyebabkan warga panik dan berhamburan keluar ...
Panitia festival durian minta maaf, siap kembalikan uang tiket yang dibeli
Jawa Barat - Jumat, 15 Desember 2017 - 21:01 WIB

Panitia festival durian minta maaf, siap kembalikan uang tiket yang dibeli

Panitia festival durian Sindangwangi 2017 menyampaikan permintaan maafnya kepada publik atas ketidaknyamanan pelaksanaan festival pada, Sabtu (9/12) lalu.Permintaan maaf itu ...