Jumat, 27 April 2018 | 11.37 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Poros Tengah Enggan Koalisi dengan PDIP

Pilkada 2018

Poros Tengah Enggan Koalisi dengan PDIP

Reporter : Ardiansyah | Selasa, 30 Mei 2017 - 18:45 WIB

IMG-5628

Ilustrasi bendera PDIP (Ist)

Bekasi, kini.co.id – Meski menjadi partai pemenang pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu di Bekasi, PDI Perjuangan nampaknya enggan dilirik partai lain untuk berkoalisi pada Pilkada 2018 mendatang.
Partai menengah sepertinya lebih memilih untuk merapat dengan Partai Golkar utuk mengusung calon petahana, Rahmat Effendi.

Hal itu seperti diutarakan, Ketua Hanura Kota Bekasi, Syaherallayali yang menyebutkan lebih realistis dalam menentukan koalisi pada Pilkada mendatang.

“Kita realistis saja, lebih baik merapat dengan yang memiliki peluang menang lebih besar. Pak Rahmat Effendi memiliki popularitas dan elektabilitas yang sangat tinggi,” kata dia, Selasa (30/5).

Rall sapaan akrab Syaherallayali menegaskan tidak akan mengambil resiko dalam menentukan pilihan koalisi.

“Kita (Hanura) masih menjadi pengusung koalisi PAS, pada Pilkada nanti, dimungkinkan kami lebih memilih merapat ke Pak Rahmat Effendi dibandingkan calon lain,” tuturnya.

Senada dengan Rall, Sekretaris Partai Demokrat Kota Bekasi, Sodikin, menegaskan saat ini elektabilitas Rahmat Effendi sudah menyasar ke berbagai elemen.

“Peluang petahana, Rahmat Effendi lebih besar dibandingkan calon lain. Selain, sudah berbuat untuk membangun Kota Bekasi, secara survei juga lebih unggul,” tutur dia.

Lanjutnya, Partai Demokrat Kota Bekasi akan belajar dari Pilkada lalu, kemungkinan besar pada Pilkada mendatang, Partai berlambang mercy itu turut merapat ke petahana dengan bersama mengusung Rahmat Effendi.

“Kita cari yang lebih berpeluang yang mana, pengambilan keputusan politik, harus realistis dan memiliki hitungan matang, hanya saja kita tetap mengikuti instruksi dari DPP,” ujarnya.

Dikabarkan, Partai menengah seperti PPP, Demokrat, Hanura, PKB lebih memilih merapat ke Golkar yang mengusung petahana, ketimbang PDIP partai pemenang pemilu memiliki kursi terbanyak di legislatif dengan 12 kursi.

“Hal itu wajar saja, mengingat, survey Rahmat Effendi sangat tinggi. Elektabilitas sudah mencapai 55 persen, Popularitas lebih dari 70 persen. Sedangkan, calon dari PDIP belum ada yang mumpuni. Kecuali Mochtar Mohammad, tapi terkendala status mantan narapidana, sementara Ketua DPC PDIP kota Bekasi, Anim Imamudin belum cukup dikenal di publik,” tambah Pengamat sekaligus konsultan politik , Jiwang Jiputro.

Justru, kata Jiwang, lawan yang seimbang justru datang dari koalisi merah putih, yang diusung oleh PKS dan Gerindra.

“Jika koalisi ini benar terwujud pada pilkada, justru akan menjadi lawan berat Rahmat Effendi,” tandas dia.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat
Jawa Barat - Kamis, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  
Sumatera Utara - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
Banjir kembali kepung Jakarta, Anies:  Saya bertanggungjawab
DKI Jakarta - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...