Senin, 11 Desember 2017 | 20.29 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Ratusan Preman Dibekuk Polisi, Puluhan Jadi Tersangka

Ratusan Preman Dibekuk Polisi, Puluhan Jadi Tersangka

Reporter : Ardiansyah | Jumat, 26 Mei 2017 - 14:24 WIB

IMG-5592

Ratusan preman diringkus polisi dan puluhan lainnya jadi tersangka bawa senjata tajam (kininews/ardiansyah)

Bekasi, kini.co.id – Menjelang bulan suci Ramadhan, jajaran Polres Metro Bekasi Kota melakukan razia kamtibmas diwilayah hukumnya, dari hasil razia tersebut diamankan ratusan preman, dan dua puluh orang diantaranya ditetapkan sebagai tersangka karena kedapatan memiliki senjata tajam.

Para preman yang diamankan oleh Polres Metro Bekasi Kota dan jajaran Polsek tersebut dibawa ke Polres Metro Bekasi Kota, Jumat (26/5). Beberapa preman tersebut tergabung di dalam geng motor dan telah melukai beberapa orang korban.

Seperti yang terjadi di Jl. Perum Bintang Metropol, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Selasa (16/5) lalu. Tiga orang tersangka berinisial MUL, DP dan FZ diamankan karena melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan dan dikenai pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Dalam aksinya, pelaku melukai korban dengan sebilah pedang jenis samurai yang mengenai kepala korban saat mengendarai motor. Saat korban terjatuh dan lari, pelaku pun mengambil motor korban.

Anggota preman dan geng motor lainnya yang diamankan adalah pelaku geng motor yang beraksi di kawasan Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi. Pelaku mayoritas masih remaja dan berusia belasan tahun.

“Kami sudah menindaklanjuti salah satu keresahan warga. Kejahatan ini bisa terungkap karena adanya kerja sama dengan warga sehingga kita bisa mengamankan orang-orang ini,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Komisaris Besar Hero Henrianto Bachtiar, kepada wartawan di Mapolresta Bekasi, Jumat (26/5).

Hero mengatakan pihaknya memerintahkan kepada anggotanya untuk melakukan pengamanan di daerah-daerah rawan, khususnya daerah yang kerap menjadi tempat nongkrong yang diduga geng motor.

“Kami juga mengharapkan peran serta masyarakat untuk memberikan laporan jika terjadi hal-hal yang meresahkan warga, sehingga dapat kami tindak lanjuti,” ujar Hero.

Masih kata Hero ada dua tujuan bagi pelaku premanisme, yaitu penjara atau kuburan.

“Ini kan yang menangkap kalian adalah masyarakat, jangan sampai kalian justru sampai dibakar hidup-hidup,” ujar Kombes Pol Hero kepada para pelaku.

Hero juga menegaskan para pelaku sudah cukup umur untuk diproses secara hukum, sehingga pihak kepolisian tidak akan ragu untuk menindak yang melanggar.

“Kalian jika melawan bisa kita tindak secara tegas. Kalau menurut kalian melakukan aksi premanisme ini langkah paling keren, ya silakan. Nanti bisa update di media sosial pas lagi di sel pakai baju tahanan,” tambahnya.

Hero menyayangkan para pelaku yang semuanya adalah warga Bekasi namun melakukan kerusuhan di Bekasi, bukannya bersama-sama menjaga keamanan di Kota Bekasi.

“Jangan sampai anggota saya bertemu kalian lagi, sedang beraksi di jalan,” tambah Hero sebelum memulangkan puluhan preman yang diberi pembinaan.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Dongkrak literasi, Pemprov Sumut akan pecahkan tiga rekor Muri
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 20:26 WIB

Dongkrak literasi, Pemprov Sumut akan pecahkan tiga rekor Muri

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dias Perpustakaan dan Arsip bekerjasama dengan Forum Masyarakat Literasi akan menggelar pemecahan rekor Museum Rekor ...
Pemprov Sumut juga raih penghargaan peduli HAM
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 19:35 WIB

Pemprov Sumut juga raih penghargaan peduli HAM

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini, Tengku Erry menerima penghargaan atas upayanya ...
Bupati Labura Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 18:39 WIB
Labura

Bupati Labura Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah

Bupati Labura Kharuddin Syah mengajak masyarakat untuk meneladani Rasulullah SAW.Hal itu dikatakannya saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 ...
Pelaku pembunuhan siswi SMA di Bekasi bukan pacar tapi..
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 17:05 WIB

Pelaku pembunuhan siswi SMA di Bekasi bukan pacar tapi..

Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, memastikan jika kasus pembunuhan yang menimpa siswi SMA bernama Mashita Octavian (18) adalah salah salah ...
Syarat Mendapatkan Dana UMi untuk UMKM
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 17:03 WIB

Syarat Mendapatkan Dana UMi untuk UMKM

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sektor yang menyokong pertumbuhan ekonomi suatu daerah.Namun seringkali pelaku UMKM terbentur dengan persoalan modal ...
Pembunuh siswi SMA di Bekasi ditangkap
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 16:59 WIB

Pembunuh siswi SMA di Bekasi ditangkap

Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, meringkus pelaku pembunuhan siswi SMA, Mashita Octavian (18) yang terjadi di gerbang Perumahan Alinda, Bekasi ...