Senin, 26 Juni 2017 | 05.32 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Ratusan Preman Dibekuk Polisi, Puluhan Jadi Tersangka

Ratusan Preman Dibekuk Polisi, Puluhan Jadi Tersangka

Reporter : Ardiansyah | Jumat, 26 Mei 2017 - 14:24 WIB

IMG-5592

Ratusan preman diringkus polisi dan puluhan lainnya jadi tersangka bawa senjata tajam (kininews/ardiansyah)

Bekasi, kini.co.id – Menjelang bulan suci Ramadhan, jajaran Polres Metro Bekasi Kota melakukan razia kamtibmas diwilayah hukumnya, dari hasil razia tersebut diamankan ratusan preman, dan dua puluh orang diantaranya ditetapkan sebagai tersangka karena kedapatan memiliki senjata tajam.

Para preman yang diamankan oleh Polres Metro Bekasi Kota dan jajaran Polsek tersebut dibawa ke Polres Metro Bekasi Kota, Jumat (26/5). Beberapa preman tersebut tergabung di dalam geng motor dan telah melukai beberapa orang korban.

Seperti yang terjadi di Jl. Perum Bintang Metropol, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Selasa (16/5) lalu. Tiga orang tersangka berinisial MUL, DP dan FZ diamankan karena melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan dan dikenai pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Dalam aksinya, pelaku melukai korban dengan sebilah pedang jenis samurai yang mengenai kepala korban saat mengendarai motor. Saat korban terjatuh dan lari, pelaku pun mengambil motor korban.

Anggota preman dan geng motor lainnya yang diamankan adalah pelaku geng motor yang beraksi di kawasan Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi. Pelaku mayoritas masih remaja dan berusia belasan tahun.

“Kami sudah menindaklanjuti salah satu keresahan warga. Kejahatan ini bisa terungkap karena adanya kerja sama dengan warga sehingga kita bisa mengamankan orang-orang ini,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Komisaris Besar Hero Henrianto Bachtiar, kepada wartawan di Mapolresta Bekasi, Jumat (26/5).

Hero mengatakan pihaknya memerintahkan kepada anggotanya untuk melakukan pengamanan di daerah-daerah rawan, khususnya daerah yang kerap menjadi tempat nongkrong yang diduga geng motor.

“Kami juga mengharapkan peran serta masyarakat untuk memberikan laporan jika terjadi hal-hal yang meresahkan warga, sehingga dapat kami tindak lanjuti,” ujar Hero.

Masih kata Hero ada dua tujuan bagi pelaku premanisme, yaitu penjara atau kuburan.

“Ini kan yang menangkap kalian adalah masyarakat, jangan sampai kalian justru sampai dibakar hidup-hidup,” ujar Kombes Pol Hero kepada para pelaku.

Hero juga menegaskan para pelaku sudah cukup umur untuk diproses secara hukum, sehingga pihak kepolisian tidak akan ragu untuk menindak yang melanggar.

“Kalian jika melawan bisa kita tindak secara tegas. Kalau menurut kalian melakukan aksi premanisme ini langkah paling keren, ya silakan. Nanti bisa update di media sosial pas lagi di sel pakai baju tahanan,” tambahnya.

Hero menyayangkan para pelaku yang semuanya adalah warga Bekasi namun melakukan kerusuhan di Bekasi, bukannya bersama-sama menjaga keamanan di Kota Bekasi.

“Jangan sampai anggota saya bertemu kalian lagi, sedang beraksi di jalan,” tambah Hero sebelum memulangkan puluhan preman yang diberi pembinaan.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...
Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan   
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 13:59 WIB

Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan  

Kegiatan pertambangan ilegal seringkali menjadi biang kerok kerusakan hutan dan lingkungan.Sayangnya bukan cuma yang ilegal, perusahaan dengan izin yang masih ...
Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
DI Yogyakarta - Rabu, 21 Juni 2017 - 01:34 WIB

Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DIY menggunakan mobil dinas untuk ...
Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga
Sumatera Utara - Selasa, 20 Juni 2017 - 15:48 WIB

Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga

Selasa (20/6) pagi, Jalan Lembaga Pemasyarakat, Kelurahan Tanjunggusta, Kecamatan Medan Helvetia ramai. Sebuah mobil berwarna hitam menghantam sebuah rumah di ...