Jumat, 15 Desember 2017 | 13.26 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Upaya Banding Pemko Medan belum Tiba di Kejaksaan

Upaya Banding Pemko Medan belum Tiba di Kejaksaan

Reporter : Nur Fatimah | Selasa, 23 Mei 2017 - 19:12 WIB

IMG-5572

Wakil Walikota Lumbung Informasi Rakyat (Lira) kota Medan, Yopie Hari Irwansyah. (kininews/armand)

MEDAN, kini.co.id – Wakil Walikota Lumbung Informasi Rakyat (Lira) kota Medan, Yopie Hari Irwansyah mempertanyakan keputusan pemerintah kota Medan menyalurkan biaya Rp5miliar untuk pembangunan gedung SMPN 7. Padahal status lahan sekolah dalam keadaan sengketa sejak tanuh 2011 silam.

“Saya dapat kabar, Pemko Medan sudah lakukan banding merebut kembali aset itu. Tapi sayangnya, upaya banding itu belum tiba di kejaksaan. Lira siap mengawal proses hukumnya,” ujar Yopie, Selasa (23/5) di Lapangan Merdeka Medan.

Yopie juga menyayangkan pemerintah kota Medan seperti bermain-main soal pendidikan. Seharusnya, soal pendidikan adalah menjadi urusan utama demi generasi muda yang lebih cerdas.

“Bila Lira dibutuhkan dalam gugatan Pemko Medan itu, kami siap mendampinginya. Lira sangat peduli dengan masalah pendidikan. Makanya, masalah perebutan lahan SMPN 7 Medan itu jangan dipermainkan,” ucap Yopie.

Yopie meminta, pemerintah kota Medan memikirkan secara matang untuk menuntaskan persoalan sengketa tanah sejak 2011 silam.

“Sengketa itu sudah terjadi sejak 2011, kenapa 2016 dibangun gedungnya yang masih sengketa,” kata Yopie.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Perlengkapan dan Unit Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Medan, Agus Suriyono menyebutkan, Pemko akan sekuat tenaga untuk kembali mengambil alih lahan itu. Namun bukan melalui jalur hukum, namun jalur lainnya.

“Selalu saya jawab, kita akan tetap mempertahankan lahan itu. Kita juga memikirkan siswa-siswa di sekolah itu (SMPN 7). Pemko punya uang, bisa saja nanti lahan itu akan kita beli dari pihak ketiga itu,” kata Agus.

Agus menambahkan pihaknya sudah mengajukan legal opinion dan biro hukum untuk keberlangsungan pendidikan dan bagi kepentingan masyarakat umum.

“Kalau masalah anggaran pembangunanya itu, sudah ada persetujuannya dari anggota dewan. Persoalan nantinya, maka kita ajukan legal opinion itu,” kata Agus.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Menuju Transportasi yang Berkelanjutan
Jawa Barat - Kamis, 14 Desember 2017 - 19:39 WIB

Menuju Transportasi yang Berkelanjutan

Kemacetan menjadi pekerjaan rumah hampir disetiap daerah di Indonesia. Hal itu karena tingginya minat masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.Untuk menyelesaikan permasalahan ...
Begini Cara Kota Bekasi Entaskan Kemacetan
Jawa Barat - Kamis, 14 Desember 2017 - 18:34 WIB

Begini Cara Kota Bekasi Entaskan Kemacetan

Dinas Perhubungan Kota Bekasi merancang sistem menuju transportasi Kota Bekasi berkelanjutan. Upaya ini dilakukan untuk mengentaskan kemacetan yang saat ini ...
Pendukung PSMS Protes Soal Stadion, Ini Kata Wawalikota Medan
Sumatera Utara - Kamis, 14 Desember 2017 - 15:56 WIB

Pendukung PSMS Protes Soal Stadion, Ini Kata Wawalikota Medan

Pendukung PSMS menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Walikota Medan, Kamis (14/12).Ratusan massa yang berasal dari SMeCK Hooligan, ...
Disebut Ditinggalkan PAN dan PKS, Deddy Mizwar Santai
Jawa Barat - Kamis, 14 Desember 2017 - 09:06 WIB

Disebut Ditinggalkan PAN dan PKS, Deddy Mizwar Santai

Peta perpolitikan di Pilgub Jawa Barat memang menarik untuk disimak. Sederet nama besar digadang-gadang akan maju untuk memimpin provinsi beribukota ...
Pecahkan tiga rekor MURI, Erry didaulat bapak Literasi
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 23:38 WIB

Pecahkan tiga rekor MURI, Erry didaulat bapak Literasi

Provinsi Sumatera Utara telah memecahkan tiga rekor MURI dalam aksi 10 ribu lebih masyarakat yang menulis pantun terbanyak, pembuatan alat ...
Angkot mogok, ratusan polisi di Medan dikerahkan bantu masyarakat
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 20:28 WIB

Angkot mogok, ratusan polisi di Medan dikerahkan bantu masyarakat

Ratusan personil dan puluhan kendaraan roda empat serta dua baik milik Polda Sumatera Utara, Polrestabes Medan dikerahkan bahu membahu mengantarkan masyarakat ...