Jumat, 20 Oktober 2017 | 17.23 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Medan Tuan Rumah Konferensi Nasional III FKUB

Medan Tuan Rumah Konferensi Nasional III FKUB

Senin, 15 Mei 2017 - 00:54 WIB

IMG-5478

Ilustrasi keruknan umat beragama (Net)

Medan, kini.co.id – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Indonesia kembali akan menggelar Konferensi Nasional III di Asrama Haji Pangkalan Masyhur, Medan pada 21-23 Mei mendatang.

Dua tahun berturut-turut FKUB menggelar konferensi, pertama di Semarang tahun 2015 dengan tema ‘Desain Pendewasaan Kedewasaan Umat Beragama’ , kemudian tahun 2016 di Bali dengan tema’ Merawat Kerukunan Umat Beragama’.

Untuk Konferensi Nasional III kali ini mengambil tema ‘Kerukunan Umat Berama sebagai Kebutuhan’, dengan peserta perwakilan seluruh provinsi 5 orang, 7 orang utusan FKUB se-Sumatare Utara ditambah perwakilan ormas kerukunan dan lainnya.

Sekretaris Jendral FKUB se-Indonesia, Maratua Simanjuntak mengatakan, pada konferensi lanjutan nanti akan dibahas masalah strategis pentinya soal kerukunan umat beragama yang saat ini dibutuhkan. Selain membahas persoalan kerukunan, para peserta juga akan melakukan peninjauan objek keagamaan di Sumatera Utara.

“Kondisi saat ini yang berkembang di masyarakat banyak nilai-nilai religius yang kehilangan arah bahkan mengarah pada disintegrasi baik dalam kehidupan sosial politikm ekonomi, pendidikan, pengamalan agama serta perilaku moral,” tegasnya kepada wartawan di Medan, Minggu (14/5).

Dikatakannya, selain itu juga tumbuh dan berkembang patalogis sosial secara sistemik mulai dari penyalagunaan narkoba, perilaku korup, perjudian, kekerasan rumah tangga, mafia tanah, trafficking, seks bebas serta tindakan kriminal lainnya yang kesemuanya dapat mengancam masa depan bangsa.

Maka dari itu, tambah Ketua FKUB Sumatera Utara ini, diperlukan berbagai upaya dalam membendung ancaman tersebut, diantaranya dengan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa, pendidikan kerukunan dan membangun komitmen bersama yang berorientasi pada cinta tanah air.

Terakhir, kata Maratua dalam konferensi nasional tersebut sejumlah pembicara akan dilibatkan yakni Mentri Agama, Ketua PKUB Kementrian Agama, perwakilan Kemenko Polhukam serta pakar nasional Prof. M. Ridwan Lubis.

Sedangkan pembicara lokal, diantaranya Gubernur Sumut, akademisi Prof. Usman Pelly Prof. Syawal Gultom (Rektor Universitas Medan) serta lainnya.

Ia berharap dengan Konferensi Nasional III hubungan antar umat beragama dalam mengawal NKRI lebih ditingkatakn serta dapat terjalin solidaritas antar umat beragama dalam mewujudkan kerukunan umat beragama. Demikian Maruta Simanjuntak.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sah! APBD Perubahan Kota Bekasi Rp 5,7 Triliun
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 17:21 WIB

Sah! APBD Perubahan Kota Bekasi Rp 5,7 Triliun

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 Kota Bekasi resmi diketuk dalam rapat paripurna.Dalam rapat tersebut DPRD Kota ...
Dua tewas, 13 terluka akibat tabrakan maut bus Simpati di Aceh
Aceh - Jumat, 20 Oktober 2017 - 16:49 WIB

Dua tewas, 13 terluka akibat tabrakan maut bus Simpati di Aceh

Tabrakan maut antara dua bus "Simpati Star" di jalan negara Medan-Banda Aceh, tepatnya di Desa Meunasah Drang, Kecamatan Muara Batu, ...
Bupati Labura: Menabung dengan emas keputusan bijak
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 16:02 WIB

Bupati Labura: Menabung dengan emas keputusan bijak

Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), Kharuddin Syah mengatakan menabung dengan emas merupakan keputusan yang bijak. Karena menabung emas lebih terjamin dibanding ...
Bekasi Berencana Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Kurang Mampu
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 15:09 WIB

Bekasi Berencana Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Kurang Mampu

Dinas Pendidikan Kota Bekasi berencana memberi dana beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi dari kalangan yang tidak mampu pada 2018 mendatang.Dana ...
Duh… Titik Banjir di Kota Bekasi Tak Berkurang, Masih 49 Titik
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 15:03 WIB

Duh… Titik Banjir di Kota Bekasi Tak Berkurang, Masih 49 Titik

Rupanya, beberapa tahun belakangan ini titik banjir di Kota Bekasi masih tidak berkurang.Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota ...
Januari- Oktober puluhan ribu mobil parkir liar diderek Pemprov DKI
DKI Jakarta - Jumat, 20 Oktober 2017 - 14:56 WIB

Januari- Oktober puluhan ribu mobil parkir liar diderek Pemprov DKI

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terus menggencarkan penindakan terhadap kendaraan roda empat yang memarkirkan sembarangan atau parkir liar di sepanjang ...