Selasa, 27 Juni 2017 | 15.39 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Medan Tuan Rumah Konferensi Nasional III FKUB

Medan Tuan Rumah Konferensi Nasional III FKUB

Senin, 15 Mei 2017 - 00:54 WIB

IMG-5478

Ilustrasi keruknan umat beragama (Net)

Medan, kini.co.id – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Indonesia kembali akan menggelar Konferensi Nasional III di Asrama Haji Pangkalan Masyhur, Medan pada 21-23 Mei mendatang.

Dua tahun berturut-turut FKUB menggelar konferensi, pertama di Semarang tahun 2015 dengan tema ‘Desain Pendewasaan Kedewasaan Umat Beragama’ , kemudian tahun 2016 di Bali dengan tema’ Merawat Kerukunan Umat Beragama’.

Untuk Konferensi Nasional III kali ini mengambil tema ‘Kerukunan Umat Berama sebagai Kebutuhan’, dengan peserta perwakilan seluruh provinsi 5 orang, 7 orang utusan FKUB se-Sumatare Utara ditambah perwakilan ormas kerukunan dan lainnya.

Sekretaris Jendral FKUB se-Indonesia, Maratua Simanjuntak mengatakan, pada konferensi lanjutan nanti akan dibahas masalah strategis pentinya soal kerukunan umat beragama yang saat ini dibutuhkan. Selain membahas persoalan kerukunan, para peserta juga akan melakukan peninjauan objek keagamaan di Sumatera Utara.

“Kondisi saat ini yang berkembang di masyarakat banyak nilai-nilai religius yang kehilangan arah bahkan mengarah pada disintegrasi baik dalam kehidupan sosial politikm ekonomi, pendidikan, pengamalan agama serta perilaku moral,” tegasnya kepada wartawan di Medan, Minggu (14/5).

Dikatakannya, selain itu juga tumbuh dan berkembang patalogis sosial secara sistemik mulai dari penyalagunaan narkoba, perilaku korup, perjudian, kekerasan rumah tangga, mafia tanah, trafficking, seks bebas serta tindakan kriminal lainnya yang kesemuanya dapat mengancam masa depan bangsa.

Maka dari itu, tambah Ketua FKUB Sumatera Utara ini, diperlukan berbagai upaya dalam membendung ancaman tersebut, diantaranya dengan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa, pendidikan kerukunan dan membangun komitmen bersama yang berorientasi pada cinta tanah air.

Terakhir, kata Maratua dalam konferensi nasional tersebut sejumlah pembicara akan dilibatkan yakni Mentri Agama, Ketua PKUB Kementrian Agama, perwakilan Kemenko Polhukam serta pakar nasional Prof. M. Ridwan Lubis.

Sedangkan pembicara lokal, diantaranya Gubernur Sumut, akademisi Prof. Usman Pelly Prof. Syawal Gultom (Rektor Universitas Medan) serta lainnya.

Ia berharap dengan Konferensi Nasional III hubungan antar umat beragama dalam mengawal NKRI lebih ditingkatakn serta dapat terjalin solidaritas antar umat beragama dalam mewujudkan kerukunan umat beragama. Demikian Maruta Simanjuntak.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jenazah Ipda Anumerta Martua Dimakamkan Hari Ini di Batubara
Sumatera Utara - Selasa, 27 Juni 2017 - 12:16 WIB

Jenazah Ipda Anumerta Martua Dimakamkan Hari Ini di Batubara

Jenazah Ipda Anumerta Martua Sigalingging, anggota Polri yang menjadi korban penyerangan oleh pendukung Islamic State saat bertugas jaga di ...
Tokoh Gereja Bersama Ratusan Jemaat Doakan Aipda Anumerta Martua
Sumatera Utara - Senin, 26 Juni 2017 - 23:22 WIB

Tokoh Gereja Bersama Ratusan Jemaat Doakan Aipda Anumerta Martua

Ratusan jemaat dari berbagai gereja dan tokoh gereja dan pemuda berkumpul di Halaman KS Tubun Mapolda Sumut, Jl Sisingamangaraja ...
Pemudik di Bandara Hasanuddin Meningkat 20 Persen
Sulawesi - Senin, 26 Juni 2017 - 22:50 WIB

Pemudik di Bandara Hasanuddin Meningkat 20 Persen

Jumlah penumpang selama mudik Lebaran 2017 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar-Maros, Sulawesi Selatan mengalami peningkatan 20 persen sejak H-10 ...
Tunjangan Komunikasi Intensif DPRD Naik 7 Kali Lipat
Jawa Barat - Senin, 26 Juni 2017 - 18:25 WIB

Tunjangan Komunikasi Intensif DPRD Naik 7 Kali Lipat

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 tahun 2017 tertanggal 2 Juni 2017, tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota ...
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...