Selasa, 20 Februari 2018 | 18.38 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Disdik Bekasi: Sosialisasi PPDB Online Terhambat Kebijakan Walikota

Disdik Bekasi: Sosialisasi PPDB Online Terhambat Kebijakan Walikota

Reporter : Ardiansyah | Kamis, 11 Mei 2017 - 01:38 WIB

IMG-5463

Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi (Ist)

Bekasi, kini.co.id – Dinas Pendidikan Kota Bekasi, mengaku belum bias melakukan sosialisasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 2017. Karena belum adanya kebijakan yang diterapkan oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

“Belum ada kebijakan, dan saat ini PPDB online 2017 masih dalam tahap penyempurnaan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Cucu Syamsudin, Rabu (10/5).

Cucu menjelaskan, hambatan sosialisasi PPDB online 2017 itu, dipicu karena adanya pengambilalihan SMA dan SMK se-Kota Bekasi dari pemerintah Kota Bekasi oleh pemerintah provinsi Jawa Barat.

Padahal, PPDB online sendiri akan berlangsung pada Juli 2017
mendatang, peserta didik baru itu di dominasi dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri maupun swasta.

“Kita prediksi pada bulan Juni nanti, kita sudah bisa sosilasisi PPDB online 2017. Saya sampaikan web pendaftaran PPDB online juga masih sama seperti yang dulu,” kata dia.

Sistem PPDB online 2017 nanti, kata Cucu akan sama seperti
tahun 2016 silam, melalui jalur Zonasi dan Afirmasi. Yang membedakan, pemerintah Kota Bekasi tidak melayani pendaftaran SMA dan SMK, negeri maupun swasta.

PPDB online tahun 2016 lalu, lanjut Cucu, juga akan menjadi pelajaran bagi pemerintah Kota Bekasi khususnya Dinas Pendidikan. Dimana masih banyak bangku yang tidak terisi oleh siswa.

“Tapi sampai saat ini memang masih kita godok, dan pastinya PPDB onlien 2017 ini tidak beda jauh dengan apa yang telah diterapkan oleh pemerintah provinsi Jawa Barat,” tuturnya.

Ia berharap, PPDB online 2017 kali ini tidak ada partai politik
yang menunggangi hak siswa. Alasannya, tahun 2016 silam, PPDB banyak digiring oleh para partai politik.

“Pemangku kepentingan diharapkan tidak menggangu kenyamanan dan mengambil hak siswa lainnya, jangan sampai ada titipan siswa dari pemangku kepentingan. Karena ini adalah untuk semua masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Maka ia berharap, agar PPDB online 2017 nanti dapat berjalan tertib dan tanpa ada yang menghalang-halangi program pemerintah itu. Dimana tahun 2016 lalu, banyak ditemukan konflik akibat ketidakpahaman para orangtua siswa.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Sinabung Meletus Lagi, Warga Tetap Beraktivitas
Sumatera Utara - Selasa, 20 Februari 2018 - 12:27 WIB

Sinabung Meletus Lagi, Warga Tetap Beraktivitas

Warga Tanah Karo, Sumut dikejutkan dengan dentuman keras erupsi Gunung Sinabung, Senin (19/2/2018) kemarin.Bahkan sebuah video anak-anak sekolah yang ketakutan ...
Demiz targetkan raih 61 persen suara di Pilgub
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 21:07 WIB

Demiz targetkan raih 61 persen suara di Pilgub

Deddy Mizwar sesumbar mampu memenangkan Pilgub Jabar 2018. Calon Gubernur Jawa Barat, yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi, tersebut menargetkan mampu ...
Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan
Sumatera Utara - Senin, 19 Februari 2018 - 21:00 WIB

Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan

Walikota Medan Dzulmi Eldin mengajak pelaku usaha di Kota Medan agar ikut berkontribusi dalam pembangunan Kota dengan turut menghias taman ...
Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:08 WIB

Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi

Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu) akan mengintensifkan kampanye di kota dan kabupaten ...
Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:07 WIB

Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi R. Ruddy Gandakusumah, berkujung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi di Jalan ...
Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:00 WIB

Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin

Pengendara motor dan mobil di Jalan Cemerlang, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi nyaris tertimpa reklame ambruk, Senin (19/2/2018). Beruntung ...