Selasa, 27 Juni 2017 | 07.13 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Disdik Bekasi: Sosialisasi PPDB Online Terhambat Kebijakan Walikota

Disdik Bekasi: Sosialisasi PPDB Online Terhambat Kebijakan Walikota

Reporter : Ardiansyah | Kamis, 11 Mei 2017 - 01:38 WIB

IMG-5463

Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi (Ist)

Bekasi, kini.co.id – Dinas Pendidikan Kota Bekasi, mengaku belum bias melakukan sosialisasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 2017. Karena belum adanya kebijakan yang diterapkan oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

“Belum ada kebijakan, dan saat ini PPDB online 2017 masih dalam tahap penyempurnaan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Cucu Syamsudin, Rabu (10/5).

Cucu menjelaskan, hambatan sosialisasi PPDB online 2017 itu, dipicu karena adanya pengambilalihan SMA dan SMK se-Kota Bekasi dari pemerintah Kota Bekasi oleh pemerintah provinsi Jawa Barat.

Padahal, PPDB online sendiri akan berlangsung pada Juli 2017
mendatang, peserta didik baru itu di dominasi dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri maupun swasta.

“Kita prediksi pada bulan Juni nanti, kita sudah bisa sosilasisi PPDB online 2017. Saya sampaikan web pendaftaran PPDB online juga masih sama seperti yang dulu,” kata dia.

Sistem PPDB online 2017 nanti, kata Cucu akan sama seperti
tahun 2016 silam, melalui jalur Zonasi dan Afirmasi. Yang membedakan, pemerintah Kota Bekasi tidak melayani pendaftaran SMA dan SMK, negeri maupun swasta.

PPDB online tahun 2016 lalu, lanjut Cucu, juga akan menjadi pelajaran bagi pemerintah Kota Bekasi khususnya Dinas Pendidikan. Dimana masih banyak bangku yang tidak terisi oleh siswa.

“Tapi sampai saat ini memang masih kita godok, dan pastinya PPDB onlien 2017 ini tidak beda jauh dengan apa yang telah diterapkan oleh pemerintah provinsi Jawa Barat,” tuturnya.

Ia berharap, PPDB online 2017 kali ini tidak ada partai politik
yang menunggangi hak siswa. Alasannya, tahun 2016 silam, PPDB banyak digiring oleh para partai politik.

“Pemangku kepentingan diharapkan tidak menggangu kenyamanan dan mengambil hak siswa lainnya, jangan sampai ada titipan siswa dari pemangku kepentingan. Karena ini adalah untuk semua masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Maka ia berharap, agar PPDB online 2017 nanti dapat berjalan tertib dan tanpa ada yang menghalang-halangi program pemerintah itu. Dimana tahun 2016 lalu, banyak ditemukan konflik akibat ketidakpahaman para orangtua siswa.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Tokoh Gereja Bersama Ratusan Jemaat Doakan Aipda Anumerta Martua
Sumatera Utara - Senin, 26 Juni 2017 - 23:22 WIB

Tokoh Gereja Bersama Ratusan Jemaat Doakan Aipda Anumerta Martua

Ratusan jemaat dari berbagai gereja dan tokoh gereja dan pemuda berkumpul di Halaman KS Tubun Mapolda Sumut, Jl Sisingamangaraja ...
Pemudik di Bandara Hasanuddin Meningkat 20 Persen
Sulawesi - Senin, 26 Juni 2017 - 22:50 WIB

Pemudik di Bandara Hasanuddin Meningkat 20 Persen

Jumlah penumpang selama mudik Lebaran 2017 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar-Maros, Sulawesi Selatan mengalami peningkatan 20 persen sejak H-10 ...
Tunjangan Komunikasi Intensif DPRD Naik 7 Kali Lipat
Jawa Barat - Senin, 26 Juni 2017 - 18:25 WIB

Tunjangan Komunikasi Intensif DPRD Naik 7 Kali Lipat

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 tahun 2017 tertanggal 2 Juni 2017, tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota ...
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...