Senin, 26 Juni 2017 | 01.51 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pangdam: Tugas TNI Melindungi Rakyat, Termasuk Anak-anak

Pangdam: Tugas TNI Melindungi Rakyat, Termasuk Anak-anak

Reporter : Nur Fatimah | Rabu, 10 Mei 2017 - 14:43 WIB

IMG-5453

LPA Sumut ketika beraudiensi ke Makodam I/BB. (KiniNews/Nur Fatimah)

MEDAN, kini.co.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bertugas melindungi seluruh rakyat Indonesia termasuk anak-anak. Hal itu dikatakan Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/ Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri ketika menerima audiensi Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumut di Makodam I/BB, Medan, Rabu (10/5/2017).

Cucu juga mengatakan akan mendukung perlindungan anak di Sumut sebab anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

Ia pun merasakan miris terhadap hal-hal buruk yang menimpa anak-anak di Sumut dimana seharusnya anak-anak memperoleh hak mereka dengan baik.

“Seharusnya, tanpa ada lembaga-lembaga apapun, anak-anak memang harus dilindungi. Tapi kenyataannya saat ini memang begitu,” ujarnya.

Terkait kejahatan terhadap anak, ia mengatakan cara melawannya adalah dengan kembali ke aqidah masing-masing sebab tak ada ajaran agama manapun yang mengajarkan kekerasan.

Mengenai kegiatan perlindungan anak di Sumut, Pangdam menyebut bisa disinkronkan dengan program Kampung Bebas Narkoba yang saat ini sedang gencar dilakukan.

Cucu juga meminta LPA Sumut tidak hanya bertindak ketika ada kejadian, melainkan memperbanyak tindakan preventif terutama sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait perlindungan anak.

“Jangan ketika ada kejadian baru ribut-ribut. Kita harus lakukan tindakan preventif juga. Itu lebih efektif,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua LPA Sumut, Muniruddin Ritonga mengatakan pihaknya meminta dukungan dari TNI untuk melaksanakan amanat Undang-undang 35 tahun 2014 untuk melindungi anak-anak.

“Dengan sambutan bapak Panglima yang luar biasa ini, kami merasa tidak sendiri berjuang untuk melindungi anak,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan LPA Sumut akan mengadakan simposium dan pengukuhan pengurus LPA Sumut pada 16-19 Mei 2017.

Munir menjelaskan saat ini sudah terbentuk 23 LPA Kabupaten/kota se-Sumut. Selain itu dalam menangani kasus-kasus anak, LPA juga menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC).

“Untuk itu kita juga meminta bimbingan dari Pangdam dan jajarannya agar anggota kami dapat lebih baik menangani kasus-kasus serta pendampingan hukumnya,” tukasnya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...
Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan   
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 13:59 WIB

Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan  

Kegiatan pertambangan ilegal seringkali menjadi biang kerok kerusakan hutan dan lingkungan.Sayangnya bukan cuma yang ilegal, perusahaan dengan izin yang masih ...
Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
DI Yogyakarta - Rabu, 21 Juni 2017 - 01:34 WIB

Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DIY menggunakan mobil dinas untuk ...
Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga
Sumatera Utara - Selasa, 20 Juni 2017 - 15:48 WIB

Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga

Selasa (20/6) pagi, Jalan Lembaga Pemasyarakat, Kelurahan Tanjunggusta, Kecamatan Medan Helvetia ramai. Sebuah mobil berwarna hitam menghantam sebuah rumah di ...