Minggu, 17 Desember 2017 | 20.54 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pangdam: Tugas TNI Melindungi Rakyat, Termasuk Anak-anak

Pangdam: Tugas TNI Melindungi Rakyat, Termasuk Anak-anak

Reporter : Nur Fatimah | Rabu, 10 Mei 2017 - 14:43 WIB

IMG-5453

LPA Sumut ketika beraudiensi ke Makodam I/BB. (KiniNews/Nur Fatimah)

MEDAN, kini.co.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bertugas melindungi seluruh rakyat Indonesia termasuk anak-anak. Hal itu dikatakan Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/ Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri ketika menerima audiensi Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumut di Makodam I/BB, Medan, Rabu (10/5/2017).

Cucu juga mengatakan akan mendukung perlindungan anak di Sumut sebab anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

Ia pun merasakan miris terhadap hal-hal buruk yang menimpa anak-anak di Sumut dimana seharusnya anak-anak memperoleh hak mereka dengan baik.

“Seharusnya, tanpa ada lembaga-lembaga apapun, anak-anak memang harus dilindungi. Tapi kenyataannya saat ini memang begitu,” ujarnya.

Terkait kejahatan terhadap anak, ia mengatakan cara melawannya adalah dengan kembali ke aqidah masing-masing sebab tak ada ajaran agama manapun yang mengajarkan kekerasan.

Mengenai kegiatan perlindungan anak di Sumut, Pangdam menyebut bisa disinkronkan dengan program Kampung Bebas Narkoba yang saat ini sedang gencar dilakukan.

Cucu juga meminta LPA Sumut tidak hanya bertindak ketika ada kejadian, melainkan memperbanyak tindakan preventif terutama sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait perlindungan anak.

“Jangan ketika ada kejadian baru ribut-ribut. Kita harus lakukan tindakan preventif juga. Itu lebih efektif,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua LPA Sumut, Muniruddin Ritonga mengatakan pihaknya meminta dukungan dari TNI untuk melaksanakan amanat Undang-undang 35 tahun 2014 untuk melindungi anak-anak.

“Dengan sambutan bapak Panglima yang luar biasa ini, kami merasa tidak sendiri berjuang untuk melindungi anak,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan LPA Sumut akan mengadakan simposium dan pengukuhan pengurus LPA Sumut pada 16-19 Mei 2017.

Munir menjelaskan saat ini sudah terbentuk 23 LPA Kabupaten/kota se-Sumut. Selain itu dalam menangani kasus-kasus anak, LPA juga menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC).

“Untuk itu kita juga meminta bimbingan dari Pangdam dan jajarannya agar anggota kami dapat lebih baik menangani kasus-kasus serta pendampingan hukumnya,” tukasnya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
BPBD Cilacap catat 110 rumah rusak akibat gempa
Jawa Tengah - Minggu, 17 Desember 2017 - 14:00 WIB

BPBD Cilacap catat 110 rumah rusak akibat gempa

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan, sebanyak 110 rumah di Kabupaten Cilacap, Jawa ...
PAN resmi usung Sudirman Said di Pilgub Jateng
Jawa Tengah - Sabtu, 16 Desember 2017 - 19:44 WIB

PAN resmi usung Sudirman Said di Pilgub Jateng

Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mendukung pencalonan Sudirman Said sebagai calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2018. Kepastian tersebut ...
Disparbud ajak wisatawan tak ragu datang ke Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:54 WIB

Disparbud ajak wisatawan tak ragu datang ke Majalengka

Kepala Bidang Pengelolaan IndustriPariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, Mumuh Muhidin mengatakan persoalan festival durian Sindangwangi 2017 yang sempat ...
Golkar Jabar desak DPP cabut dukungan untuk Ridwan Kamil
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:11 WIB

Golkar Jabar desak DPP cabut dukungan untuk Ridwan Kamil

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat mendesak agar pimpinan pusat partai berlambang beringin itu mencabut dukungan bagi ...
Polisi sebut belum temukan indikasi  penyalahgunaan narkoba di acara DWP
DKI Jakarta - Sabtu, 16 Desember 2017 - 13:39 WIB

Polisi sebut belum temukan indikasi penyalahgunaan narkoba di acara DWP

Pihak Polda Metro Jaya mengatakan sejauh ini belum didapatkan indikasi adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di ajang Djakarta Warehouse Project ...
Gempa 6,9 SR, 2 Tewas Puluhan Rumah Rusak
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:05 WIB

Gempa 6,9 SR, 2 Tewas Puluhan Rumah Rusak

Penanganan darurat dampak gempabumi 6,9 SR yang mengguncang wilayah bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta masih terus ...