Sabtu, 21 Oktober 2017 | 17.22 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pangdam: Tugas TNI Melindungi Rakyat, Termasuk Anak-anak

Pangdam: Tugas TNI Melindungi Rakyat, Termasuk Anak-anak

Reporter : Nur Fatimah | Rabu, 10 Mei 2017 - 14:43 WIB

IMG-5453

LPA Sumut ketika beraudiensi ke Makodam I/BB. (KiniNews/Nur Fatimah)

MEDAN, kini.co.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bertugas melindungi seluruh rakyat Indonesia termasuk anak-anak. Hal itu dikatakan Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/ Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri ketika menerima audiensi Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumut di Makodam I/BB, Medan, Rabu (10/5/2017).

Cucu juga mengatakan akan mendukung perlindungan anak di Sumut sebab anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

Ia pun merasakan miris terhadap hal-hal buruk yang menimpa anak-anak di Sumut dimana seharusnya anak-anak memperoleh hak mereka dengan baik.

“Seharusnya, tanpa ada lembaga-lembaga apapun, anak-anak memang harus dilindungi. Tapi kenyataannya saat ini memang begitu,” ujarnya.

Terkait kejahatan terhadap anak, ia mengatakan cara melawannya adalah dengan kembali ke aqidah masing-masing sebab tak ada ajaran agama manapun yang mengajarkan kekerasan.

Mengenai kegiatan perlindungan anak di Sumut, Pangdam menyebut bisa disinkronkan dengan program Kampung Bebas Narkoba yang saat ini sedang gencar dilakukan.

Cucu juga meminta LPA Sumut tidak hanya bertindak ketika ada kejadian, melainkan memperbanyak tindakan preventif terutama sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait perlindungan anak.

“Jangan ketika ada kejadian baru ribut-ribut. Kita harus lakukan tindakan preventif juga. Itu lebih efektif,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua LPA Sumut, Muniruddin Ritonga mengatakan pihaknya meminta dukungan dari TNI untuk melaksanakan amanat Undang-undang 35 tahun 2014 untuk melindungi anak-anak.

“Dengan sambutan bapak Panglima yang luar biasa ini, kami merasa tidak sendiri berjuang untuk melindungi anak,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan LPA Sumut akan mengadakan simposium dan pengukuhan pengurus LPA Sumut pada 16-19 Mei 2017.

Munir menjelaskan saat ini sudah terbentuk 23 LPA Kabupaten/kota se-Sumut. Selain itu dalam menangani kasus-kasus anak, LPA juga menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC).

“Untuk itu kita juga meminta bimbingan dari Pangdam dan jajarannya agar anggota kami dapat lebih baik menangani kasus-kasus serta pendampingan hukumnya,” tukasnya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Gema Paluta Minta KPUD Tak Pungli Calon PPK dan PPS
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 15:24 WIB

Gema Paluta Minta KPUD Tak Pungli Calon PPK dan PPS

Pilkada serentak 2018 telah di depan mata. Untuk itu perlu dukungan dari masyarakat dan juga penyelenggara Pemilu baik di pusat ...
Inilah Kronologis Penyebab Mahasiswa USU Diserang Satpam
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 06:55 WIB

Inilah Kronologis Penyebab Mahasiswa USU Diserang Satpam

Bentrokan antara satpam dan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU menyisakan luka dan amarah membara di kalangan mahasiswa dan alumni.Hingga ...
Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 01:09 WIB

Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar rekonstruksi aksi teror penyerangan Pos Jaga Pintu 3 Mapolda, Jumat (20/10).Reka ulang yang ...
Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 23:17 WIB

Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati

Sungguh ironis nasib yang dialami Warga Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Firiani. Ia bersama anaknya yang baru saja lahir tidak ...
Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 22:31 WIB

Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis

Setelah sempat terkenal brutal mengeroyok wartawan, kini oknum Satpam USU diduga kembali terlibat dalam tindak kekerasan.Seorang mahasiswa bernama Imanuel Silaban ...
Kapolda bersama Gubsu komitmen awasi penggunaan dana desa
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 19:59 WIB

Kapolda bersama Gubsu komitmen awasi penggunaan dana desa

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw bersama Gubsu Tengku Erry Nuradi menyatakan komitmennya bersama untuk mengawasi penggunaan dana desa yang ...