Minggu, 17 Desember 2017 | 20.46 WIB
KiniNEWS>Regional>Jawa Barat>Deddy Mizwar Berharap Bawaslu Lebih Awas Hadapi Pilkada Serentak

Deddy Mizwar Berharap Bawaslu Lebih Awas Hadapi Pilkada Serentak

Sabtu, 29 April 2017 - 15:02 WIB

IMG-5369

Wakil Gubernur Jawa Barat,Deddy Mizwar (Humas Pemprov Jabar)

Bandung, kini.co.id – Menghadapi Pilkada serentak 2018, Provinsi Jawa Barat tidak hanya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur namun sedikitnya ada 10 Kota/Kabupaten yang sama menggelar Pilkada.

Maka dari itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar mengimbau Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar berperan aktif dalam mendorong tingkat partisipatif masyarakat dalam untuk mengawasi Pilkada serentak tersebut.

“Sistem pengawasan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem penegakkan aturan Pilkada, oleh karena itu, diperlukan sistem pengawasan yang tidak saja efektif dan efisien, tapi juga mampu mendorong partisipasi publik dan partai politik untuk melakukan pengawasan Pilkada,” tegas Deddy Mizwar kepada wartawan, di Bandung, Jumat, (28/4/).

Deddy Mizwar menegaskan sesuai dengan Pasal 131 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015, yang intinya mengamanatkan bahwa untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan Pemilihan dapat melibatkan partisipasi masyarakat.

Maka dari itu partisipasi masyarakat dapat dilakukan dalam bentuk pengawasan mulai dari tahapan pemilihan, sosialisasi, pendidikan politik bagi pemilih, survei atau jajak pendapat dan penghitungan cepat hasil pemilihan dengan tetap menjaga netralitas, tidak mengganggu proses penyelenggaraan tahapan pemilihan.

“Semua itu bertujuan agar meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas, dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilihan yang aman, damai, tertib, dan lancer,” paparnya.

Sebelumnya, pada kesempatan tersebut anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengungkapkan komitmennya untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dari masyarakat untuk Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019.

Untuk tahapan Pilkada Serentak 2018 akan dimulai pada Agustus 2017, sementara tahapan Pemilihan Anggota Legislatif dan Presiden akan dimulai sekitar Desember 2017.

“Kami sangat berharap besar dari Jawa Barat. Ada 16 kabupaten/kota, ada satu Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur. Ini tugas kita bersama ke depan, bukan hanya dari teman-teman KPU, Bawaslu Provinsi. Bukan hanya Panwas Kabupaten/Kota, tapi semua pihak, terlebih Partai Politik,” ujarnya.

Menurutnya, partai politik harus mampu menjadi pengawal utama demokrasi di Indonesia. Parpol bisa membuat kendali terhadap masa dan apapun yang terjadi pada Pemilu ke depan.

“Untuk itu, diharapkan peran serta Parpol perlu lebih ditingkatkan menjadi garda terdepan dalam berdemokrasi yang langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil,” ungkapnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
BPBD Cilacap catat 110 rumah rusak akibat gempa
Jawa Tengah - Minggu, 17 Desember 2017 - 14:00 WIB

BPBD Cilacap catat 110 rumah rusak akibat gempa

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan, sebanyak 110 rumah di Kabupaten Cilacap, Jawa ...
PAN resmi usung Sudirman Said di Pilgub Jateng
Jawa Tengah - Sabtu, 16 Desember 2017 - 19:44 WIB

PAN resmi usung Sudirman Said di Pilgub Jateng

Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mendukung pencalonan Sudirman Said sebagai calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2018. Kepastian tersebut ...
Disparbud ajak wisatawan tak ragu datang ke Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:54 WIB

Disparbud ajak wisatawan tak ragu datang ke Majalengka

Kepala Bidang Pengelolaan IndustriPariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, Mumuh Muhidin mengatakan persoalan festival durian Sindangwangi 2017 yang sempat ...
Golkar Jabar desak DPP cabut dukungan untuk Ridwan Kamil
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:11 WIB

Golkar Jabar desak DPP cabut dukungan untuk Ridwan Kamil

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat mendesak agar pimpinan pusat partai berlambang beringin itu mencabut dukungan bagi ...
Polisi sebut belum temukan indikasi  penyalahgunaan narkoba di acara DWP
DKI Jakarta - Sabtu, 16 Desember 2017 - 13:39 WIB

Polisi sebut belum temukan indikasi penyalahgunaan narkoba di acara DWP

Pihak Polda Metro Jaya mengatakan sejauh ini belum didapatkan indikasi adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di ajang Djakarta Warehouse Project ...
Gempa 6,9 SR, 2 Tewas Puluhan Rumah Rusak
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:05 WIB

Gempa 6,9 SR, 2 Tewas Puluhan Rumah Rusak

Penanganan darurat dampak gempabumi 6,9 SR yang mengguncang wilayah bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta masih terus ...