Kamis, 19 Oktober 2017 | 10.36 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Surat Kabar Harus Kritis dan Konstruktif

Surat Kabar Harus Kritis dan Konstruktif

Reporter : Nur Fatimah | Sabtu, 29 April 2017 - 13:31 WIB

IMG-5367

Pelatihan Jurnalistik dengan tema "Satu Hati Menempah Jurnalis Muda Idealis" di Medan, Sabtu (29/4/2017). (kininews/nur fatimah)

MEDAN, kini.co.id – Persaingan surat kabar di era digital ini memang sangat ketat. Hal itu merupakan tantangan berat bagi media baru dan pemula.

Media baru ibarat orang kerdil di tengah orang-orang yang tinggi. Sehingga ia harus berteriak agar bisa disadari keberadaannya.

Hal itu diungkapkan jurnalis senior, As Atmadi dalam Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Satu Hati Menempah Jurnalis Muda Idealis” di Medan, Sabtu (29/4/2017).

“Berteriak dan menggigit, jika tidak dia tak akan terlihat di tengah keramaian. Itu perumpamaannya,” ucap mantan dosen USU ini.

Dalam acara yang digelar Surat Kabar Bumantara itu, jadi sebuah media baru tidak akan dikenal jika dia mengikut media mainstream lainnya. Media baru harus kritis tapi konstruktif.

“Judul harus keras dan membuat orang tertarik. Tapi harus pula konstruktif dan tidak menghina,” ucapnya.

Hal ini harus disadari para pengusaha jika medianya ingin tetap hidup. Sebuah media baru harus berbeda dari media-media besar lainnya atau keluar dari kerumunan.

“Jika ada suatu peristiwa dan semua media memberitakannya, maka media baru ini harus memikirkan sisi pemberitaan yang lebih menarik dalam peristiwa yang sama itu,” katanya.

Ia pun mengatakan seorang wartawan adalah pencari berita, bukan penunggu berita. Wartawan harus aktif mengejar berita bukan hanya menunggu berita dari Humas atau rilis.

“Wartawan harus terbiasa bekerja di bawah tekanan, dan disiplin dalam mencari berita. Bukan hanya menunggu-nunggu datangnya berita,” ucapnya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Bupati Ajak Warga Cek Kesehatan di RSUD Labura
Sumatera Utara - Kamis, 19 Oktober 2017 - 10:16 WIB

Bupati Ajak Warga Cek Kesehatan di RSUD Labura

Hal ini dilakukan Bupati sebagai bentuk cinta terhadap daerahnya dan juga ingin memberitahukan kepada masyarakat bahwa pelayanan dan para medis ...
Puluhan pengendara motor tak pakai helm ditegur Polwan Karawang
Jawa Barat - Kamis, 19 Oktober 2017 - 10:13 WIB

Puluhan pengendara motor tak pakai helm ditegur Polwan Karawang

Puluhan pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, terutama yang dibonceng terpaksa mendapatkan teguran lisan dari para polisi wanita (Polwan) ...
Anies Persilakan Warga Melapor Seperti di Era Ahok-Djarot
DKI Jakarta - Kamis, 19 Oktober 2017 - 09:09 WIB

Anies Persilakan Warga Melapor Seperti di Era Ahok-Djarot

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mempersilakan bagi warga yang ingin melalukan pelaporan langsung ke Balai Kota.Bahkan Ia mengaku siap turun ...
Kapolda Sumut Tekankan Anggotanya Untuk Bekerja Dengan Hati
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 22:50 WIB

Kapolda Sumut Tekankan Anggotanya Untuk Bekerja Dengan Hati

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw mengatakan pemerintah daerah maupun pusat sedang gencar membuat kebijakan terkait pembangunan Danau Toba untuk ...
Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:54 WIB

Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia

Provinsi Sumatera Utara meraih juara 1 Favorit Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis ...
Kantor Jamkrindo Unit Madina Diresmikan
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:41 WIB

Kantor Jamkrindo Unit Madina Diresmikan

Kantor Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) unit pelayanan Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (18/10) resmi dibuka secara simbolis oleh Pelaksana teknis (Plt) ...