Kamis, 24 Agustus 2017 | 10.13 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Surat Kabar Harus Kritis dan Konstruktif

Surat Kabar Harus Kritis dan Konstruktif

Reporter : Nur Fatimah | Sabtu, 29 April 2017 - 13:31 WIB

IMG-5367

Pelatihan Jurnalistik dengan tema "Satu Hati Menempah Jurnalis Muda Idealis" di Medan, Sabtu (29/4/2017). (kininews/nur fatimah)

MEDAN, kini.co.id – Persaingan surat kabar di era digital ini memang sangat ketat. Hal itu merupakan tantangan berat bagi media baru dan pemula.

Media baru ibarat orang kerdil di tengah orang-orang yang tinggi. Sehingga ia harus berteriak agar bisa disadari keberadaannya.

Hal itu diungkapkan jurnalis senior, As Atmadi dalam Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Satu Hati Menempah Jurnalis Muda Idealis” di Medan, Sabtu (29/4/2017).

“Berteriak dan menggigit, jika tidak dia tak akan terlihat di tengah keramaian. Itu perumpamaannya,” ucap mantan dosen USU ini.

Dalam acara yang digelar Surat Kabar Bumantara itu, jadi sebuah media baru tidak akan dikenal jika dia mengikut media mainstream lainnya. Media baru harus kritis tapi konstruktif.

“Judul harus keras dan membuat orang tertarik. Tapi harus pula konstruktif dan tidak menghina,” ucapnya.

Hal ini harus disadari para pengusaha jika medianya ingin tetap hidup. Sebuah media baru harus berbeda dari media-media besar lainnya atau keluar dari kerumunan.

“Jika ada suatu peristiwa dan semua media memberitakannya, maka media baru ini harus memikirkan sisi pemberitaan yang lebih menarik dalam peristiwa yang sama itu,” katanya.

Ia pun mengatakan seorang wartawan adalah pencari berita, bukan penunggu berita. Wartawan harus aktif mengejar berita bukan hanya menunggu berita dari Humas atau rilis.

“Wartawan harus terbiasa bekerja di bawah tekanan, dan disiplin dalam mencari berita. Bukan hanya menunggu-nunggu datangnya berita,” ucapnya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
DPD Golkar Sumut Siapkan Lima Bakal Calon Kepala Daerah
Sumatera Utara - Kamis, 24 Agustus 2017 - 01:27 WIB

DPD Golkar Sumut Siapkan Lima Bakal Calon Kepala Daerah

Dari delapan daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Sumatera Utara (Sumut), DPD Partai Golkar Sumut ...
Kapolri Akan Temui Korban Erupsi Gunung Sinabung di Karo
Sumatera Utara - Kamis, 24 Agustus 2017 - 00:02 WIB

Kapolri Akan Temui Korban Erupsi Gunung Sinabung di Karo

Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan menghadiri bakti kesehatan dan sosial dengan memberi bantuan untuk korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten ...
Meski Ketuanya Ditempatkan sebagai Wakil, Golkar Sumut Mengaku Tetap Solid
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 19:59 WIB

Meski Ketuanya Ditempatkan sebagai Wakil, Golkar Sumut Mengaku Tetap Solid

Keputusan DPP Golkar yang menduetkan Tengku Erry Nuradi dan Ngogesa Sitepu sebagai pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Sumatera Utara dinilai ...
Realisasi Pendapatan Medan Rp4,3 T, Gerindra Minta SKPD Dievaluasi
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:19 WIB

Realisasi Pendapatan Medan Rp4,3 T, Gerindra Minta SKPD Dievaluasi

Realisasi pendapatan daerah Kota Medan dinilai masih belum maksimal. Di beberapa sektor, pendapatan justru jauh dari target.Untuk itu Fraksi Gerindra ...
Pendapatan Reklame Jauh dari Target, PKS: Penghinaan Bagi Kota Medan
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:03 WIB

Pendapatan Reklame Jauh dari Target, PKS: Penghinaan Bagi Kota Medan

Persoalan reklame terus menjadi sorotan. Pasalnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan dari sektor reklame masih sangat memprihatinkan.Dari target Rp89,9 ...
Nunggak Uang Sewa, Pusat Kuliner Merdeka Walk Medan Diminta Tutup
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 15:40 WIB

Nunggak Uang Sewa, Pusat Kuliner Merdeka Walk Medan Diminta Tutup

Keterbatasan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Medan menjadi perhatian anggota legislatif.Hal ini mengingat semakin menyempitnya RTH seiring berdirinya bangunan ...