Minggu, 25 Juni 2017 | 09.01 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Surat Kabar Harus Kritis dan Konstruktif

Surat Kabar Harus Kritis dan Konstruktif

Reporter : Nur Fatimah | Sabtu, 29 April 2017 - 13:31 WIB

IMG-5367

Pelatihan Jurnalistik dengan tema "Satu Hati Menempah Jurnalis Muda Idealis" di Medan, Sabtu (29/4/2017). (kininews/nur fatimah)

MEDAN, kini.co.id – Persaingan surat kabar di era digital ini memang sangat ketat. Hal itu merupakan tantangan berat bagi media baru dan pemula.

Media baru ibarat orang kerdil di tengah orang-orang yang tinggi. Sehingga ia harus berteriak agar bisa disadari keberadaannya.

Hal itu diungkapkan jurnalis senior, As Atmadi dalam Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Satu Hati Menempah Jurnalis Muda Idealis” di Medan, Sabtu (29/4/2017).

“Berteriak dan menggigit, jika tidak dia tak akan terlihat di tengah keramaian. Itu perumpamaannya,” ucap mantan dosen USU ini.

Dalam acara yang digelar Surat Kabar Bumantara itu, jadi sebuah media baru tidak akan dikenal jika dia mengikut media mainstream lainnya. Media baru harus kritis tapi konstruktif.

“Judul harus keras dan membuat orang tertarik. Tapi harus pula konstruktif dan tidak menghina,” ucapnya.

Hal ini harus disadari para pengusaha jika medianya ingin tetap hidup. Sebuah media baru harus berbeda dari media-media besar lainnya atau keluar dari kerumunan.

“Jika ada suatu peristiwa dan semua media memberitakannya, maka media baru ini harus memikirkan sisi pemberitaan yang lebih menarik dalam peristiwa yang sama itu,” katanya.

Ia pun mengatakan seorang wartawan adalah pencari berita, bukan penunggu berita. Wartawan harus aktif mengejar berita bukan hanya menunggu berita dari Humas atau rilis.

“Wartawan harus terbiasa bekerja di bawah tekanan, dan disiplin dalam mencari berita. Bukan hanya menunggu-nunggu datangnya berita,” ucapnya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...
Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan   
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 13:59 WIB

Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan  

Kegiatan pertambangan ilegal seringkali menjadi biang kerok kerusakan hutan dan lingkungan.Sayangnya bukan cuma yang ilegal, perusahaan dengan izin yang masih ...
Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
DI Yogyakarta - Rabu, 21 Juni 2017 - 01:34 WIB

Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DIY menggunakan mobil dinas untuk ...
Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga
Sumatera Utara - Selasa, 20 Juni 2017 - 15:48 WIB

Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga

Selasa (20/6) pagi, Jalan Lembaga Pemasyarakat, Kelurahan Tanjunggusta, Kecamatan Medan Helvetia ramai. Sebuah mobil berwarna hitam menghantam sebuah rumah di ...