Selasa, 27 Juni 2017 | 15.35 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Saling Lempar Tudingan ‘Bagi-bagi sembako?’

Putaran Dua Pilkada

Saling Lempar Tudingan ‘Bagi-bagi sembako?’

Senin, 17 April 2017 - 13:08 WIB

IMG-5259

Ahok-Anies (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Menjelang Pilkada DKI Jakarta putaran dua yang tinggal dua hari lagi, suhu politik Ibukota nampaknya memanas, kedua kubu saling lempar tudingan bagi-bagi sembako ke pihak lain.

Kelompok Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) melaporkan dugaan pembagian sembako oleh tim pasangan Ahok-Djarot kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Tak berapa lama kemudian, tim kuasa hukum cagub-cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno juga melaporkan dugaan pelanggaran pemilu ke Bawaslu DKI Jakarta.

ACTA menyebut aksi bagi sembako berlangsung di kawasan Kalibata dan Kampung Melayu.

“Ajakan (untuk memilih) tidak ada, tapi kan dengan adanya orang-orang yang melakukan pembagian tersebut kan berindikasi. Itulah yang akan kami laporkan, perbuatan hukumnya itu,” kata Ketua ACTA, Kris Ibnu, kepada wartawan, di Kantor Bawaslu, Jakarta Utara, Minggu (16/4).

Ditegaskannya, meski mereka mengakui tim ACTA mendapat laporan pembagian sembako dari Rumah Djoeang (markas pemenangan tim Anies-Sandi), namun mereka menerima laporan yang diajukan oleh siapa saja terkait kedua tim pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di pilkada DKI Jakarta untuk kemudian dilaporkan ke Bawaslu.

“Kebetulan yang melapor dari Rumah Djoeang. Siapapun yang melapor kami terima, kami buka hotline 24 jam, sejak kemarin sampai pilkada tanggal 19 April, sampai pasca-pilkada. Kita terima laporan dari siapa saja,” tambah Kris.

Juru Bicara Tim Pemenangan Ahok-Djarot, Raja Juli Antoni membantah soal laporan pembagian sembako tersebut, ia mempersilakan dilakukannya proses hukum jika benar, dan balik menuding tim lawan melakukan berbagai pelanggaran termasuk pembagian sembako itu.

“Saya justru mendapatkan banyak laporan yang sama di bawah, pembagian sembako yang dilakukan oleh paslon nomor tiga. Jadi praktik itu harus diklarifikasi dengan melaporkannya ke Bawaslu,” kata Raja Juli.

Ia mengklaim timnya tidak pernah ada bermain dengan politik sembako semacam itu.

“Tidak ada alokasi dana yang dikucurkan untuk itu. Jadi kalau menemukan di lapangan ya diproses saja secara hukum,” kata Raja Juli.

Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan, Bawaslu DKI Jakarta, M Jufri mengatakan pihkanya menemukan pelanggaran yang sama dari kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

“Terkait pembagian paket sembako, itu lebih banyak terkait (paslon) nomor dua, tapi terkait dengan penyebaran spanduk provokatif yang ditujukan kepada paslon nomor dua.”

“Dugaan-dugaan pelanggaran yang terjadi selama ini adalah antara pembagian sembako dengan spanduk-spanduk black campaign, itu yang dimanfaatkan oleh kedua pasangan calon,” tegasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jenazah Ipda Anumerta Martua Dimakamkan Hari Ini di Batubara
Sumatera Utara - Selasa, 27 Juni 2017 - 12:16 WIB

Jenazah Ipda Anumerta Martua Dimakamkan Hari Ini di Batubara

Jenazah Ipda Anumerta Martua Sigalingging, anggota Polri yang menjadi korban penyerangan oleh pendukung Islamic State saat bertugas jaga di ...
Tokoh Gereja Bersama Ratusan Jemaat Doakan Aipda Anumerta Martua
Sumatera Utara - Senin, 26 Juni 2017 - 23:22 WIB

Tokoh Gereja Bersama Ratusan Jemaat Doakan Aipda Anumerta Martua

Ratusan jemaat dari berbagai gereja dan tokoh gereja dan pemuda berkumpul di Halaman KS Tubun Mapolda Sumut, Jl Sisingamangaraja ...
Pemudik di Bandara Hasanuddin Meningkat 20 Persen
Sulawesi - Senin, 26 Juni 2017 - 22:50 WIB

Pemudik di Bandara Hasanuddin Meningkat 20 Persen

Jumlah penumpang selama mudik Lebaran 2017 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar-Maros, Sulawesi Selatan mengalami peningkatan 20 persen sejak H-10 ...
Tunjangan Komunikasi Intensif DPRD Naik 7 Kali Lipat
Jawa Barat - Senin, 26 Juni 2017 - 18:25 WIB

Tunjangan Komunikasi Intensif DPRD Naik 7 Kali Lipat

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 tahun 2017 tertanggal 2 Juni 2017, tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota ...
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...