Minggu, 17 Desember 2017 | 20.56 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Laporkan! Orangtua Pengguna Narkoba Bisa Dijerat UU Perlindungan Anak

Laporkan! Orangtua Pengguna Narkoba Bisa Dijerat UU Perlindungan Anak

Reporter : Nur Fatimah | Sabtu, 15 April 2017 - 14:51 WIB

IMG-5240

Barang bukti narkoba yang dihanguskan di Polrestabes Medan. (kininews/armand)

MEDAN, kini.co.id – Peredaran narkoba di Sumut kian merajalela. Tak jarang balita dan anak-anak menjadi korban akibat orangtuanya yang memakai narkoba.

Bahkan banyak ditemui kasus anak-anak menyaksikan orangtuanya memakai narkoba sehari-hari.

Hal ini jelas merugikan masa depan anak tersebut. Sebab banyak orangtua yang memakai narkoba berujung pada penelantaran anak.

“Dari sekian banyak kasus persoalan anak yang masuk, penelantaran anak merupakan kasus yang mendominasi di Sumut. Dan salahsatu penyebabnya adalah narkoba,” terang Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumut, Muniruddin Ritonga kepada Kini.co.id, Sabtu (15/4/2017).

Munir menegaskan untuk alasan apapun, orangtua yang memakai narkoba dan tinggal bersama anaknya adalah tidak bermoral. Apalagi anak yang masih tak berdosa ikut menyaksikan dan mungkin menghirup hingga terpapar narkoba.

“Perilaku ini juga sangat tidak mendidik dan tidak bermoral dalam mendukung tumbuh kembang anak,” ucapnya.

Munir juga menegaskan anak memiliki hak yang harus dipenuhi orangtuanya. Anak juga dilindungi undang-undang, sehingga orangtua yang melibatkan anaknya dalam dunia narkoba bisa dijerat pidana dengan pasal berlapis yakni penggunaan narkoba dan pelanggaran UU Perlindungan anak.

“Anak itu punya hak untuk mendapat kehidupan yang baik, dan itu dilindungi undang-undang. Jadi orangtua yang melanggar itu bisa dipidana,” kata Munir.

Orangtua pengguna narkoba bisa dijerat pasal 45 ayat 1 dan pasal 45 (b) UU perlindungan anak No. 35 Tahun 2014.

Munir mengingatkan bahwa anak itu merupakan titipan Tuhan bukan kepunyaan mutlak orangtua. Orangtua berhak memberi kasih sayang tapi tidak berhak memperlakukan anak seenaknya.

Untuk itu Munir mengimbau masyarakat yang melihat dan mengetahui orangtua memakai narkoba dan ada anak-anak di rumahnya untuk melaporkan itu kepada polisi.

“Jika ada melihat, laporkan! Kita harus sama-sama memerangi narkoba dan bersama-sama menyelamatkan anak-anak bangsa,” tegas Munir.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
BPBD Cilacap catat 110 rumah rusak akibat gempa
Jawa Tengah - Minggu, 17 Desember 2017 - 14:00 WIB

BPBD Cilacap catat 110 rumah rusak akibat gempa

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan, sebanyak 110 rumah di Kabupaten Cilacap, Jawa ...
PAN resmi usung Sudirman Said di Pilgub Jateng
Jawa Tengah - Sabtu, 16 Desember 2017 - 19:44 WIB

PAN resmi usung Sudirman Said di Pilgub Jateng

Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mendukung pencalonan Sudirman Said sebagai calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2018. Kepastian tersebut ...
Disparbud ajak wisatawan tak ragu datang ke Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:54 WIB

Disparbud ajak wisatawan tak ragu datang ke Majalengka

Kepala Bidang Pengelolaan IndustriPariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, Mumuh Muhidin mengatakan persoalan festival durian Sindangwangi 2017 yang sempat ...
Golkar Jabar desak DPP cabut dukungan untuk Ridwan Kamil
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:11 WIB

Golkar Jabar desak DPP cabut dukungan untuk Ridwan Kamil

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat mendesak agar pimpinan pusat partai berlambang beringin itu mencabut dukungan bagi ...
Polisi sebut belum temukan indikasi  penyalahgunaan narkoba di acara DWP
DKI Jakarta - Sabtu, 16 Desember 2017 - 13:39 WIB

Polisi sebut belum temukan indikasi penyalahgunaan narkoba di acara DWP

Pihak Polda Metro Jaya mengatakan sejauh ini belum didapatkan indikasi adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di ajang Djakarta Warehouse Project ...
Gempa 6,9 SR, 2 Tewas Puluhan Rumah Rusak
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:05 WIB

Gempa 6,9 SR, 2 Tewas Puluhan Rumah Rusak

Penanganan darurat dampak gempabumi 6,9 SR yang mengguncang wilayah bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta masih terus ...