Minggu, 25 Juni 2017 | 08.56 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemahaman Bursa Kerja Berbasis Internet di Medan Masih Rendah

Pemahaman Bursa Kerja Berbasis Internet di Medan Masih Rendah

Reporter : Nur Fatimah | Kamis, 6 April 2017 - 18:18 WIB

IMG-5119

Ilustrasi. (ist)

MEDAN, kini.co.id – Teknologi internet menawarkan kemudahan di hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk mencari pekerjaan.

Namun di sejumlah masih banyak yang belum mau memanfaatkan aplikasi bursa kerja berbasis internet untuk mencari pekerjaan ataupun mencari karyawan.

Seperti di Medan, kebanyakan perusahaan dan calon pekerja masih menggunakan cara lama yakni melamar langsung. Sementara pencari kerja sibuk memasang iklan di media yang harganya mahal.

Hal ini dikatakan Country Manager JobStreet.com Indonesia, Faridah Lim ketika diwawancara usai perayaan ulang tahun ke-5 JobStreet.com di Medan, Kamis (6/4/2017).

Farida menyebut saat ini ada 1.095 perusahaan di Sumut bergabung di JoSstreet.

“Angka ini termasuk rendah dibandingkan dengan daerah lain. Karena di Medan atau Sumut behaviour perusahaan ataupun pencari kerja masih tidak akrab dengan teknologi internet,” ucapnya.

Baik perusahaan maupun pencari kerja tidak terbiasa dengan rekrutmen secara online.

“Masi banyak yang belum paham dan tidak tahu sistem di Jobstreet bahkan ragu apakah cv yang dikirim sampai ke perusahaan atau tidak,” ucapnya.

Padahal, lanjutnya, ada 20 ribuan lowongan kerja di JobStreet dari berbagai perusahaan di Indonesia. Bahkan 95 persen di antaranya tetap konsisten memasang iklan di JobStreet.

“Kalau dari pekerjanya juga banyak yang memperoleh pekerjaan dari JobStreet tapi saya tidak bisa sebutkan jumlahnya berapa,” ucapnya.

Ia menjelaskan JobStreet.com merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan kerja di Asia. Bukan cuma menyediakan info, pelamar juga bs mengirim CV ke JobStreet yang nantinya akan diteruskan ke perusahaan yang diincar.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...
Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan   
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 13:59 WIB

Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan  

Kegiatan pertambangan ilegal seringkali menjadi biang kerok kerusakan hutan dan lingkungan.Sayangnya bukan cuma yang ilegal, perusahaan dengan izin yang masih ...
Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
DI Yogyakarta - Rabu, 21 Juni 2017 - 01:34 WIB

Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DIY menggunakan mobil dinas untuk ...
Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga
Sumatera Utara - Selasa, 20 Juni 2017 - 15:48 WIB

Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga

Selasa (20/6) pagi, Jalan Lembaga Pemasyarakat, Kelurahan Tanjunggusta, Kecamatan Medan Helvetia ramai. Sebuah mobil berwarna hitam menghantam sebuah rumah di ...