Kamis, 19 Oktober 2017 | 10.33 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemahaman Bursa Kerja Berbasis Internet di Medan Masih Rendah

Pemahaman Bursa Kerja Berbasis Internet di Medan Masih Rendah

Reporter : Nur Fatimah | Kamis, 6 April 2017 - 18:18 WIB

IMG-5119

Ilustrasi. (ist)

MEDAN, kini.co.id – Teknologi internet menawarkan kemudahan di hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk mencari pekerjaan.

Namun di sejumlah masih banyak yang belum mau memanfaatkan aplikasi bursa kerja berbasis internet untuk mencari pekerjaan ataupun mencari karyawan.

Seperti di Medan, kebanyakan perusahaan dan calon pekerja masih menggunakan cara lama yakni melamar langsung. Sementara pencari kerja sibuk memasang iklan di media yang harganya mahal.

Hal ini dikatakan Country Manager JobStreet.com Indonesia, Faridah Lim ketika diwawancara usai perayaan ulang tahun ke-5 JobStreet.com di Medan, Kamis (6/4/2017).

Farida menyebut saat ini ada 1.095 perusahaan di Sumut bergabung di JoSstreet.

“Angka ini termasuk rendah dibandingkan dengan daerah lain. Karena di Medan atau Sumut behaviour perusahaan ataupun pencari kerja masih tidak akrab dengan teknologi internet,” ucapnya.

Baik perusahaan maupun pencari kerja tidak terbiasa dengan rekrutmen secara online.

“Masi banyak yang belum paham dan tidak tahu sistem di Jobstreet bahkan ragu apakah cv yang dikirim sampai ke perusahaan atau tidak,” ucapnya.

Padahal, lanjutnya, ada 20 ribuan lowongan kerja di JobStreet dari berbagai perusahaan di Indonesia. Bahkan 95 persen di antaranya tetap konsisten memasang iklan di JobStreet.

“Kalau dari pekerjanya juga banyak yang memperoleh pekerjaan dari JobStreet tapi saya tidak bisa sebutkan jumlahnya berapa,” ucapnya.

Ia menjelaskan JobStreet.com merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan kerja di Asia. Bukan cuma menyediakan info, pelamar juga bs mengirim CV ke JobStreet yang nantinya akan diteruskan ke perusahaan yang diincar.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Bupati Ajak Warga Cek Kesehatan di RSUD Labura
Sumatera Utara - Kamis, 19 Oktober 2017 - 10:16 WIB

Bupati Ajak Warga Cek Kesehatan di RSUD Labura

Hal ini dilakukan Bupati sebagai bentuk cinta terhadap daerahnya dan juga ingin memberitahukan kepada masyarakat bahwa pelayanan dan para medis ...
Puluhan pengendara motor tak pakai helm ditegur Polwan Karawang
Jawa Barat - Kamis, 19 Oktober 2017 - 10:13 WIB

Puluhan pengendara motor tak pakai helm ditegur Polwan Karawang

Puluhan pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, terutama yang dibonceng terpaksa mendapatkan teguran lisan dari para polisi wanita (Polwan) ...
Anies Persilakan Warga Melapor Seperti di Era Ahok-Djarot
DKI Jakarta - Kamis, 19 Oktober 2017 - 09:09 WIB

Anies Persilakan Warga Melapor Seperti di Era Ahok-Djarot

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mempersilakan bagi warga yang ingin melalukan pelaporan langsung ke Balai Kota.Bahkan Ia mengaku siap turun ...
Kapolda Sumut Tekankan Anggotanya Untuk Bekerja Dengan Hati
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 22:50 WIB

Kapolda Sumut Tekankan Anggotanya Untuk Bekerja Dengan Hati

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw mengatakan pemerintah daerah maupun pusat sedang gencar membuat kebijakan terkait pembangunan Danau Toba untuk ...
Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:54 WIB

Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia

Provinsi Sumatera Utara meraih juara 1 Favorit Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis ...
Kantor Jamkrindo Unit Madina Diresmikan
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:41 WIB

Kantor Jamkrindo Unit Madina Diresmikan

Kantor Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) unit pelayanan Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (18/10) resmi dibuka secara simbolis oleh Pelaksana teknis (Plt) ...