Sabtu, 16 Desember 2017 | 06.35 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Pemahaman Bursa Kerja Berbasis Internet di Medan Masih Rendah

Pemahaman Bursa Kerja Berbasis Internet di Medan Masih Rendah

Reporter : Nur Fatimah | Kamis, 6 April 2017 - 18:18 WIB

IMG-5119

Ilustrasi. (ist)

MEDAN, kini.co.id – Teknologi internet menawarkan kemudahan di hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk mencari pekerjaan.

Namun di sejumlah masih banyak yang belum mau memanfaatkan aplikasi bursa kerja berbasis internet untuk mencari pekerjaan ataupun mencari karyawan.

Seperti di Medan, kebanyakan perusahaan dan calon pekerja masih menggunakan cara lama yakni melamar langsung. Sementara pencari kerja sibuk memasang iklan di media yang harganya mahal.

Hal ini dikatakan Country Manager JobStreet.com Indonesia, Faridah Lim ketika diwawancara usai perayaan ulang tahun ke-5 JobStreet.com di Medan, Kamis (6/4/2017).

Farida menyebut saat ini ada 1.095 perusahaan di Sumut bergabung di JoSstreet.

“Angka ini termasuk rendah dibandingkan dengan daerah lain. Karena di Medan atau Sumut behaviour perusahaan ataupun pencari kerja masih tidak akrab dengan teknologi internet,” ucapnya.

Baik perusahaan maupun pencari kerja tidak terbiasa dengan rekrutmen secara online.

“Masi banyak yang belum paham dan tidak tahu sistem di Jobstreet bahkan ragu apakah cv yang dikirim sampai ke perusahaan atau tidak,” ucapnya.

Padahal, lanjutnya, ada 20 ribuan lowongan kerja di JobStreet dari berbagai perusahaan di Indonesia. Bahkan 95 persen di antaranya tetap konsisten memasang iklan di JobStreet.

“Kalau dari pekerjanya juga banyak yang memperoleh pekerjaan dari JobStreet tapi saya tidak bisa sebutkan jumlahnya berapa,” ucapnya.

Ia menjelaskan JobStreet.com merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan kerja di Asia. Bukan cuma menyediakan info, pelamar juga bs mengirim CV ke JobStreet yang nantinya akan diteruskan ke perusahaan yang diincar.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Data kerusakan bangunan akibat gempa Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 06:35 WIB

Data kerusakan bangunan akibat gempa Tasikmalaya

Puluhan rumah tercatat roboh dan ambruk akibat guncangan gempa yang terjadi di Tasikmalaya. Tidak hanya bangunan, sejumlah warga Tasikmalaya juga ...
Warga Tasikmalaya dihimbau mengungsi
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 02:17 WIB

Warga Tasikmalaya dihimbau mengungsi

Warga yang tinggal di pesisir pantai Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengungsi ke dataran tinggi untuk menghindari ancaman bahaya ...
BMKG keluarkan peringatan potensi Tsunami gempa Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 01:14 WIB

BMKG keluarkan peringatan potensi Tsunami gempa Tasikmalaya

Gempa berkekuatan 7,3 skala richter (SR) terjadi di 43 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, pada pukul 23.47 WIB, Jumat. ...
Warga Majalengka rasakan gempa Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 01:12 WIB

Warga Majalengka rasakan gempa Tasikmalaya

Sejumlah warga di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dibuat panik dengan gempa bumi yang terjadi pada Jumat malam sekitar pukul 23.48 ...
Gempa berkekuatan 7,3 SR juga goncang Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 00:57 WIB

Gempa berkekuatan 7,3 SR juga goncang Tasikmalaya

Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter di Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya terasa hingga ke Bandung, Jawa Barat pada Jumat pukul ...
Gempa berkekuatan 6,7 SR guncang Sukabumi
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 00:51 WIB

Gempa berkekuatan 6,7 SR guncang Sukabumi

Gempa berkekuatan 6,7 skala richter (SR) mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya yang menyebabkan warga panik dan berhamburan keluar ...