Kamis, 24 Agustus 2017 | 13.55 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Permuda Angkutan Barang, KAI Tambah Tujuh Lokomotif di Sumut

Permuda Angkutan Barang, KAI Tambah Tujuh Lokomotif di Sumut

Reporter : Zainal Bakri | Senin, 3 April 2017 - 08:19 WIB

IMG-5048

Mudik dengan kereta api. (Ist)

Medan, kini.co.id – Untuk memperkuat layanan angkutan keretapi api, khusunya kereta barang di wilayah Sumatera Utara, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara menambah tujuh lokomotif.

Tujuh lokomotif dengan seri CC201 itu didatangkan dari Sumatera Selatan yang masuk melalui Pelabuhan Belawan pada pekan ini.

“Tujuh lokomotif tambahan itu, sebanyak empat lokomotif untuk angkutan barang dan tiga lokomotif lainnya untuk kereta penumpang,” kata Vice President PT KAI Divre I Sumut Mateta Rijalulhaq dalam keterangan tertulisnya di Medan, Minggu (2/4).

Mateta menegaskan dengan tambahan tujuh lokomotif itu, maka jumlah lokomotif yang ada di wilayah Sumut menjadi 35 lokomotif.

Hal ini dilakukan manajemen KAI untuk meningkatkan layanan angkutan barang menyusul potensinya yang cukup besar, khususnya pada angkutan komoditas sawit.

“Manajemen KAI menargetkan volume barang yang diangkut pada tahun ini juga meningkat dengan tambahan lokomotif itu,” tandasnya.

Manajer Humas KAI Divre 1 Sumut M. Ilud Siregar menambahkan pada tahun 2016 volume angkutan barang di Medan mencapai 655.805 ton atau naik dari tahun 2015 yang hanya mencapai 613.000 ton.

Kenaikan volume angkutan barang pada tahun 2017 karena adanya angkutan peti kemas yang sudah mulai diuji coba pada tahun 2016 sebesar 252.000 TEUs.

“Selain komoditas angkutan barang KAI berupa bahan bakar minyak (BBM) dan hantaran parsel. Dalam upaya meningkatkan angkutan volume itulah, selain memperluas dan menambah jumlah perjalanan kereta api, juga menambah jumlah lokomotif,” kata Ilud Siregar.

KAI, kata Ilud, pihaknya juga meningkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mempermuda pengangkutan produknya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
DPD Golkar Sumut Siapkan Lima Bakal Calon Kepala Daerah
Sumatera Utara - Kamis, 24 Agustus 2017 - 01:27 WIB

DPD Golkar Sumut Siapkan Lima Bakal Calon Kepala Daerah

Dari delapan daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Sumatera Utara (Sumut), DPD Partai Golkar Sumut ...
Kapolri Akan Temui Korban Erupsi Gunung Sinabung di Karo
Sumatera Utara - Kamis, 24 Agustus 2017 - 00:02 WIB

Kapolri Akan Temui Korban Erupsi Gunung Sinabung di Karo

Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan menghadiri bakti kesehatan dan sosial dengan memberi bantuan untuk korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten ...
Meski Ketuanya Ditempatkan sebagai Wakil, Golkar Sumut Mengaku Tetap Solid
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 19:59 WIB

Meski Ketuanya Ditempatkan sebagai Wakil, Golkar Sumut Mengaku Tetap Solid

Keputusan DPP Golkar yang menduetkan Tengku Erry Nuradi dan Ngogesa Sitepu sebagai pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Sumatera Utara dinilai ...
Realisasi Pendapatan Medan Rp4,3 T, Gerindra Minta SKPD Dievaluasi
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:19 WIB

Realisasi Pendapatan Medan Rp4,3 T, Gerindra Minta SKPD Dievaluasi

Realisasi pendapatan daerah Kota Medan dinilai masih belum maksimal. Di beberapa sektor, pendapatan justru jauh dari target.Untuk itu Fraksi Gerindra ...
Pendapatan Reklame Jauh dari Target, PKS: Penghinaan Bagi Kota Medan
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:03 WIB

Pendapatan Reklame Jauh dari Target, PKS: Penghinaan Bagi Kota Medan

Persoalan reklame terus menjadi sorotan. Pasalnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan dari sektor reklame masih sangat memprihatinkan.Dari target Rp89,9 ...
Nunggak Uang Sewa, Pusat Kuliner Merdeka Walk Medan Diminta Tutup
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 15:40 WIB

Nunggak Uang Sewa, Pusat Kuliner Merdeka Walk Medan Diminta Tutup

Keterbatasan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Medan menjadi perhatian anggota legislatif.Hal ini mengingat semakin menyempitnya RTH seiring berdirinya bangunan ...