Selasa, 12 Desember 2017 | 05.39 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Permuda Angkutan Barang, KAI Tambah Tujuh Lokomotif di Sumut

Permuda Angkutan Barang, KAI Tambah Tujuh Lokomotif di Sumut

Reporter : Zainal Bakri | Senin, 3 April 2017 - 08:19 WIB

IMG-5048

Mudik dengan kereta api. (Ist)

Medan, kini.co.id – Untuk memperkuat layanan angkutan keretapi api, khusunya kereta barang di wilayah Sumatera Utara, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara menambah tujuh lokomotif.

Tujuh lokomotif dengan seri CC201 itu didatangkan dari Sumatera Selatan yang masuk melalui Pelabuhan Belawan pada pekan ini.

“Tujuh lokomotif tambahan itu, sebanyak empat lokomotif untuk angkutan barang dan tiga lokomotif lainnya untuk kereta penumpang,” kata Vice President PT KAI Divre I Sumut Mateta Rijalulhaq dalam keterangan tertulisnya di Medan, Minggu (2/4).

Mateta menegaskan dengan tambahan tujuh lokomotif itu, maka jumlah lokomotif yang ada di wilayah Sumut menjadi 35 lokomotif.

Hal ini dilakukan manajemen KAI untuk meningkatkan layanan angkutan barang menyusul potensinya yang cukup besar, khususnya pada angkutan komoditas sawit.

“Manajemen KAI menargetkan volume barang yang diangkut pada tahun ini juga meningkat dengan tambahan lokomotif itu,” tandasnya.

Manajer Humas KAI Divre 1 Sumut M. Ilud Siregar menambahkan pada tahun 2016 volume angkutan barang di Medan mencapai 655.805 ton atau naik dari tahun 2015 yang hanya mencapai 613.000 ton.

Kenaikan volume angkutan barang pada tahun 2017 karena adanya angkutan peti kemas yang sudah mulai diuji coba pada tahun 2016 sebesar 252.000 TEUs.

“Selain komoditas angkutan barang KAI berupa bahan bakar minyak (BBM) dan hantaran parsel. Dalam upaya meningkatkan angkutan volume itulah, selain memperluas dan menambah jumlah perjalanan kereta api, juga menambah jumlah lokomotif,” kata Ilud Siregar.

KAI, kata Ilud, pihaknya juga meningkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mempermuda pengangkutan produknya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Tanggapi Survei Bekasi Institute, Ini Tantangan Lucky Hakim untuk Petahana
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 21:46 WIB

Tanggapi Survei Bekasi Institute, Ini Tantangan Lucky Hakim untuk Petahana

Hasil survei Lembaga Survei Bekasi Institute menempatkan politisi PAN, Lucky Hakim pada posisi kedua setelah Rahmat Effendi dan diatas politisi ...
Survei Bekasi Institute: Petahana Masih Unggul
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 21:42 WIB

Survei Bekasi Institute: Petahana Masih Unggul

Ada tiga nama yang bakal dipilih masyarakat Kota Bekasi apabila pemilihan kepala daerah dilakukan sekarang. Ketiga nama itu, yakni Rahmat ...
Dongkrak literasi, Pemprov Sumut akan pecahkan tiga rekor Muri
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 20:26 WIB

Dongkrak literasi, Pemprov Sumut akan pecahkan tiga rekor Muri

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dias Perpustakaan dan Arsip bekerjasama dengan Forum Masyarakat Literasi akan menggelar pemecahan rekor Museum Rekor ...
Pemprov Sumut juga raih penghargaan peduli HAM
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 19:35 WIB

Pemprov Sumut juga raih penghargaan peduli HAM

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini, Tengku Erry menerima penghargaan atas upayanya ...
Bupati Labura Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah
Sumatera Utara - Senin, 11 Desember 2017 - 18:39 WIB
Labura

Bupati Labura Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah

Bupati Labura Kharuddin Syah mengajak masyarakat untuk meneladani Rasulullah SAW.Hal itu dikatakannya saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 ...
Pelaku pembunuhan siswi SMA di Bekasi bukan pacar tapi..
Jawa Barat - Senin, 11 Desember 2017 - 17:05 WIB

Pelaku pembunuhan siswi SMA di Bekasi bukan pacar tapi..

Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, memastikan jika kasus pembunuhan yang menimpa siswi SMA bernama Mashita Octavian (18) adalah salah salah ...