Senin, 19 Februari 2018 | 22.18 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Permuda Angkutan Barang, KAI Tambah Tujuh Lokomotif di Sumut

Permuda Angkutan Barang, KAI Tambah Tujuh Lokomotif di Sumut

Reporter : Zainal Bakri | Senin, 3 April 2017 - 08:19 WIB

IMG-5048

Mudik dengan kereta api. (Ist)

Medan, kini.co.id – Untuk memperkuat layanan angkutan keretapi api, khusunya kereta barang di wilayah Sumatera Utara, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara menambah tujuh lokomotif.

Tujuh lokomotif dengan seri CC201 itu didatangkan dari Sumatera Selatan yang masuk melalui Pelabuhan Belawan pada pekan ini.

“Tujuh lokomotif tambahan itu, sebanyak empat lokomotif untuk angkutan barang dan tiga lokomotif lainnya untuk kereta penumpang,” kata Vice President PT KAI Divre I Sumut Mateta Rijalulhaq dalam keterangan tertulisnya di Medan, Minggu (2/4).

Mateta menegaskan dengan tambahan tujuh lokomotif itu, maka jumlah lokomotif yang ada di wilayah Sumut menjadi 35 lokomotif.

Hal ini dilakukan manajemen KAI untuk meningkatkan layanan angkutan barang menyusul potensinya yang cukup besar, khususnya pada angkutan komoditas sawit.

“Manajemen KAI menargetkan volume barang yang diangkut pada tahun ini juga meningkat dengan tambahan lokomotif itu,” tandasnya.

Manajer Humas KAI Divre 1 Sumut M. Ilud Siregar menambahkan pada tahun 2016 volume angkutan barang di Medan mencapai 655.805 ton atau naik dari tahun 2015 yang hanya mencapai 613.000 ton.

Kenaikan volume angkutan barang pada tahun 2017 karena adanya angkutan peti kemas yang sudah mulai diuji coba pada tahun 2016 sebesar 252.000 TEUs.

“Selain komoditas angkutan barang KAI berupa bahan bakar minyak (BBM) dan hantaran parsel. Dalam upaya meningkatkan angkutan volume itulah, selain memperluas dan menambah jumlah perjalanan kereta api, juga menambah jumlah lokomotif,” kata Ilud Siregar.

KAI, kata Ilud, pihaknya juga meningkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mempermuda pengangkutan produknya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Demiz targetkan raih 61 persen suara di Pilgub
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 21:07 WIB

Demiz targetkan raih 61 persen suara di Pilgub

Deddy Mizwar sesumbar mampu memenangkan Pilgub Jabar 2018. Calon Gubernur Jawa Barat, yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi, tersebut menargetkan mampu ...
Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan
Sumatera Utara - Senin, 19 Februari 2018 - 21:00 WIB

Wali Kota Medan ajak pelaku usaha berkontribusi dalam pembangunan

Walikota Medan Dzulmi Eldin mengajak pelaku usaha di Kota Medan agar ikut berkontribusi dalam pembangunan Kota dengan turut menghias taman ...
Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:08 WIB

Paslon Rindu Bakal Insentif Kampanye di Bekasi

Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul (Rindu) akan mengintensifkan kampanye di kota dan kabupaten ...
Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:07 WIB

Pjs Wali Kota Bekasi Datangi Kantor KPU, Bahas Apa?

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi R. Ruddy Gandakusumah, berkujung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi di Jalan ...
Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 18:00 WIB

Reklame di Bekasi Ambruk Saat Hujan Angin

Pengendara motor dan mobil di Jalan Cemerlang, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi nyaris tertimpa reklame ambruk, Senin (19/2/2018). Beruntung ...
Kampanye Diminta Kedepankan Visi Misi dan Program
Jawa Barat - Senin, 19 Februari 2018 - 17:56 WIB

Kampanye Diminta Kedepankan Visi Misi dan Program

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi telah melaksanakan tahapan deklarasi kampanye damai di lantai satu REVO Town Mall, Jalan Ahmad ...