Minggu, 25 Juni 2017 | 08.55 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Permuda Angkutan Barang, KAI Tambah Tujuh Lokomotif di Sumut

Permuda Angkutan Barang, KAI Tambah Tujuh Lokomotif di Sumut

Reporter : Zainal Bakri | Senin, 3 April 2017 - 08:19 WIB

IMG-5048

Mudik dengan kereta api. (Ist)

Medan, kini.co.id – Untuk memperkuat layanan angkutan keretapi api, khusunya kereta barang di wilayah Sumatera Utara, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara menambah tujuh lokomotif.

Tujuh lokomotif dengan seri CC201 itu didatangkan dari Sumatera Selatan yang masuk melalui Pelabuhan Belawan pada pekan ini.

“Tujuh lokomotif tambahan itu, sebanyak empat lokomotif untuk angkutan barang dan tiga lokomotif lainnya untuk kereta penumpang,” kata Vice President PT KAI Divre I Sumut Mateta Rijalulhaq dalam keterangan tertulisnya di Medan, Minggu (2/4).

Mateta menegaskan dengan tambahan tujuh lokomotif itu, maka jumlah lokomotif yang ada di wilayah Sumut menjadi 35 lokomotif.

Hal ini dilakukan manajemen KAI untuk meningkatkan layanan angkutan barang menyusul potensinya yang cukup besar, khususnya pada angkutan komoditas sawit.

“Manajemen KAI menargetkan volume barang yang diangkut pada tahun ini juga meningkat dengan tambahan lokomotif itu,” tandasnya.

Manajer Humas KAI Divre 1 Sumut M. Ilud Siregar menambahkan pada tahun 2016 volume angkutan barang di Medan mencapai 655.805 ton atau naik dari tahun 2015 yang hanya mencapai 613.000 ton.

Kenaikan volume angkutan barang pada tahun 2017 karena adanya angkutan peti kemas yang sudah mulai diuji coba pada tahun 2016 sebesar 252.000 TEUs.

“Selain komoditas angkutan barang KAI berupa bahan bakar minyak (BBM) dan hantaran parsel. Dalam upaya meningkatkan angkutan volume itulah, selain memperluas dan menambah jumlah perjalanan kereta api, juga menambah jumlah lokomotif,” kata Ilud Siregar.

KAI, kata Ilud, pihaknya juga meningkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mempermuda pengangkutan produknya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...
Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan   
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 13:59 WIB

Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan  

Kegiatan pertambangan ilegal seringkali menjadi biang kerok kerusakan hutan dan lingkungan.Sayangnya bukan cuma yang ilegal, perusahaan dengan izin yang masih ...
Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
DI Yogyakarta - Rabu, 21 Juni 2017 - 01:34 WIB

Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DIY menggunakan mobil dinas untuk ...
Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga
Sumatera Utara - Selasa, 20 Juni 2017 - 15:48 WIB

Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga

Selasa (20/6) pagi, Jalan Lembaga Pemasyarakat, Kelurahan Tanjunggusta, Kecamatan Medan Helvetia ramai. Sebuah mobil berwarna hitam menghantam sebuah rumah di ...