Senin, 26 Juni 2017 | 02.00 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Anies-Sandi Unggul di Twitter dan Instagram, Ahok-Djarot di Facebook

Pilkada DKI Putaran 2

Anies-Sandi Unggul di Twitter dan Instagram, Ahok-Djarot di Facebook

Reporter : Ardiansyah | Rabu, 22 Maret 2017 - 11:37 WIB

IMG-4844

Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan - Sandiaga Uno. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Mayoritas pemilih Ibukota Jakarta yang melek menggunakan media sosial ikut menyumbang dalam menentukan dalam Pilkada DKI Jakarta.

Berdasarkan survei LSI Denny JA, sebesar 58,90% responden yang aktif menggunakan media sosial mengikuti perkembangan dinamika politik, mulai dari memberikan opini, mengomentari status, sharing berita Pilkada DKI dan lain-lain.

Sedangkan sisanya, 40,50 persen tidak aktif di media sosial meski mereka ada yang memiliki akun media sosial.
LSI Denny JA melakukan surveinya pada tanggal 27 Februari-3 Maret 2017 di Jakarta dengan melakukan tatap muka terhadap 440 responden.

Metode yang digunakan multistage random sampling dengan Margin of Error survei ini plus minus 4,8 persen.

Hasilnya dalam catatan LSI, masyarakat DKI yang turut dalam hiruk pikuk pilkada dimedia sosial yakni melalui facebook 57,80 persen, Instagram 29,30 persen dan dan Twitter sebesar 17,20 persen.

Tingkat elektabilitas kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di media sosial, hasilnya pasangan Anies-Sandi unggul di Twitter dan Instagram sedangkan Ahok-Djarot unggul di Facebook.

“Pasangan Anies-Sandi menguasai dua medsos, sedangkan Ahok-Djarot satu medsos,” kata Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, di Kantornya, Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Selasa (21/2) kemarin.

Sedangkan tingkat popularitas kedua pasangan cagub dan cawagub, di facebook, Anies-Sandi lebih unggul yakni 47,57 persen, sedangkan Ahok-Djarot sebesar 43,93 persen.

Kemudian, di Instagram Anies-Sandi meraih 49,99 persen dan Ahok-Djarot 40,73 persen. Di Twitter, pasangan Ahok-Djarot lebih unggul dengan 53,34 persen sebaliknya Anies-Sandi 39,33 persen.

Disebutkannya, pengguna media sosial di Jakarta juga ikut menentukan siapa pemenang pilkada DKI Jakarta.
“Karena mereka tidak hanya memantau perkembangan, tetapi juga aktif memberikan opini. Bahkan, di hari tenang sekali pun, mereka tetap aktif,” ucapnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...
Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan   
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 13:59 WIB

Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan  

Kegiatan pertambangan ilegal seringkali menjadi biang kerok kerusakan hutan dan lingkungan.Sayangnya bukan cuma yang ilegal, perusahaan dengan izin yang masih ...
Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
DI Yogyakarta - Rabu, 21 Juni 2017 - 01:34 WIB

Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DIY menggunakan mobil dinas untuk ...
Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga
Sumatera Utara - Selasa, 20 Juni 2017 - 15:48 WIB

Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga

Selasa (20/6) pagi, Jalan Lembaga Pemasyarakat, Kelurahan Tanjunggusta, Kecamatan Medan Helvetia ramai. Sebuah mobil berwarna hitam menghantam sebuah rumah di ...