Sabtu, 16 Desember 2017 | 10.19 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Dinilai Sepaham Koalisi Buruh Jakarta Dukung Anies-Sandi

Dinilai Sepaham Koalisi Buruh Jakarta Dukung Anies-Sandi

Reporter : Rakisa | Sabtu, 18 Maret 2017 - 10:48 WIB

IMG-4765

Pasangan Anies-Sandiaga di rapat pleno KPUD DKI Jakarta (KiniNews/Doc)

Jakarta, kini.co.id – Koalisi Buruh Jakarta yang terdiri dari 12 organisasi buruh menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Pernyataan dukungan yang dilakukan secara simbolis disampaikan langsung oleh para pimpinan buruh DKI Jakarta di Posko Pemenangan Anies-Sandi Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (17/3).

Ke dua belas organisasi buruh tersebut yakni FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) DKI Jakarta, FSP LEM SPSI DKI Jakarta, ASPEK Indonesia Provinsi DKI Jakarta, SPN DKI Jakarta, FSP KEP KSPI, Forum Guru Tenaga Honorer dan Swasta, FSP FARKES Reformasi DKI Jakarta, SP PPMI KSPI, FSP Pariwisata Reformasi, FSPASI, FSUI, SPOI.

Mereka merasa bahwa program-program pasangan Anies-Sandiaga sejalan dengan organisasi Buruh dalam rangka mewujudkan Jakarta yang lebih baik dan sejahtera, salah satunya adalah mengenai penetapan upah minimum jakarta yang lebih tinggi ketentuan menggunakan PP 78/2015.

Kordinator Koalisi Buruh Jakarta, Winarso menyebutkan bahwa dukungan tersebut berasal dari keinginan para buruh yang kecewa dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Terlebih terkait kebijakan warga kalangan bawah dan buruh.

“Gerakan ini berangkat dari keinginan teman-teman yang sudah tidak percaya lagi dengan kepemimpinan Ahok,” ungkapnya.

Winarso menjelaskan, Jakarta dengan potensi APBD yang luar biasa sekitar 70 Triliun, tetapi belum ada efeknya bagi masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah.

“Tapi kita seperti dibohongin, banyak hal yang tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat. Karena itu kita sepakat untuk memenangkan Anies-Sandi,” tambahnya.

Sebelumnya para buruh menjuluki Ahok sebagai Bapak Upah Murah, Bapak Tukang Gusur Rakyat Kecil, hingga Bapak Penista Agama. Tidak hanya itu, beberapa kali buruh DKI Jakarta melakukan demontrasi menolak penggurusan dan reklamasi.

Termasuk mendesak KPK agar kasus korupsi RS Sumber Waras yang didugaga melibatkan Gubernur Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok diusut.

Menanggapi keluhan para buruh di Jakarta, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berjanji akan memperhatikan kesejahteraan para buruh di Ibukota.

“Dunia usaha berjalan, harkat pekerja juga terangkat. Seperti pada tagline kita, ‘Maju Kotanya, Bahagia Warganya’, termasuk ‘Sejahtera Pekerjanya’. Ada kesepakatan nanti di DKI Jakarta-ada situasi yang kondusif, hari ini kita samakan persepsi, mudah-mudahan kita dapat menjalin keakraban dan kerjasama untuk mensejahterakan masyarakat,” ujar Sandiaga.

“Soal outsourcing juga akan menjadi perhatian kita, ┬ákarena dari banyak tempat yang saya kunjungi, salah satu masalah yang dikeluhkan masyarakat adalah tentang outsourcing. Mereka bilang kalau penerapan sistem outsourcing sangat memberatkan, tidak ada kesempatan bagi pekerja untuk mengembangkan diri,” tutupnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Gempa 5,1 SR Guncang Minahasa
Sulawesi - Sabtu, 16 Desember 2017 - 10:17 WIB

Gempa 5,1 SR Guncang Minahasa

Warga Minahasa Penisula sempat dikejutkan dengan gempa berkekuatan 5,1 skala richter yang terjadi Sabtu (16/12/2017) pada pukul 04.27 WIB."Gempa terjadi ...
Gempa Bumi, 5 Warga Tertimbun Reruntuhan
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 08:48 WIB

Gempa Bumi, 5 Warga Tertimbun Reruntuhan

5 warga Dusun Kedungrejo RT 2 RW 5 Desa Wonoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, sempat tertimbun reruntuhan bangunan akibat gempa yang terjadi ...
Peringatan Dini Tsunami Dicabut, Warga Diminta Waspada Gempa Susulan
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 08:36 WIB

Peringatan Dini Tsunami Dicabut, Warga Diminta Waspada Gempa Susulan

Meski peringatan potensi tsunami dicabut, warga sekitar Tasikmalaya diminta untuk tetap waspads terhadap adanya gempa susulan.Hal ini dikatakan Kepala Pusat ...
Data kerusakan bangunan akibat gempa Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 06:35 WIB

Data kerusakan bangunan akibat gempa Tasikmalaya

Puluhan rumah tercatat roboh dan ambruk akibat guncangan gempa yang terjadi di Tasikmalaya. Tidak hanya bangunan, sejumlah warga Tasikmalaya juga ...
Warga Tasikmalaya dihimbau mengungsi
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 02:17 WIB

Warga Tasikmalaya dihimbau mengungsi

Warga yang tinggal di pesisir pantai Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengungsi ke dataran tinggi untuk menghindari ancaman bahaya ...
BMKG keluarkan peringatan potensi Tsunami gempa Tasikmalaya
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 01:14 WIB

BMKG keluarkan peringatan potensi Tsunami gempa Tasikmalaya

Gempa berkekuatan 7,3 skala richter (SR) terjadi di 43 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, pada pukul 23.47 WIB, Jumat. ...