Rabu, 28 Juni 2017 | 22.53 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>BNN Beberkan Operasi Penggagalan Peredaran Narkotika dari Medan

BNN Beberkan Operasi Penggagalan Peredaran Narkotika dari Medan

Reporter : Rakisa | Selasa, 7 Maret 2017 - 15:50 WIB

IMG-4579

Kepala BNN, Komjen Budi Waseso, dalam keterangan persnya terkait operasi penggagalan peredaran Narkotika dari Medan. (KiniNews/Rakisa)

Jakarta, kini.co.id – Petugas Gabungan antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai sukses membongkar sindikat peredaran narkotika di Medan, Sumatera Utara, pada Rabu (1/3) lalu.

Narkotika yang berhasil diamankan petugas gabungan tersebut terdiri dari 48,16 kg sabu, 3702 butir ekstasi dan 454 butir pil Happy Five.

“Kami melakukan penangkapan di beberapa tempat. TKP pertama di Medan Binjai, ada 2 tersangka yang kami amankan, pertama Muliadi (33) dan Riswan alias Syekh, namun Syekh sudah duluan menghadap yang maha kuasa,” beber Kepala BNN Komjen Budi Waseso dalam keterangan persnya release di Kantor pusat BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (7/3/2017).

Budi menjelaskan, pada penangkapan pertama, petugas BNN mengamankan narkotika berupa sabu seberat 39,22 kg. Sedangkan pada penangkapan kedua dalam operasi ini terjadi di daerah Medan Sunggal, Sumatera Utara.

“Penangkapan ini dilakukan di rumah seorang anggota TNI AD bernama Habibi, ada 2 tersangka lagi yang kami amankan, yaitu Syaiful (45) yang bertugas sebagai koordinator kurir, dan Andri Maulana (32), sebagai penerima barang, serta barang bukti sabu dengan berat 12,72 gram dan 3702 butir pil ekstasi serta 454 butir pil Happy Five” tegas Budi.

Masih menurut Budi, tersangka Andri merupakan adik dari si pemilik rumah, yaitu Habibi. Habibi Sendiri hingga saat ini belum diketahui keberadaannya alias masih buron.

“BNN dan Bea Cukai sudah berkoordinasi dengan Komandan kesatuan yang bersangkutan dan POM TNI AD,” ujarnya.

Budi melanjutkan, penangkapan ketiga dari sindikat ini terjadi di Perumahan Johor Permai, Kawasan Medan Johor. Di kawasan itu, petugas BNN berhasil mengamankan tersangka Herijal (31) dan barang bukti berupa 7,1 kg sabu dalam bungkus besar dan 1750,07 gr sabu dalam bungkus kecil.

“Setelah ditelusuri, ternyata barang bukti yang diamankan di Medan Johor adalah milik adik Herijal yang bernama Dedy (28), kemudian kami menangkap tersangka Dedy di rumahnya yang berlokasi di Perumahan Debang Tamansari,” tegasnya.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Tiga Tersangka Penyerangan Mapolda Sumut Dibawa ke Jakarta
Sumatera Utara - Rabu, 28 Juni 2017 - 17:35 WIB

Tiga Tersangka Penyerangan Mapolda Sumut Dibawa ke Jakarta

Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri membawa 3 orang tersangka pelaku penyerangan pos jaga di Markas Polisi Daerah (Mapolda) Sumatera Utara ...
Disholatkan Perwira Polisi, Jenazah Ardial Dimakamkan Satu Lubang dengan Kakeknya
Sumatera Utara - Rabu, 28 Juni 2017 - 15:38 WIB

Disholatkan Perwira Polisi, Jenazah Ardial Dimakamkan Satu Lubang dengan Kakeknya

Setelah sempat ditolak warga Jl. Makmur, Dusun V, Desa Sambirejo Timur, Tembung, Deliserdang, akhirnya jenazah Ardial Ramadhana, salah satu pelaku ...
Warga Sambirejo Tolak Jenazah Ardial Dimakamkan Dikampungnya
Sumatera Utara - Rabu, 28 Juni 2017 - 15:10 WIB

Warga Sambirejo Tolak Jenazah Ardial Dimakamkan Dikampungnya

Puluhan warga menggelar aksi penolakan terhadap jenazah pelaku penyerangan Mapolda Sumut, Ardial Ramadhana di Jl. Makmur, Dusun V, Desa Sambirejo ...
Polda Sumut Berlakukan Maximum Security
Sumatera Utara - Rabu, 28 Juni 2017 - 10:02 WIB

Polda Sumut Berlakukan Maximum Security

Polda Sumatera Utara (Sumut) menerapkan sistem pengamanan maksimal untuk seluruh kantor polisi di wilayahnya dalam rangka mengantisipasi terjadinya serangan susulan ...
Kecelakaan di Medan, Empat Orang Tewas H+2 Lebaran
Sumatera Utara - Rabu, 28 Juni 2017 - 09:27 WIB

Kecelakaan di Medan, Empat Orang Tewas H+2 Lebaran

Petugas Operasi Ramadniya Toba 2017 menemukan adanya empat pengguna jalan yang tewas akibat kecelakaan lalu lintas pada Selasa (27/6) atau ...
Mapolda Sumut Dipenuhi Karangan Bunga Sepanjang 2 KM
Sumatera Utara - Selasa, 27 Juni 2017 - 20:03 WIB

Mapolda Sumut Dipenuhi Karangan Bunga Sepanjang 2 KM

Mapolda Sumatera Utara, dipenuhi ratusan papan bunga yang berisi ungkapan duka cita atas penyerangan yang menewaskan Inspektur Dua Anumerta Martua ...