Kamis, 19 Oktober 2017 | 10.42 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>BNN Beberkan Operasi Penggagalan Peredaran Narkotika dari Medan

BNN Beberkan Operasi Penggagalan Peredaran Narkotika dari Medan

Reporter : Rakisa | Selasa, 7 Maret 2017 - 15:50 WIB

IMG-4579

Kepala BNN, Komjen Budi Waseso, dalam keterangan persnya terkait operasi penggagalan peredaran Narkotika dari Medan. (KiniNews/Rakisa)

Jakarta, kini.co.id – Petugas Gabungan antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai sukses membongkar sindikat peredaran narkotika di Medan, Sumatera Utara, pada Rabu (1/3) lalu.

Narkotika yang berhasil diamankan petugas gabungan tersebut terdiri dari 48,16 kg sabu, 3702 butir ekstasi dan 454 butir pil Happy Five.

“Kami melakukan penangkapan di beberapa tempat. TKP pertama di Medan Binjai, ada 2 tersangka yang kami amankan, pertama Muliadi (33) dan Riswan alias Syekh, namun Syekh sudah duluan menghadap yang maha kuasa,” beber Kepala BNN Komjen Budi Waseso dalam keterangan persnya release di Kantor pusat BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (7/3/2017).

Budi menjelaskan, pada penangkapan pertama, petugas BNN mengamankan narkotika berupa sabu seberat 39,22 kg. Sedangkan pada penangkapan kedua dalam operasi ini terjadi di daerah Medan Sunggal, Sumatera Utara.

“Penangkapan ini dilakukan di rumah seorang anggota TNI AD bernama Habibi, ada 2 tersangka lagi yang kami amankan, yaitu Syaiful (45) yang bertugas sebagai koordinator kurir, dan Andri Maulana (32), sebagai penerima barang, serta barang bukti sabu dengan berat 12,72 gram dan 3702 butir pil ekstasi serta 454 butir pil Happy Five” tegas Budi.

Masih menurut Budi, tersangka Andri merupakan adik dari si pemilik rumah, yaitu Habibi. Habibi Sendiri hingga saat ini belum diketahui keberadaannya alias masih buron.

“BNN dan Bea Cukai sudah berkoordinasi dengan Komandan kesatuan yang bersangkutan dan POM TNI AD,” ujarnya.

Budi melanjutkan, penangkapan ketiga dari sindikat ini terjadi di Perumahan Johor Permai, Kawasan Medan Johor. Di kawasan itu, petugas BNN berhasil mengamankan tersangka Herijal (31) dan barang bukti berupa 7,1 kg sabu dalam bungkus besar dan 1750,07 gr sabu dalam bungkus kecil.

“Setelah ditelusuri, ternyata barang bukti yang diamankan di Medan Johor adalah milik adik Herijal yang bernama Dedy (28), kemudian kami menangkap tersangka Dedy di rumahnya yang berlokasi di Perumahan Debang Tamansari,” tegasnya.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Bupati Ajak Warga Cek Kesehatan di RSUD Labura
Sumatera Utara - Kamis, 19 Oktober 2017 - 10:16 WIB

Bupati Ajak Warga Cek Kesehatan di RSUD Labura

Hal ini dilakukan Bupati sebagai bentuk cinta terhadap daerahnya dan juga ingin memberitahukan kepada masyarakat bahwa pelayanan dan para medis ...
Puluhan pengendara motor tak pakai helm ditegur Polwan Karawang
Jawa Barat - Kamis, 19 Oktober 2017 - 10:13 WIB

Puluhan pengendara motor tak pakai helm ditegur Polwan Karawang

Puluhan pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, terutama yang dibonceng terpaksa mendapatkan teguran lisan dari para polisi wanita (Polwan) ...
Anies Persilakan Warga Melapor Seperti di Era Ahok-Djarot
DKI Jakarta - Kamis, 19 Oktober 2017 - 09:09 WIB

Anies Persilakan Warga Melapor Seperti di Era Ahok-Djarot

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mempersilakan bagi warga yang ingin melalukan pelaporan langsung ke Balai Kota.Bahkan Ia mengaku siap turun ...
Kapolda Sumut Tekankan Anggotanya Untuk Bekerja Dengan Hati
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 22:50 WIB

Kapolda Sumut Tekankan Anggotanya Untuk Bekerja Dengan Hati

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw mengatakan pemerintah daerah maupun pusat sedang gencar membuat kebijakan terkait pembangunan Danau Toba untuk ...
Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:54 WIB

Sumut Raih Juara 1 Favorit Lomba Cipta Menu Hari Pangan Sedunia

Provinsi Sumatera Utara meraih juara 1 Favorit Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis ...
Kantor Jamkrindo Unit Madina Diresmikan
Sumatera Utara - Rabu, 18 Oktober 2017 - 21:41 WIB

Kantor Jamkrindo Unit Madina Diresmikan

Kantor Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) unit pelayanan Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (18/10) resmi dibuka secara simbolis oleh Pelaksana teknis (Plt) ...