Minggu, 17 Desember 2017 | 20.56 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Arah Pembangunan Jokowi Tak Lagi Jawa-Sentris

Arah Pembangunan Jokowi Tak Lagi Jawa-Sentris

Reporter : Nur Fatimah | Senin, 6 Maret 2017 - 16:32 WIB

IMG-4544

Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik, Eko Sulistyo, berfoto bersama bersma HMI Cabang Kota Medan. (KiniNews/Dok.)

Medan, kini.co.id – Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik, Eko Sulistyo, menyebutkan bahwa arah kebijakan pembangunan di Era Pemerintahan Presiden Jokowi saat ini tak lagi bertumpu pada Jawa-Sentris lagi.

Akan tetapi visi pembangunan secara merata dengan ke arah Indonesia-Sentris.

Demikian hal itu disampaikan Eko Sulistyo saat memberikan materi dalam diskusi bersma HMI Cabang Kota Medan beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, visi pembangunan ‘Indonesia-Sentris’ merupakan terjemahan dan respon Pemerintahan Presiden Jokowi atas ketimpangan dan ketidakadilan dalam kebijakan pembangunan selama ini yang tersentralisasi dan terfokus pada pulau Jawa saja.

Sehingga menyebabkan ketimpangan, ketidakadilan dan belum dirasakannya makna ‘Indonesia’. dalam arti kesejahteraan di wilayah-wilayah di luar Jawa, terutama daerah-daerah terluar/terdepan Indonesia.

“Dengan visi pembangunan ‘Indonesia-Sentris’ kini kita saksikan di daerah-daerah luar pulau Jawa banyak infrastruktur mulai dari jalan tol, Trans Sumatera, Trans Papua, pelabuhan, jalan kereta api, tol laut, dan lainnya mulai dirasakan kehadirannya dan manfaatnya bagi kegiatan ekonomi dan sarana masyarakat,” sebutnya.

Ia mencontohkan di Sumatera Utara sudah ada jalan Tol, Destinasi Wisata Danau Toba, Bandara Silangit, pembangunan Pelabukan Kuala Tanjung dan juga akan dibangun waduk untuk mengairi kebutuhan air untuk meningkatkan produksi pertanian dan lain-lain.

Semua pembangunan itu, lanjutnya, dalam rangka mempercepat kesejahteraan agar menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

“Karena dengan pembangunan infrastruktur diharapkan akan memiliki dampaknya harga-harga bisa lebih murah, meningkatkan daya saing di daerah dan pertumbuhan pusat ekonomi baru di daerah,” kata Eko.

Secara terbuka, Eko Sulistyo juga menyampaikan kepada para aktivis HMI yang dikenal kritis untuk tidak hanya sekedar berdemontrasi tapi juga bisa berperan untuk mengawasi jalannya transformasi pembangunan tersebut dengan masukan dan kajian kritis yang bisa disampaikannya ke Kantor Staf Presiden.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
BPBD Cilacap catat 110 rumah rusak akibat gempa
Jawa Tengah - Minggu, 17 Desember 2017 - 14:00 WIB

BPBD Cilacap catat 110 rumah rusak akibat gempa

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan, sebanyak 110 rumah di Kabupaten Cilacap, Jawa ...
PAN resmi usung Sudirman Said di Pilgub Jateng
Jawa Tengah - Sabtu, 16 Desember 2017 - 19:44 WIB

PAN resmi usung Sudirman Said di Pilgub Jateng

Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mendukung pencalonan Sudirman Said sebagai calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2018. Kepastian tersebut ...
Disparbud ajak wisatawan tak ragu datang ke Majalengka
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:54 WIB

Disparbud ajak wisatawan tak ragu datang ke Majalengka

Kepala Bidang Pengelolaan IndustriPariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, Mumuh Muhidin mengatakan persoalan festival durian Sindangwangi 2017 yang sempat ...
Golkar Jabar desak DPP cabut dukungan untuk Ridwan Kamil
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:11 WIB

Golkar Jabar desak DPP cabut dukungan untuk Ridwan Kamil

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat mendesak agar pimpinan pusat partai berlambang beringin itu mencabut dukungan bagi ...
Polisi sebut belum temukan indikasi  penyalahgunaan narkoba di acara DWP
DKI Jakarta - Sabtu, 16 Desember 2017 - 13:39 WIB

Polisi sebut belum temukan indikasi penyalahgunaan narkoba di acara DWP

Pihak Polda Metro Jaya mengatakan sejauh ini belum didapatkan indikasi adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di ajang Djakarta Warehouse Project ...
Gempa 6,9 SR, 2 Tewas Puluhan Rumah Rusak
Jawa Barat - Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:05 WIB

Gempa 6,9 SR, 2 Tewas Puluhan Rumah Rusak

Penanganan darurat dampak gempabumi 6,9 SR yang mengguncang wilayah bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta masih terus ...