Minggu, 25 Juni 2017 | 08.53 WIB
KiniNEWS>Regional>Sumatera Utara>Arah Pembangunan Jokowi Tak Lagi Jawa-Sentris

Arah Pembangunan Jokowi Tak Lagi Jawa-Sentris

Reporter : Nur Fatimah | Senin, 6 Maret 2017 - 16:32 WIB

IMG-4544

Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik, Eko Sulistyo, berfoto bersama bersma HMI Cabang Kota Medan. (KiniNews/Dok.)

Medan, kini.co.id – Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik, Eko Sulistyo, menyebutkan bahwa arah kebijakan pembangunan di Era Pemerintahan Presiden Jokowi saat ini tak lagi bertumpu pada Jawa-Sentris lagi.

Akan tetapi visi pembangunan secara merata dengan ke arah Indonesia-Sentris.

Demikian hal itu disampaikan Eko Sulistyo saat memberikan materi dalam diskusi bersma HMI Cabang Kota Medan beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, visi pembangunan ‘Indonesia-Sentris’ merupakan terjemahan dan respon Pemerintahan Presiden Jokowi atas ketimpangan dan ketidakadilan dalam kebijakan pembangunan selama ini yang tersentralisasi dan terfokus pada pulau Jawa saja.

Sehingga menyebabkan ketimpangan, ketidakadilan dan belum dirasakannya makna ‘Indonesia’. dalam arti kesejahteraan di wilayah-wilayah di luar Jawa, terutama daerah-daerah terluar/terdepan Indonesia.

“Dengan visi pembangunan ‘Indonesia-Sentris’ kini kita saksikan di daerah-daerah luar pulau Jawa banyak infrastruktur mulai dari jalan tol, Trans Sumatera, Trans Papua, pelabuhan, jalan kereta api, tol laut, dan lainnya mulai dirasakan kehadirannya dan manfaatnya bagi kegiatan ekonomi dan sarana masyarakat,” sebutnya.

Ia mencontohkan di Sumatera Utara sudah ada jalan Tol, Destinasi Wisata Danau Toba, Bandara Silangit, pembangunan Pelabukan Kuala Tanjung dan juga akan dibangun waduk untuk mengairi kebutuhan air untuk meningkatkan produksi pertanian dan lain-lain.

Semua pembangunan itu, lanjutnya, dalam rangka mempercepat kesejahteraan agar menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

“Karena dengan pembangunan infrastruktur diharapkan akan memiliki dampaknya harga-harga bisa lebih murah, meningkatkan daya saing di daerah dan pertumbuhan pusat ekonomi baru di daerah,” kata Eko.

Secara terbuka, Eko Sulistyo juga menyampaikan kepada para aktivis HMI yang dikenal kritis untuk tidak hanya sekedar berdemontrasi tapi juga bisa berperan untuk mengawasi jalannya transformasi pembangunan tersebut dengan masukan dan kajian kritis yang bisa disampaikannya ke Kantor Staf Presiden.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...
Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan   
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 13:59 WIB

Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan  

Kegiatan pertambangan ilegal seringkali menjadi biang kerok kerusakan hutan dan lingkungan.Sayangnya bukan cuma yang ilegal, perusahaan dengan izin yang masih ...
Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
DI Yogyakarta - Rabu, 21 Juni 2017 - 01:34 WIB

Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DIY menggunakan mobil dinas untuk ...
Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga
Sumatera Utara - Selasa, 20 Juni 2017 - 15:48 WIB

Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga

Selasa (20/6) pagi, Jalan Lembaga Pemasyarakat, Kelurahan Tanjunggusta, Kecamatan Medan Helvetia ramai. Sebuah mobil berwarna hitam menghantam sebuah rumah di ...