Kamis, 26 April 2018 | 18.40 WIB
KiniNEWS>Regional>Riau>BMKG Deteksi 12 Titik Panas di Riau

BMKG Deteksi 12 Titik Panas di Riau

Reporter : Yudi | Selasa, 21 Februari 2017 - 10:44 WIB

IMG-4226

Ilustrasi

Pekanbaru, kini.co.id – Setidaknya ada 12 titik panas yang terdeteksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru setelah melakukan pemantauan melalui pencitraan satelit Terra dan Aqua pada Selasa (21/2/2017) pukul 06.00 WIB pagi tadi.

“12 titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50% terdeteksi di lima kabupaten di Riau,” kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin.

Lima kecamatan yaitu, Kecamatan Tanah Putih, di mana pada lokasi tersebut telah terbakar setidaknya 20 hektare lahan gambut dalam lima hari. Selain itu, di Siak terpantau tiga titik di Sungai Apit dan Kecamatan Siak Sri Indrapura.

Di Indragiri Hilir, terpantau dua titik panas yang berada di Kecamatan Mandah. Di Pelalawan, dua titik panas terdeteksi di Kecamatan Kuala Kampar dan Bunut. Satu titik panas di Kampar terdeteksi di Kecamatan Tapung.

“Dari 12 titik panas, BMKG mendeteksi tujuh titik sebagai titik api atau diduga kuat adanya kebakaran lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 70%,” lanjutnya lagi.

Tujuh titik api tersebut menyebar di Rokan Hilir sebanyak empat titik, dan Pelalawan, Siak, serta Indragiri Hilir, masing-masing satu titik api.

Berdasarkan prediksi BMKG, wilayah pesisir Provinsi Riau telah memasuki musim kemarau sejak medio Februari 2017 yang diperkirakan akan terjadi hingga pertengahan Maret mendatang.

Pertimbangan itu yang kemudian dijadikan alasan Pemprov Riau menetapkan status siaga darurat kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan hingga 30 April 2016.

Gubernur Riau, Aryadjuliandi Rachman, mengungkapkan, penetapan status siaga tersebut sebagai upaya mengoptimalkan pencegahan dan penanggulangan secara terpadu bencana kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat
Jawa Barat - Kamis, 19 April 2018 - 20:56 WIB

Ridwan Kamil akan perjuangan status guru honor di Jawa Barat

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil berjanji akan memperjuangkan status guru honor di Jawa Barat. Sehingga, abdi ...
Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:37 WIB

Tim verifikasi nasional lomba lingkungan bersih dan sehat sambangi Desa Aek Tapa

Tim verifikasi lapangan pelaksanaan terbaik tingkat nasional lomba lingkungan bersih dan sehat turun langsung ke lapangan ke Labuhanbatu Utara.Tim tersebut ...
Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:11 WIB

Pemko Medan dan LKPP teken MOU pelaksanaan e-katalog daerah

Pemko Medan tandatangani MOU pelaksanaan e-katalog daerah dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Penandatanganan ini dilakukan langsung ...
Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah
Sumatera Utara - Selasa, 27 Maret 2018 - 05:52 WIB

Balas surat cinta siswa, Bupati Labura kunjungi sekolah

Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah, memberikan kejutan kepada siswa dan siswi SMP Negeri 3 Kualuh Hulu dengan mendatangi langsung sekolah ...
Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  
Sumatera Utara - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:56 WIB

Wabup Labura minta ASN tingkatkan disiplin  

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara ((Labura), Dwi Prantara mengatakan Apartur Sipil paratur(ASN) dituntut untuk selalu meningkatkan kedisiplinan saat bekerja.Hal itu ...
Banjir kembali kepung Jakarta, Anies:  Saya bertanggungjawab
DKI Jakarta - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:38 WIB

Banjir kembali kepung Jakarta, Anies: Saya bertanggungjawab

Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah Ibukota pada Senin (11/12) siang kemarin mengakibatkan banjir di beberapa titik seperti kawasan ...