Kamis, 22 Februari 2018 | 01.33 WIB
KiniNEWS>Regional>Riau>BMKG Deteksi 12 Titik Panas di Riau

BMKG Deteksi 12 Titik Panas di Riau

Reporter : Yudi | Selasa, 21 Februari 2017 - 10:44 WIB

IMG-4226

Ilustrasi

Pekanbaru, kini.co.id – Setidaknya ada 12 titik panas yang terdeteksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru setelah melakukan pemantauan melalui pencitraan satelit Terra dan Aqua pada Selasa (21/2/2017) pukul 06.00 WIB pagi tadi.

“12 titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50% terdeteksi di lima kabupaten di Riau,” kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin.

Lima kecamatan yaitu, Kecamatan Tanah Putih, di mana pada lokasi tersebut telah terbakar setidaknya 20 hektare lahan gambut dalam lima hari. Selain itu, di Siak terpantau tiga titik di Sungai Apit dan Kecamatan Siak Sri Indrapura.

Di Indragiri Hilir, terpantau dua titik panas yang berada di Kecamatan Mandah. Di Pelalawan, dua titik panas terdeteksi di Kecamatan Kuala Kampar dan Bunut. Satu titik panas di Kampar terdeteksi di Kecamatan Tapung.

“Dari 12 titik panas, BMKG mendeteksi tujuh titik sebagai titik api atau diduga kuat adanya kebakaran lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 70%,” lanjutnya lagi.

Tujuh titik api tersebut menyebar di Rokan Hilir sebanyak empat titik, dan Pelalawan, Siak, serta Indragiri Hilir, masing-masing satu titik api.

Berdasarkan prediksi BMKG, wilayah pesisir Provinsi Riau telah memasuki musim kemarau sejak medio Februari 2017 yang diperkirakan akan terjadi hingga pertengahan Maret mendatang.

Pertimbangan itu yang kemudian dijadikan alasan Pemprov Riau menetapkan status siaga darurat kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan hingga 30 April 2016.

Gubernur Riau, Aryadjuliandi Rachman, mengungkapkan, penetapan status siaga tersebut sebagai upaya mengoptimalkan pencegahan dan penanggulangan secara terpadu bencana kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Personil TNI-Polri bersihkan material menutup lahar dingin Sinabung
Sumatera Utara - Rabu, 21 Februari 2018 - 21:37 WIB

Personil TNI-Polri bersihkan material menutup lahar dingin Sinabung

Ratusan personil gabungan TNI-Polri melaksanakan gotong royong membersihkan material berupa batu dan kayu yang menutup arus aliran lahar dingin gunung ...
Calon kepala daerah dilarang kampanye di pesantren
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 21:01 WIB

Calon kepala daerah dilarang kampanye di pesantren

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat mengingatkan pasangan calon kepala daerah agar tidak berkampanye di pesantren. Larangan itu sesuai ...
Waspada! 3 Pabrik di Bekasi Belum Kantongi IPLC
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 20:11 WIB

Waspada! 3 Pabrik di Bekasi Belum Kantongi IPLC

Sedikitnya, ada tiga dari 14 pabrik yang berdiri di sepanjang bantaran Kali Bekasi belum mengantongi Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC).Bahkan, ...
Satpam Sekolah Jadi Pengedar Sabu, Berakhir Dipenjara
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 19:50 WIB

Satpam Sekolah Jadi Pengedar Sabu, Berakhir Dipenjara

Seorang Satpam sekolah berinisial AS (33) rupanya merangkap kariernya sebagai pengedar sabu. Selain pengedar, AS juga sebagai pemakai yang mana ...
75 Persen SMP Swasta Bekasi Ditargetkan Laksanakan UNBK
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 18:59 WIB

75 Persen SMP Swasta Bekasi Ditargetkan Laksanakan UNBK

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menargetkan pada tahun 2018 ini, minimal 75 persen SMP Swasta di dan 100 persen SMP Negeri ...
5 SMP Negeri di Bekasi Tak Dapat Lakukan UNBK
Jawa Barat - Rabu, 21 Februari 2018 - 18:40 WIB

5 SMP Negeri di Bekasi Tak Dapat Lakukan UNBK

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menunda pengadaan komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi 5 SMP Negeri Kota Bekasi.Soalnya, ...