Minggu, 25 Juni 2017 | 03.54 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Ahok Kalah di Dua TPS Pencoblosan Ulang

Pilkada 2017

Ahok Kalah di Dua TPS Pencoblosan Ulang

Minggu, 19 Februari 2017 - 16:15 WIB

IMG-4200

Hasil Penghitungan ulang di TPS 29 Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan (KiniNews/Ist)

Jakarta, kini.co.id – Hasil penghitungan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan calon Gubernur DKI Jakarta yang digelar di dua TPS, yakni TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, dan TPS 29, Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan menunjukan hasil yang berbeda.

Pada pencoblosan sebelumnya, Rabu (15/2), di TPS 01, Utan Panjang, Kemayoran pasangan nomor dua, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok -Djarot Saiful Hidayat meraih 198 suara disusul pasangan nomor tiga, Anies-Sandi sebanyak 177 suara dan paslon nomor satu Agus-Silvyana meraih 66 suara.

Di pencoblosan ulang, keadaan berbalik, pasangan Anies-Sandi meraih suara posisi pertama.
Sejak penghitungan suara, nomor tiga terus-terusan disebut oleh panitia tempat pemungutan suara.

“Pasangan satu 15 suara. Pasangan dua 103 suara, dan pasangan tiga 134 suara sedangkan tidak sah 5,” kata Ketua KPPS, Drajad, mengumumkan hasil pencoblosan.

Sedangkan pemungutan ulang yang digelar di TPS 29, Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan juga menunjukan hasil yang tidak jauh berbeda dimana pasangan Anies-Sandi masih tetap unggul.

Pada pencoblosan sebelumnya, Rabu (15/2), pasangan Anies-Sandi mendapat 345 suara, pasangan Agus-Silvy mendapat 77 suara dan pasangan Ahok-Djarot meraih sebanyak 29 suara.

Di pencoblosan ulang, Anies-Sandi tetap memimpin dengan meraih suara 385 suara, pasangan Agus -Sylvi mendapat 7 suara. Sedangkan pasangan Ahok-Djarot mendapat 19 suara, tidak sah satu suara. Total 412 suara, dari jumlah DPT sebanyak 512.

Pemungutan ulang suara digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yang berkaitan dengan adanya pelanggaran administrasi di tempat pemungutan suara (TPS) yakni hak pilih tidak bisa diwakilkan.

Dua TPS tersebut memberikan izin kepada pemilih menggunakan hak pilih orang lain sehingga melakukan pencoblosan dua kali.

Di TPS 01 Utan Panjang, dua orang warga yang tidak ada di daftar pilih tetap mencoblos di TPS 01 Utan Panjang, Rabu (15/2). Mereka menggunakan formulir C6 milik orangtuanya yang sedang di luar kota.

Sedangkan di TPS 29 Kalibata Pulo, satu orang mewakili hak pilih orang lain, ia diberikan izin mencoblos sambil menunjukan KTP dan voice mail milik si penitip yang terdaftar di DPT setelah diberikan izin mulai dari Ketua KPPS, para saksi calon hingga PPS Kelurahan dan Kecamatan.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...
Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 19:33 WIB

Politisi Gerindra : Saya Harap Media Tuliskan Ini

Anggota DPRD kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung mengaku mendapatkan pesan singkat dari masyarakat tentang tak merata pembagian bantuan dari ...
Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan   
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 13:59 WIB

Selamatkan Hutan, 11 Perusahaan Tambang di Sumut jadi Sorotan  

Kegiatan pertambangan ilegal seringkali menjadi biang kerok kerusakan hutan dan lingkungan.Sayangnya bukan cuma yang ilegal, perusahaan dengan izin yang masih ...
Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik
DI Yogyakarta - Rabu, 21 Juni 2017 - 01:34 WIB

Sultan Yogya Larang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemprov DIY menggunakan mobil dinas untuk ...
Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga
Sumatera Utara - Selasa, 20 Juni 2017 - 15:48 WIB

Mau Kabur, Mobil Napi Nabrak Rumah Warga

Selasa (20/6) pagi, Jalan Lembaga Pemasyarakat, Kelurahan Tanjunggusta, Kecamatan Medan Helvetia ramai. Sebuah mobil berwarna hitam menghantam sebuah rumah di ...