Minggu, 22 Oktober 2017 | 15.27 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Ahok Kalah di Dua TPS Pencoblosan Ulang

Pilkada 2017

Ahok Kalah di Dua TPS Pencoblosan Ulang

Minggu, 19 Februari 2017 - 16:15 WIB

IMG-4200

Hasil Penghitungan ulang di TPS 29 Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan (KiniNews/Ist)

Jakarta, kini.co.id – Hasil penghitungan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan calon Gubernur DKI Jakarta yang digelar di dua TPS, yakni TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, dan TPS 29, Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan menunjukan hasil yang berbeda.

Pada pencoblosan sebelumnya, Rabu (15/2), di TPS 01, Utan Panjang, Kemayoran pasangan nomor dua, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok -Djarot Saiful Hidayat meraih 198 suara disusul pasangan nomor tiga, Anies-Sandi sebanyak 177 suara dan paslon nomor satu Agus-Silvyana meraih 66 suara.

Di pencoblosan ulang, keadaan berbalik, pasangan Anies-Sandi meraih suara posisi pertama.
Sejak penghitungan suara, nomor tiga terus-terusan disebut oleh panitia tempat pemungutan suara.

“Pasangan satu 15 suara. Pasangan dua 103 suara, dan pasangan tiga 134 suara sedangkan tidak sah 5,” kata Ketua KPPS, Drajad, mengumumkan hasil pencoblosan.

Sedangkan pemungutan ulang yang digelar di TPS 29, Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan juga menunjukan hasil yang tidak jauh berbeda dimana pasangan Anies-Sandi masih tetap unggul.

Pada pencoblosan sebelumnya, Rabu (15/2), pasangan Anies-Sandi mendapat 345 suara, pasangan Agus-Silvy mendapat 77 suara dan pasangan Ahok-Djarot meraih sebanyak 29 suara.

Di pencoblosan ulang, Anies-Sandi tetap memimpin dengan meraih suara 385 suara, pasangan Agus -Sylvi mendapat 7 suara. Sedangkan pasangan Ahok-Djarot mendapat 19 suara, tidak sah satu suara. Total 412 suara, dari jumlah DPT sebanyak 512.

Pemungutan ulang suara digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yang berkaitan dengan adanya pelanggaran administrasi di tempat pemungutan suara (TPS) yakni hak pilih tidak bisa diwakilkan.

Dua TPS tersebut memberikan izin kepada pemilih menggunakan hak pilih orang lain sehingga melakukan pencoblosan dua kali.

Di TPS 01 Utan Panjang, dua orang warga yang tidak ada di daftar pilih tetap mencoblos di TPS 01 Utan Panjang, Rabu (15/2). Mereka menggunakan formulir C6 milik orangtuanya yang sedang di luar kota.

Sedangkan di TPS 29 Kalibata Pulo, satu orang mewakili hak pilih orang lain, ia diberikan izin mencoblos sambil menunjukan KTP dan voice mail milik si penitip yang terdaftar di DPT setelah diberikan izin mulai dari Ketua KPPS, para saksi calon hingga PPS Kelurahan dan Kecamatan.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Yakin ? Anies-Sandi tak gusur warga DKI ?
DKI Jakarta - Minggu, 22 Oktober 2017 - 14:30 WIB

Yakin ? Anies-Sandi tak gusur warga DKI ?

Tampaknya apa yang dulu disampaikan dan dijanjikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno saat kampanye lalu mulai ...
Gema Paluta Minta KPUD Tak Pungli Calon PPK dan PPS
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 15:24 WIB

Gema Paluta Minta KPUD Tak Pungli Calon PPK dan PPS

Pilkada serentak 2018 telah di depan mata. Untuk itu perlu dukungan dari masyarakat dan juga penyelenggara Pemilu baik di pusat ...
Inilah Kronologis Penyebab Mahasiswa USU Diserang Satpam
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 06:55 WIB

Inilah Kronologis Penyebab Mahasiswa USU Diserang Satpam

Bentrokan antara satpam dan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU menyisakan luka dan amarah membara di kalangan mahasiswa dan alumni.Hingga ...
Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 01:09 WIB

Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar rekonstruksi aksi teror penyerangan Pos Jaga Pintu 3 Mapolda, Jumat (20/10).Reka ulang yang ...
Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 23:17 WIB

Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati

Sungguh ironis nasib yang dialami Warga Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Firiani. Ia bersama anaknya yang baru saja lahir tidak ...
Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 22:31 WIB

Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis

Setelah sempat terkenal brutal mengeroyok wartawan, kini oknum Satpam USU diduga kembali terlibat dalam tindak kekerasan.Seorang mahasiswa bernama Imanuel Silaban ...