Jumat, 15 Desember 2017 | 13.24 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Ahok Kalah di Dua TPS Pencoblosan Ulang

Pilkada 2017

Ahok Kalah di Dua TPS Pencoblosan Ulang

Minggu, 19 Februari 2017 - 16:15 WIB

IMG-4200

Hasil Penghitungan ulang di TPS 29 Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan (KiniNews/Ist)

Jakarta, kini.co.id – Hasil penghitungan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan calon Gubernur DKI Jakarta yang digelar di dua TPS, yakni TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, dan TPS 29, Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan menunjukan hasil yang berbeda.

Pada pencoblosan sebelumnya, Rabu (15/2), di TPS 01, Utan Panjang, Kemayoran pasangan nomor dua, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok -Djarot Saiful Hidayat meraih 198 suara disusul pasangan nomor tiga, Anies-Sandi sebanyak 177 suara dan paslon nomor satu Agus-Silvyana meraih 66 suara.

Di pencoblosan ulang, keadaan berbalik, pasangan Anies-Sandi meraih suara posisi pertama.
Sejak penghitungan suara, nomor tiga terus-terusan disebut oleh panitia tempat pemungutan suara.

“Pasangan satu 15 suara. Pasangan dua 103 suara, dan pasangan tiga 134 suara sedangkan tidak sah 5,” kata Ketua KPPS, Drajad, mengumumkan hasil pencoblosan.

Sedangkan pemungutan ulang yang digelar di TPS 29, Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan juga menunjukan hasil yang tidak jauh berbeda dimana pasangan Anies-Sandi masih tetap unggul.

Pada pencoblosan sebelumnya, Rabu (15/2), pasangan Anies-Sandi mendapat 345 suara, pasangan Agus-Silvy mendapat 77 suara dan pasangan Ahok-Djarot meraih sebanyak 29 suara.

Di pencoblosan ulang, Anies-Sandi tetap memimpin dengan meraih suara 385 suara, pasangan Agus -Sylvi mendapat 7 suara. Sedangkan pasangan Ahok-Djarot mendapat 19 suara, tidak sah satu suara. Total 412 suara, dari jumlah DPT sebanyak 512.

Pemungutan ulang suara digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yang berkaitan dengan adanya pelanggaran administrasi di tempat pemungutan suara (TPS) yakni hak pilih tidak bisa diwakilkan.

Dua TPS tersebut memberikan izin kepada pemilih menggunakan hak pilih orang lain sehingga melakukan pencoblosan dua kali.

Di TPS 01 Utan Panjang, dua orang warga yang tidak ada di daftar pilih tetap mencoblos di TPS 01 Utan Panjang, Rabu (15/2). Mereka menggunakan formulir C6 milik orangtuanya yang sedang di luar kota.

Sedangkan di TPS 29 Kalibata Pulo, satu orang mewakili hak pilih orang lain, ia diberikan izin mencoblos sambil menunjukan KTP dan voice mail milik si penitip yang terdaftar di DPT setelah diberikan izin mulai dari Ketua KPPS, para saksi calon hingga PPS Kelurahan dan Kecamatan.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Menuju Transportasi yang Berkelanjutan
Jawa Barat - Kamis, 14 Desember 2017 - 19:39 WIB

Menuju Transportasi yang Berkelanjutan

Kemacetan menjadi pekerjaan rumah hampir disetiap daerah di Indonesia. Hal itu karena tingginya minat masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.Untuk menyelesaikan permasalahan ...
Begini Cara Kota Bekasi Entaskan Kemacetan
Jawa Barat - Kamis, 14 Desember 2017 - 18:34 WIB

Begini Cara Kota Bekasi Entaskan Kemacetan

Dinas Perhubungan Kota Bekasi merancang sistem menuju transportasi Kota Bekasi berkelanjutan. Upaya ini dilakukan untuk mengentaskan kemacetan yang saat ini ...
Pendukung PSMS Protes Soal Stadion, Ini Kata Wawalikota Medan
Sumatera Utara - Kamis, 14 Desember 2017 - 15:56 WIB

Pendukung PSMS Protes Soal Stadion, Ini Kata Wawalikota Medan

Pendukung PSMS menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Walikota Medan, Kamis (14/12).Ratusan massa yang berasal dari SMeCK Hooligan, ...
Disebut Ditinggalkan PAN dan PKS, Deddy Mizwar Santai
Jawa Barat - Kamis, 14 Desember 2017 - 09:06 WIB

Disebut Ditinggalkan PAN dan PKS, Deddy Mizwar Santai

Peta perpolitikan di Pilgub Jawa Barat memang menarik untuk disimak. Sederet nama besar digadang-gadang akan maju untuk memimpin provinsi beribukota ...
Pecahkan tiga rekor MURI, Erry didaulat bapak Literasi
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 23:38 WIB

Pecahkan tiga rekor MURI, Erry didaulat bapak Literasi

Provinsi Sumatera Utara telah memecahkan tiga rekor MURI dalam aksi 10 ribu lebih masyarakat yang menulis pantun terbanyak, pembuatan alat ...
Angkot mogok, ratusan polisi di Medan dikerahkan bantu masyarakat
Sumatera Utara - Rabu, 13 Desember 2017 - 20:28 WIB

Angkot mogok, ratusan polisi di Medan dikerahkan bantu masyarakat

Ratusan personil dan puluhan kendaraan roda empat serta dua baik milik Polda Sumatera Utara, Polrestabes Medan dikerahkan bahu membahu mengantarkan masyarakat ...