Kamis, 24 Agustus 2017 | 10.09 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Ahok Kalah di Dua TPS Pencoblosan Ulang

Pilkada 2017

Ahok Kalah di Dua TPS Pencoblosan Ulang

Minggu, 19 Februari 2017 - 16:15 WIB

IMG-4200

Hasil Penghitungan ulang di TPS 29 Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan (KiniNews/Ist)

Jakarta, kini.co.id – Hasil penghitungan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan calon Gubernur DKI Jakarta yang digelar di dua TPS, yakni TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, dan TPS 29, Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan menunjukan hasil yang berbeda.

Pada pencoblosan sebelumnya, Rabu (15/2), di TPS 01, Utan Panjang, Kemayoran pasangan nomor dua, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok -Djarot Saiful Hidayat meraih 198 suara disusul pasangan nomor tiga, Anies-Sandi sebanyak 177 suara dan paslon nomor satu Agus-Silvyana meraih 66 suara.

Di pencoblosan ulang, keadaan berbalik, pasangan Anies-Sandi meraih suara posisi pertama.
Sejak penghitungan suara, nomor tiga terus-terusan disebut oleh panitia tempat pemungutan suara.

“Pasangan satu 15 suara. Pasangan dua 103 suara, dan pasangan tiga 134 suara sedangkan tidak sah 5,” kata Ketua KPPS, Drajad, mengumumkan hasil pencoblosan.

Sedangkan pemungutan ulang yang digelar di TPS 29, Kalibata Pulo, Pancoran, Jakarta Selatan juga menunjukan hasil yang tidak jauh berbeda dimana pasangan Anies-Sandi masih tetap unggul.

Pada pencoblosan sebelumnya, Rabu (15/2), pasangan Anies-Sandi mendapat 345 suara, pasangan Agus-Silvy mendapat 77 suara dan pasangan Ahok-Djarot meraih sebanyak 29 suara.

Di pencoblosan ulang, Anies-Sandi tetap memimpin dengan meraih suara 385 suara, pasangan Agus -Sylvi mendapat 7 suara. Sedangkan pasangan Ahok-Djarot mendapat 19 suara, tidak sah satu suara. Total 412 suara, dari jumlah DPT sebanyak 512.

Pemungutan ulang suara digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yang berkaitan dengan adanya pelanggaran administrasi di tempat pemungutan suara (TPS) yakni hak pilih tidak bisa diwakilkan.

Dua TPS tersebut memberikan izin kepada pemilih menggunakan hak pilih orang lain sehingga melakukan pencoblosan dua kali.

Di TPS 01 Utan Panjang, dua orang warga yang tidak ada di daftar pilih tetap mencoblos di TPS 01 Utan Panjang, Rabu (15/2). Mereka menggunakan formulir C6 milik orangtuanya yang sedang di luar kota.

Sedangkan di TPS 29 Kalibata Pulo, satu orang mewakili hak pilih orang lain, ia diberikan izin mencoblos sambil menunjukan KTP dan voice mail milik si penitip yang terdaftar di DPT setelah diberikan izin mulai dari Ketua KPPS, para saksi calon hingga PPS Kelurahan dan Kecamatan.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
DPD Golkar Sumut Siapkan Lima Bakal Calon Kepala Daerah
Sumatera Utara - Kamis, 24 Agustus 2017 - 01:27 WIB

DPD Golkar Sumut Siapkan Lima Bakal Calon Kepala Daerah

Dari delapan daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Sumatera Utara (Sumut), DPD Partai Golkar Sumut ...
Kapolri Akan Temui Korban Erupsi Gunung Sinabung di Karo
Sumatera Utara - Kamis, 24 Agustus 2017 - 00:02 WIB

Kapolri Akan Temui Korban Erupsi Gunung Sinabung di Karo

Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan menghadiri bakti kesehatan dan sosial dengan memberi bantuan untuk korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten ...
Meski Ketuanya Ditempatkan sebagai Wakil, Golkar Sumut Mengaku Tetap Solid
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 19:59 WIB

Meski Ketuanya Ditempatkan sebagai Wakil, Golkar Sumut Mengaku Tetap Solid

Keputusan DPP Golkar yang menduetkan Tengku Erry Nuradi dan Ngogesa Sitepu sebagai pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Sumatera Utara dinilai ...
Realisasi Pendapatan Medan Rp4,3 T, Gerindra Minta SKPD Dievaluasi
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:19 WIB

Realisasi Pendapatan Medan Rp4,3 T, Gerindra Minta SKPD Dievaluasi

Realisasi pendapatan daerah Kota Medan dinilai masih belum maksimal. Di beberapa sektor, pendapatan justru jauh dari target.Untuk itu Fraksi Gerindra ...
Pendapatan Reklame Jauh dari Target, PKS: Penghinaan Bagi Kota Medan
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:03 WIB

Pendapatan Reklame Jauh dari Target, PKS: Penghinaan Bagi Kota Medan

Persoalan reklame terus menjadi sorotan. Pasalnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan dari sektor reklame masih sangat memprihatinkan.Dari target Rp89,9 ...
Nunggak Uang Sewa, Pusat Kuliner Merdeka Walk Medan Diminta Tutup
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 15:40 WIB

Nunggak Uang Sewa, Pusat Kuliner Merdeka Walk Medan Diminta Tutup

Keterbatasan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Medan menjadi perhatian anggota legislatif.Hal ini mengingat semakin menyempitnya RTH seiring berdirinya bangunan ...