Minggu, 22 Oktober 2017 | 15.25 WIB
KiniNEWS>Regional>Bali>Kintamani Diterjang Longsor 12 Tewas

Kintamani Diterjang Longsor 12 Tewas

Reporter : Rakisa | Jumat, 10 Februari 2017 - 14:51 WIB

IMG-4016

Sebanyak tiga desa di Kintamani Diterjang Longsor dan sebabkan 12 orang Tewas. (BNPB)

Bangli, kini.co.id – Sebanyak tiga desa di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, diterjang longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu sepanjang Kamis (9/2/2017) malam. Akibat longsor itu sebanyak 12 orang menjadi korban jiwa.

12 korban itu adalah Jro Balian Resmi (33) dan dua anaknya, Jro Balian Kadek Sriasih (7) dan Komang Agus Putra Santi (1). Kemudian keluarga I Gede Santana (40), istrinya Luh Bunga (40) dan anak mereka Kadek (20). Korban selanjutnya adalah Ni Luh Susun (40).

Tujuh orang tersebut meninggal saat longsor yang terjadi di Desa Songan sekitar pukul 23.00 WITA dan menimbun lima rumah. Selain tujuh orang yang menjadi korban jiwa, juga terdapat dua orang yang mengalami luka berat dan dua orang luka ringan.

Korban luka berat atas nama Budi (17) dan Komang (14) yang juga anak bapak I Gede Santana. Sedangkan korban luka ringan, masing-masing bernama Kadek Ardi (9) dan ibunya Jro Alep (30).

Tak lama, pada hari Jumat (10/2/2017) dini hari tadi, longsor kembali terjadi di Desa Awan dan menimbun satu rumah. Akibatnya sebanyak empat orang di rumah itu meninggal dunia.

Mereka adalah Ni Kadek Arini (27) dan putrinya Ni Putu Natalia (10), Ni Nengah Parmini (40), serta I Nyoman Budiarta (45).

“Ni Nengah Parmini dan I Nyoman Budiarta berasal dari Desa Suter yang kebetulan sedang menginap di Desa Awan,” tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/2/2017).

Masih pada Jumat dini hari, longsor juga terjadi di Desa Sukawana. Longsor tersebut menimbun setidaknya satu rumah dan mengakibatkan satu orang meninggal dunia atas nama I Made Kawi (50).

“Satu orang luka berat bernama I Wayan Selang anak dari korban meninggal. Korban luka berat dibawa ke RS. Bangli,” lanjut Sutopo.

BMKG Bali melaporkan bahwa adanya tekanan rendah 984 mb di Australia Barat berdampak signifikan menyebabkan aliran massa udara di seluruh Indonesia didominasi oleh angin Baratan yang bersifat basah. Suhu muka air laut di sekitar Bali masih hangat sekitar 28 derajat celcius yang berkontribusi bagi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar Bali.

Diprediksikan, hingga besok hujan lebat masih terjadi di wilayah Bangli, Jembrana, Buleleng, Tabanan, Gianyar dan Badung. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dari longsor, banjir dan puting beliung.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Yakin ? Anies-Sandi tak gusur warga DKI ?
DKI Jakarta - Minggu, 22 Oktober 2017 - 14:30 WIB

Yakin ? Anies-Sandi tak gusur warga DKI ?

Tampaknya apa yang dulu disampaikan dan dijanjikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno saat kampanye lalu mulai ...
Gema Paluta Minta KPUD Tak Pungli Calon PPK dan PPS
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 15:24 WIB

Gema Paluta Minta KPUD Tak Pungli Calon PPK dan PPS

Pilkada serentak 2018 telah di depan mata. Untuk itu perlu dukungan dari masyarakat dan juga penyelenggara Pemilu baik di pusat ...
Inilah Kronologis Penyebab Mahasiswa USU Diserang Satpam
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 06:55 WIB

Inilah Kronologis Penyebab Mahasiswa USU Diserang Satpam

Bentrokan antara satpam dan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU menyisakan luka dan amarah membara di kalangan mahasiswa dan alumni.Hingga ...
Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris
Sumatera Utara - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 01:09 WIB

Aiptu Martua Sigalingging kalah duel dengan dua terduga teroris

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar rekonstruksi aksi teror penyerangan Pos Jaga Pintu 3 Mapolda, Jumat (20/10).Reka ulang yang ...
Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati
Jawa Barat - Jumat, 20 Oktober 2017 - 23:17 WIB

Tolong! Warga Bekasi Ini Ditahan RS Fatmawati

Sungguh ironis nasib yang dialami Warga Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Firiani. Ia bersama anaknya yang baru saja lahir tidak ...
Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis
Sumatera Utara - Jumat, 20 Oktober 2017 - 22:31 WIB

Mahasiswa FIB USU Korban Pengeroyokan Satpam Masih Kritis

Setelah sempat terkenal brutal mengeroyok wartawan, kini oknum Satpam USU diduga kembali terlibat dalam tindak kekerasan.Seorang mahasiswa bernama Imanuel Silaban ...