Kamis, 24 Agustus 2017 | 13.38 WIB
KiniNEWS>Regional>Bali>Kintamani Diterjang Longsor 12 Tewas

Kintamani Diterjang Longsor 12 Tewas

Reporter : Rakisa | Jumat, 10 Februari 2017 - 14:51 WIB

IMG-4016

Sebanyak tiga desa di Kintamani Diterjang Longsor dan sebabkan 12 orang Tewas. (BNPB)

Bangli, kini.co.id – Sebanyak tiga desa di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, diterjang longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu sepanjang Kamis (9/2/2017) malam. Akibat longsor itu sebanyak 12 orang menjadi korban jiwa.

12 korban itu adalah Jro Balian Resmi (33) dan dua anaknya, Jro Balian Kadek Sriasih (7) dan Komang Agus Putra Santi (1). Kemudian keluarga I Gede Santana (40), istrinya Luh Bunga (40) dan anak mereka Kadek (20). Korban selanjutnya adalah Ni Luh Susun (40).

Tujuh orang tersebut meninggal saat longsor yang terjadi di Desa Songan sekitar pukul 23.00 WITA dan menimbun lima rumah. Selain tujuh orang yang menjadi korban jiwa, juga terdapat dua orang yang mengalami luka berat dan dua orang luka ringan.

Korban luka berat atas nama Budi (17) dan Komang (14) yang juga anak bapak I Gede Santana. Sedangkan korban luka ringan, masing-masing bernama Kadek Ardi (9) dan ibunya Jro Alep (30).

Tak lama, pada hari Jumat (10/2/2017) dini hari tadi, longsor kembali terjadi di Desa Awan dan menimbun satu rumah. Akibatnya sebanyak empat orang di rumah itu meninggal dunia.

Mereka adalah Ni Kadek Arini (27) dan putrinya Ni Putu Natalia (10), Ni Nengah Parmini (40), serta I Nyoman Budiarta (45).

“Ni Nengah Parmini dan I Nyoman Budiarta berasal dari Desa Suter yang kebetulan sedang menginap di Desa Awan,” tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/2/2017).

Masih pada Jumat dini hari, longsor juga terjadi di Desa Sukawana. Longsor tersebut menimbun setidaknya satu rumah dan mengakibatkan satu orang meninggal dunia atas nama I Made Kawi (50).

“Satu orang luka berat bernama I Wayan Selang anak dari korban meninggal. Korban luka berat dibawa ke RS. Bangli,” lanjut Sutopo.

BMKG Bali melaporkan bahwa adanya tekanan rendah 984 mb di Australia Barat berdampak signifikan menyebabkan aliran massa udara di seluruh Indonesia didominasi oleh angin Baratan yang bersifat basah. Suhu muka air laut di sekitar Bali masih hangat sekitar 28 derajat celcius yang berkontribusi bagi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar Bali.

Diprediksikan, hingga besok hujan lebat masih terjadi di wilayah Bangli, Jembrana, Buleleng, Tabanan, Gianyar dan Badung. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dari longsor, banjir dan puting beliung.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
DPD Golkar Sumut Siapkan Lima Bakal Calon Kepala Daerah
Sumatera Utara - Kamis, 24 Agustus 2017 - 01:27 WIB

DPD Golkar Sumut Siapkan Lima Bakal Calon Kepala Daerah

Dari delapan daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Sumatera Utara (Sumut), DPD Partai Golkar Sumut ...
Kapolri Akan Temui Korban Erupsi Gunung Sinabung di Karo
Sumatera Utara - Kamis, 24 Agustus 2017 - 00:02 WIB

Kapolri Akan Temui Korban Erupsi Gunung Sinabung di Karo

Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan menghadiri bakti kesehatan dan sosial dengan memberi bantuan untuk korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten ...
Meski Ketuanya Ditempatkan sebagai Wakil, Golkar Sumut Mengaku Tetap Solid
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 19:59 WIB

Meski Ketuanya Ditempatkan sebagai Wakil, Golkar Sumut Mengaku Tetap Solid

Keputusan DPP Golkar yang menduetkan Tengku Erry Nuradi dan Ngogesa Sitepu sebagai pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Sumatera Utara dinilai ...
Realisasi Pendapatan Medan Rp4,3 T, Gerindra Minta SKPD Dievaluasi
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:19 WIB

Realisasi Pendapatan Medan Rp4,3 T, Gerindra Minta SKPD Dievaluasi

Realisasi pendapatan daerah Kota Medan dinilai masih belum maksimal. Di beberapa sektor, pendapatan justru jauh dari target.Untuk itu Fraksi Gerindra ...
Pendapatan Reklame Jauh dari Target, PKS: Penghinaan Bagi Kota Medan
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:03 WIB

Pendapatan Reklame Jauh dari Target, PKS: Penghinaan Bagi Kota Medan

Persoalan reklame terus menjadi sorotan. Pasalnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan dari sektor reklame masih sangat memprihatinkan.Dari target Rp89,9 ...
Nunggak Uang Sewa, Pusat Kuliner Merdeka Walk Medan Diminta Tutup
Sumatera Utara - Rabu, 23 Agustus 2017 - 15:40 WIB

Nunggak Uang Sewa, Pusat Kuliner Merdeka Walk Medan Diminta Tutup

Keterbatasan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Medan menjadi perhatian anggota legislatif.Hal ini mengingat semakin menyempitnya RTH seiring berdirinya bangunan ...