Selasa, 27 Juni 2017 | 15.46 WIB
KiniNEWS>Regional>DKI Jakarta>Pilkada DKI Jakarta Dipantau 15 Negara

Pilkada DKI Jakarta Dipantau 15 Negara

Reporter : Rakisa | Kamis, 9 Februari 2017 - 18:01 WIB

IMG-4000

KPU DKI Jakarta akan gelar debat final Pilgub DKI. (KiniNews/Rakisa)

Jakarta, kini.co.id – Magnet Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 15 Februari depan menjadi perhatian tersendiri bagi negara luar untuk ikut serta memantau jalannya pesta demokrasi, terutama Pilkada DKI Jakarta.

Tak tanggung-tanggung sebanyak lima belas negara dari Asia, Eropa dan Amerika ikut memantau langsung Pilkada DKI Jakarta nanti.

Apakah ini imbas dari isu petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menjadi isu internasional.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan 15 negara yang akan memantau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 15 Februari nanti merupakan kesepakatan internasional, beberapa negara ketika ada kegiatan pemilu di suatu tempat biasanya mereka ikut memantau saja.

Menurut Betty, 15 negara tersebut diverifikasi dan diakreditasi oleh KPU RI karena menurut ketentuan untuk pemantau luar negeri akreditasinya tidak di KPU DKI tetapi ada di KPU RI.

“Kami hanya menerima surat dari KPU RI bahwa akan ada 15 negara pemantau. Mungkin dari sekian banyak akan ada 15 negara yang akan melihat. Saya yang ingatnya antara lain Singapura, Malaysia, Filipina, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Australia. Itu antara lain yang akan ikut memantau,” kata Betty kepada Wartawan di KPUD DKI Jakarta, Kamis (9/2).

Ia menyatakan hal tersebut merupakan kebiasaan dalam pelaksanaan demokrasi jika ada pemilu di manapun biasanya mereka ikut mengundang kami.

“Kami juga pernah ikut memantau di Sri Lanka, Filipina. Ya memantau saja, observer. Jadi mereka juga melihat bagaimana kami melakukan kegiatan demokratisasinya melalui Pilkada, melalui pemilu juga,” ujarnya.

Pihaknya pun sudah menentukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dikunjungi pemantau dari luar negeri itu, yakni lapas, rutan, kawasan kumuh, dan kawasan elit.

“Jadi akan tersebar. Tetapi nanti mereka datangnya rombongan dan kami yang melayani. Mereka mencatat saja. Biasanya kan mereka bertanya, “TPS buka jam berapa?, Bagaimana prosesnya?” Karena mereka biasanya membandingkan dengan negara mereka,” pungkasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Regional Terkini Lainnya
Jenazah Ipda Anumerta Martua Dimakamkan Hari Ini di Batubara
Sumatera Utara - Selasa, 27 Juni 2017 - 12:16 WIB

Jenazah Ipda Anumerta Martua Dimakamkan Hari Ini di Batubara

Jenazah Ipda Anumerta Martua Sigalingging, anggota Polri yang menjadi korban penyerangan oleh pendukung Islamic State saat bertugas jaga di ...
Tokoh Gereja Bersama Ratusan Jemaat Doakan Aipda Anumerta Martua
Sumatera Utara - Senin, 26 Juni 2017 - 23:22 WIB

Tokoh Gereja Bersama Ratusan Jemaat Doakan Aipda Anumerta Martua

Ratusan jemaat dari berbagai gereja dan tokoh gereja dan pemuda berkumpul di Halaman KS Tubun Mapolda Sumut, Jl Sisingamangaraja ...
Pemudik di Bandara Hasanuddin Meningkat 20 Persen
Sulawesi - Senin, 26 Juni 2017 - 22:50 WIB

Pemudik di Bandara Hasanuddin Meningkat 20 Persen

Jumlah penumpang selama mudik Lebaran 2017 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar-Maros, Sulawesi Selatan mengalami peningkatan 20 persen sejak H-10 ...
Tunjangan Komunikasi Intensif DPRD Naik 7 Kali Lipat
Jawa Barat - Senin, 26 Juni 2017 - 18:25 WIB

Tunjangan Komunikasi Intensif DPRD Naik 7 Kali Lipat

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 tahun 2017 tertanggal 2 Juni 2017, tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota ...
Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik
Sumatera Utara - Kamis, 22 Juni 2017 - 14:53 WIB

Pesan Kapolrestabes Medan untuk Pemudik

Bagi yang mau berangkat mudik ke kampung halaman. Ada baiknya mengikuti saran alias tips untuk para pemudik dari Kapolrestabes Medan, ...
Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik
Sumatera Utara - Rabu, 21 Juni 2017 - 21:21 WIB

Gubsu dan Kapolda Cek Kesiapan Mudik

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut, Inspektur Jendral Rycko Amelza Dahniel melakukan pengecekan sejumlah sejumlah kesiapan transportasi ...